iklan

Klasifikasi Dan Morfologi Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lamk.)

Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.)


Sedulurtani.com. Nangka ialah tumbuhan yang diduga berasal dari India dan dikala ini telah menyebar ke seluruh dunia, terutama di daerah Asia Tenggara.


 Nangka ialah tumbuhan yang diduga berasal dari India dan dikala ini telah menyebar ke selur Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.)
Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.)


Nangka merupakan tumbuhan hutan yang pohonya sanggup tumbuh dengan tinggi mencapai 25 meter. Tanaman ini mempunyai kayu yang keras, dan jikalau telah renta akan berwarna kuning sampai kemerahan.


Seluruh bab tumbuhan ini terdapat getah berwarna putih yang sifatnya sangat lengket dan biasa disebut dengan pulut.


Pada tumbuhan ini yang banyak dimanfaatkan yaitu pada bab buahnya.  Buah nangka mempunyai rasa yang anggun dan beraroma harum serta menyegarkan. Buah ini sering dikonsumsi secara pribadi dalam keadaan segar, atau dijadikan adonan minuman es.


Selain itu, buah ini juga sanggup diolah menjadi jenis masakan oleh-oleh, mirip kripik nangka, dodol nangka, maupun selai nangka.


Untuk mengenal lebih terperinci mengenai tumbuhan nangka, maka pada pertemuan kali ini, Sedulurtani.com. ingin mengembangkan gosip tentang, Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.).


Berikut ini ialah penjabaran dari tumbuhan nangka :




















































KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoRosales
FamiliMoraceae
GenusArtocarpus J.R. Forst. & G. Forst
SpesiesArtocarpus heterophyllus Lam.

Setelah Anda mengetahui klasifikas tumbuhan nangka, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tumbuhan nangka.


Berikut ini ialah morfologi dari tumbuhan nangka :

1. Morfologi Akar

Seperti halnya tumbuhan lain akar tumbuhan nangka berfungsi untuk menyokong pertumbuhan dan berdirinya tanaman. Selain itu akar tumbuhan ini juga berfungsi untuk menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah.


Tanaman nangka mempunyai perakaran tunggang dan juga akar samping yang sangat berpengaruh dan dalam. Akar tunggang tumbuhan ini berbentuk lingkaran dan bisa menembus tanah sampai kedalaman 10-15 meter bahkan lebih.


2. Morfologi Batang

Tanaman mangga mempunyai batang berbentuk lingkaran dengan diameter mencapai 1 m dan tinggi sanggup mencapai 25 m. Kayu tumbuhan ini berstruktur keras dan mengandung getah yang sangat lengket. Tanaman ini mempunyai percabangan yang sedikit dan pertumbuhanya cenderung mengarah ke atas.


3. Morofologi Daun

Daun tumbuhan nangka merupakan daun tunggal dengan bentuk lingkaran telur memanjang dan pada bab tepi daun rata, serta ujung daun meruncing. Daun tumbuhan ini cukup tebal dan agak kaku, dengan permukaan daun yang berbulu halus sampai kasar.


Warna daun tumbuhan ini hijau renta pada bab permukaan atas, sedangkan pada permukaan bawah berwarna hijau muda dan daun ini mempunyai tangkai dengan panjang 1-4 cm.


4. Morfologi Bunga

Bunga tumbuhan nangka merupakan bunga berumah satu (monoecius), yaitu dalam satu tumbuhan terdapat bunga jantan dan bunga betina yang letaknya terpisah.


Bunga jantan tumbuhan ini mempunyai bentuk ibarat gada dan membenkok, dengan warna hijau tua, sedangkan bunga betina berbentuk silindiris dan pipih. Bunga tumbuhan ini keluar pada bab batang, cabang, atau ranting dan menggantung.


5. Morfologi Buah

Pada dasarnya buah nangka merupakan buah beragam (sinkarpik), yaitu berbunga banyak dan tersusun tegak lurus pada bab tangkai buah atau yang disebut dengan poros.


Buah ini mempunyai bentuk lingkaran dan panjang dengan duri yang sifatnya lunak pada bab permukaan (kulitnya). Buah ini berwarna hijau dan bermetamorfosis kuning kemerahan jikalau telah matang.


Daging buah nangka mempunyai rasa yang anggun dan berukuran tipis sampai tebal, serta mempunyai aroma yang spesifik. Selain itu, daging buah yang sudah matang mempunyai warna kuning kemerahan dan lunak.


6. Morfologi Biji

Biji nangka mempunyai bentuk lingkaran telur sampai lonjong dengan ukuran kecil dan termasuk biji berkeping dua (dikotil). Biji ini mempunyai warna keabu-abuan, dan terdiri dari lapisan luar yang tipis dan lapisan dalam yang tebal dengan warna putih.


Biji buah nangka sering disebut dengan istilah nama lain beton, dan sanggup dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.) Semoga sanggup menjadi tumpuan bagi Anda yang sedang mencari gosip terkait tumbuhan nangka.


Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Klasifikasi Dan Morfologi Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lamk.)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel