iklan

Awas, Hindari 8 Kesalahan Mengelola Keuangan Yang Sering Dilakukan Pengusaha

Memiliki uang banyak dari hasil keringat sendiri memang pujian tersendiri. Apa lagi jikalau uang tersebut diperoleh dari laba hasil usaha, maka cukup gembira bukan. Pengusaha mana pun akan merasa gembira ketika mendapat laba yang sudah diharapkan jauh-jauh hari. Namun, terkadang banyak pengusaha yang lupa diri dan melaksanakan kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha. Dan hasil perjuangan tidak sanggup dinikmati dalam waktu lama.


Apa lagi jikalau Anda seorang pengusaha pemula. Pastinya uang laba sering sekali dipakai untuk memenuhi hasrat pribadi. Inilah kesalahan fatal yang sering dilakukan para pengusaha pemula dalam mengelola keuangan mereka. Padahal hasil laba tersebut sanggup dipakai untuk kepentingan usaha, menyerupai menambah store, menambah kapasitas produksi, dan lebih meningkatkan promosi untuk memperkenalkan merk kepada calon konsumen baru.


Jika Anda sebagai pengusaha tidak sanggup mengatur keuangan, bersiaplah, hanya dalam menghitung hari bisnis yang selama ini sudah Anda berdiri hanya tinggal kenangan. Mengatur uang bukanlah sesuatu yang gampang bagi setiap orang. Jangankan Anda pengusaha pemula, pengusaha yang sudah usang bercimpung di dunia bisnis, sering mengalami kesalahan mengelola keuangan bisnis.


Kesalahan-Kesalahan Mengelola Keuangan yang Sering Dilakukan Pengusaha


Banyak kesalahan yang sering dilakukan pengusaha dalam mengelola keuangan mereka. Sehingga dalam waktu singkat bisnis yang sedang berada di posisi puncak kembali ke posisi bawah, bahkan mengalami kebangkrutan. Hal itu lantaran disebabkan oleh kesalahan pengelolaan keuangan dalam bisnis Anda.


Mengunakan Keuntungan Usaha Untuk Memenuhi Nafsu Lifestyle


Kesalahan pertama yang sering terjadi pada pengusaha dalam mengelola keuangan mereka, baik itu pengusaha berpengalaman maupun pengusaha pemula sering memakai laba perjuangan untuk memenuhi nafsu pribadinya.


Seperti membeli baju branded dengan harga mahal, gadget terbaru, kendaraan beroda empat baru, dan sebagainya yang mereka anggap itu untuk menunjang bisnis. Padahal itu yaitu kesalahan yang paling besar dalam berbisnis.


Mengeluarkan Modal Terlalu Besar, Agar Mendapatkan Keuntungan yang Besar Pula


Kesalahan selanjutnya yang sering terjadi pada pebisnis pemula yaitu berani mengeluarkan modal yang besar. Memang hal ini tidak salah, tetapi jikalau menggeluarkan modal terlalu besar akan menjadi kesalahan besar pula dan akan mengancam bisnis Anda.


Ingat, berbisnis juga mempunyai resiko yang besar. Sama dengan Anda melaksanakan investasi, jikalau jumlah investasi Anda besar, maka resiko yang Anda hadapi pun akan besar. Ketika Anda berbisnis dengan modal besar, dan Anda tidak mempunyai modal cadangan. Bersiaplah jikalau dilangkah pertama Anda gagal, untuk melangkah selanjutnya Anda sudah kehabisan amunisi.


Mencampur Keuangan Pribadi dan Keuangan Usaha


Kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha yaitu sering mencampur antara uang pribadi dan usaha. Misal, Anda hanya mempunyai satu rekening. Padahal ini kesalahan yang berakibat fatal pada perjuangan Anda. Karena, Anda tidak sanggup melihat berapa jumlah laba yang Anda peroleh dari perjuangan yang Anda jalankan.


Usahakanlah Anda mempunyai rekening khusus untuk usaha. Pisahkan rekening untuk customer, dan untuk keperluan internal usaha, menyerupai untuk pengajian karyawan. Karena jikalau tidak, itu sanggup menciptakan Anda tidak pernah sanggup melihat berapa jumlah laba yang diperoleh dari hasil usaha.


Tidak Menyisihkan Keuntungan Untuk Usaha


Sering sekali pengusaha pemula tidak menyisihkan laba yang mereka dapatkan dari perjuangan untuk dipakai sebagai pengembangan usaha. Banyak dari pengusaha yang mengabaikan hal ini. Padahal ini cukup penting, jangan hingga Anda selalu menghabiskan laba untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.


Ingat, dalam berbisnis bukan ketika ini saja. Tetapi Anda juga harus memikirkan untuk kelangsungan bisnis selama beberapa tahun ke depan. Anda juga harus sanggup melihat laju inflasi yang terjadi dari tahun ke tahun, lantaran inflasi akan mempengaruhi daya beli masyarakat.


Tidak Memiliki Rencana Keuangan yang Jelas


Kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha pemula, tidak mempunyai rencana keuangan yang jelas. Bahkan rencana keuangan tidak pernah mempunyai catatan-catatan. Padahal ini penting untuk mengetahui alokasi dana modal yang diharapkan mau dilarikan kemana saja.


Tidak adanya rencana keuangan yang terang pun akan menciptakan Anda bingung, mau dibelanjakan apa saja modal yang Anda miliki tersebut. Karena Anda tidak tahu apa yang harus Anda belanjakan, dan untuk kebutuhan apa saja keuangan yang ada ketika ini.


Tidak Memiliki Dana Darurat


Selain menyisihkan laba untuk pengembangan usaha, sebagai pengusaha Anda harus menyiapkan dana darurat. Dana ini sanggup Anda gunakan ketika perjuangan Anda mengalami kritis, sangat jarang pengusaha yang memikirkan dana darurat. Terutama mereka yang masih dalam tahap pemula.


Sebaiknya, ketika Anda mempunyai laba yang cukup besar, sisihkanlah dari laba tersebut sebagai dana darurat. Sebab, Anda tidak akan pernah mengetahui kapan perjuangan Anda mengalami kegagalan. Inilah pentingnya menyiapkan dana darurat.


Mengunakan Uang Pribadi untuk Bisnis


Kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha yaitu mengunakan uang pribadi untuk kebutuhan bisnis. Memang pada awal Anda memulai bisnis, Anda harus mengelontorkan uang pribadi sebagai modal perjuangan Anda.


Namun, ketika perjuangan sudah berjalan maka hal itu jangan terlalu sering dilakukan. Sebab sanggup menimbulkan hal fatal dalam menyusun laporan keuangan bisnis Anda. Sebaiknya buatkanlah rekening khusus yang memang dipakai untuk kepentingan usaha.


Tidak Memiliki Catatan Pembukuan yang Baik


Kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha yang paling sering terjadi, tidak mempunyai catatan pembukuan yang baik untuk usahanya. Bahkan Anda tidak tahu berapa pendapatan dan pengeluaran yang terjadi pada periode tertentu. Hal itulah yang menciptakan seorang pengusaha tidak mengetahui jumlah laba yang dia peroleh.


Sebaiknya dalam melaksanakan pencatatan pembukuan usaha, Anda memakai software akuntansi Accurate Online (AOL). AOL merupakan software akuntansi dengan fitur yang lengkap sesuai dengan kebutuhan UKM dan harga yang terjangkau bagi UKM. Dengan AOL, Anda sanggup merapihkan sistem pembukuan keuangan bisnis sebaik mungkin. Sehingga Anda tidak perlu repot menyewa akuntan untuk pembuatan laporan keuangan usaha.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Awas, Hindari 8 Kesalahan Mengelola Keuangan Yang Sering Dilakukan Pengusaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel