iklan

Inilah Cara Merawat Bunga Melati Dan Tips Panen Pada Flora Melati

Artikel ini ialah lanjutan dari budidaya melati dan tips cara merawat bunga melati: Budidaya Melati Lengkap. Klik Di Sini…


Pemeliharaan dan Perawatan


Cara merawat bunga melati dan pemeliharaan melati meliputi: 


Penyulaman dan penjarangan


Cara merawat bungan melati yang pertama ialah penyulaman. Penyulaman ialah penggantian bibit yang mati atau tumbuh asing dengan bibit melati yang baru. Teknik penyulaman pada prinsipnya sama dengan teknik penanaman. Hanya saja penyulaman dilakukan eksklusif di lokasi atau di lubang tanam untuk mengganti bibit yang mati atau abnormal.


Waktu penyulaman sebaiknya jangan lebih dari sebulan sehabis penanaman. Lakukan penyulaman sedini mungkin semoga tumbuhan tetap seragam dan tidak merepotkan Anda dalam pemeliharaan selanjutnya. Penyulaman dilakukan pada pagi atau sore hari, ketika terik matahari tidak terlalu menyengat dan temperatur tidak terlalu panas.


Penyiangan


Setelah melati berumur satu bulan, umumnya lahan akan di tumbuhi gulma atau rumput liar. Gulma ini akan menjadi pesaing bagi melati dalam memenuhi kebutuhan unsur hara, air dan sinar matahari.


Artikel ini ialah lanjutan dari budidaya melati dan tips cara merawat bunga melati Inilah Cara Merawat Bunga Melati dan Tips Panen Pada Tanaman Melati
Penyiangan Kebun Melati

Pemupukan


Waktu pemupukan ialah 3 bulan sekali. Pupuk yang dipakai antara lain :



  • Urea takaran 300-700 kg/ha/tahun

  • STP takaran 300-500 kg/ha/tahun

  • KCl takaran 100-300 kg/ha/tahun.


Pemupukan dilakukan dengan berbagi pupuk di dalam parit antar tumbuhan secara merata, atau berbagi disekeliling tajuk tumbuhan dengan kedalaman 10-15 cm. Cara lain yang sanggup dipakai ialah dengan memasukan pupuk ke dalam lubang tugal yang berada di sekeliling tajuk melati. Waktu Pemupukan dilakukan sebelum pemangkasan, ketika melati berbunga, sesuai panen bunga dan ketika pertumbuhan kurang prima.


Pemupukan juga berfungsi untuk meningkatkan produksi melati, kususnya pupuk yang banyak mengandung fosfor (P). Misal Hyponex biru (10-40-15) / Gandasil B (6-20-30). Penyemprotan pupuk daun sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari (09.00) atau pada ketika sore hari (15.30-16.30), yang penting jangan pada ketika matahari sedang terik menyengat. Pemupukan ialah langkah penting cara merawat bunga melati.


Artikel terkai pupuk : Analisis Lengkap Bisnis Pupuk Organik


Pengairan dan penyiraman


Pada fase awal pertumbuhan tumbuhan melati membutuhkan  pasokan air yang memadai. Pengairan dilakukan secara kontinyu tiap hari hingga tumbuhan berumur 1 bulan. Sebaiknya pengairan di lakukan pada ketika pagi dan sore hari (2x sehari) dengan cara disiram memakai air higienis pada setiap tumbuhan hingga tanah disekitar perakaran melati cukup basah.


Penyemprotan ZPT


Cara merawat bunga melati selanjutnya ialah Zat pengatur tumbuh (ZPT) atau zat perangsang berkhasiat untuk meningkatkan dan mempertahankan produksi bunga. Zat perangsang untuk bunga melati yang baik salah satunya ialah Ethrel dan Cycocel (chloromiguat). Tanaman melati jikalau di semprot memakai Cycocel dengan konsentrasi 5.000 ppm sanggup menghasilkan bunga terbanyak yaitu 1,45 kg/tanaman.


Cara Penggunaan: Semprotkan zat perangsang bunga ke seluruh bab badan tumbuhan melati, terutama ujung  dan tunas-tunas pembungaannya. Untuk Cycocel konsentrasi yang di anjurkan ialah 3.000-5.000 ppm, sedangkan untuk Ethrel 500-1.500 ppm.


Lain-lain


Pada umumnya tumbuhan melati tumbuh menjalar. Namun ada beberapa jenis melati yang tidak menjalar, menyerupai varietas grand duke of tuscany dengan tipe pertumbuhannya tegak. Tingginya pemangkasan tergantung dari jenis melati, misal : melati putih (J.sambac), melati jenis ini biasanya dipangkas pada ketinggian 75 cm dari permukaan tanah. Sedangkan untuk melati yang berjenis spanish jasmine (J. Officinale var grandiflorum) dipangkas pada ketinggian 90 cm diatas dari permukaan tanah.


Panen Melati


Ciri dan umur panen


Bunga melati yang sudah siap panen ciri-cirinya ialah ukuran kuntum bunga yang besar (maksimal), masih dalam bentuk kuncup atau gres setengah mekar. Tingkat produksi bunga melati di Indonesia masih tergolong rendah yaitu antara 20-25 kg/hektar/hari. Melati mulai berbunga sekitar umur 7-12 bulan sehabis ditanam. Bunga melati sanggup di panen berkali-kali sepanjang tahun hingga berumur 5-10 tahun. Selain berbunga sepanjang tahun, periode berbunga pada tumbuhan melati ini hanyalah 12 ahad atau 3 bulan sekali.


Artikel ini ialah lanjutan dari budidaya melati dan tips cara merawat bunga melati Inilah Cara Merawat Bunga Melati dan Tips Panen Pada Tanaman Melati
Perkebunan Melati

Cara pemanenan


Disarankan dalam pemetikan bunga melati dilakukan pada waktu pagi atau sore hari. Fungsinya ialah untuk menghindari terik sinar matahari dan suhu yang terlalu panas.


Periode panen


Pemanenan terbanyak yang dihasilkan tumbuhan ini berkisar antara 1-2 ahad awal. Untuk selanjutnya produksi akan menurun dan kemudian kembali meningkat sehabis 2 bulan.


Perkiraan produksi


Pada ekspresi dominan hujan tingkat produksi bunga melati tergolong tinggi. Di Jawa Tengah, pada ekspresi dominan kemarau hasil panen melati hanya berkisar antara 5-10 kg /ha. Sedangkan pada ekspresi dominan penghujan hasil panen meningkat hingga mencapai 300-1.000 kg/ha. Pada data produksi bunga melati di Indonesia menyatakan bahwa pada ekspresi dominan penghujan hasil produksi bunga melati berkisar antara 1,5-2 ton/ha/th, sedangkan pada ekspresi dominan kemarau produksi bunga melati hanya berkisar antara 0,7-1 ton /ha/tahun.


Pasca Panen Melati


Pengumpulan


Bunga melati yang telah di panen jikalau diletakkan pada daerah terbuka maka akan mengalami proses layu. Untuk mempertahankan kesegarannya, Anda sanggup memakai tampah dengan didasari lembaran plastik kemudian disimpan dalam ruangan yang ber suhu hambar 0-50C.


Lain-lain


Salah satu produk dari hasil pengolahan pasca panen bunga melati ialah Jasmine Oil. Ada beberapa hasli dari melati, antara lain: 



  • Minyak melati istimewa, merupakan hasil ekstraksi dari bunga melati dengan memakai pelarut ether minyak bumi. sebagai materi utama minyak anyir yang bermutu tinggi.

  • Minyak melati biasa, minyak dari hasil ekstrak bunga melati yang dilarutkan memakai benzole, sebagai materi pembuatan minyak anyir yang bermutu sedang atau menengah.

  • Minyak pomade istimewa, minyak ini diperoleh dari teknik enfleurage bunga melati yang berkhasiat sebagai materi pembuatan minyak rambut.

  • Minyak pomade biasa, minyak ini merupakan hasil ektraksi dari bunga melati bekas enfleurage, yang berkhasiat sebagai pewangi teknis.Teknik enfleurage biasanya disebut dengan teknik olesan.


Artikel ini ialah lanjutan dari budidaya melati dan tips cara merawat bunga melati Inilah Cara Merawat Bunga Melati dan Tips Panen Pada Tanaman Melati
Penyortiran Hasil Panen

Demikian artikel cara merawat bunga melati dari kami. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis tumbuhan melati. Pada artikel selanjutnya akan kami bahas ihwal hama dan panyakit tumbuhan melati.


Dapatkan Ebook: Cara Membuat Organik Dalam Waktu 30 Hari. Dapatkan Dengan Harga spesial Sekarang Juga.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Inilah Cara Merawat Bunga Melati Dan Tips Panen Pada Flora Melati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel