iklan

Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus

Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus - Untuk mengetahui apakah komputer biasa Anda dipakai virus setiap hari atau tidak, maka ada beberapa ciri yang akan muncul, dan biasanya Anda bisa merasakannya ketika mengoperasikan komputer Anda. Berikut yakni beberapa Ciri Komputer Terkena Virus:

 Untuk mengetahui apakah komputer biasa Anda dipakai virus setiap hari atau tidak Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus
Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus


1. Memori pada drive Anda menyusut dengan tiba-tiba
Karakteristik komputer Anda yang terpapar virus pertama yakni menyusutnya memori Anda secara tiba-tiba, ketika Anda tidak menyalin atau menginstal aplikasi baru.

Ini bisa jadi alasannya virus sudah terinstal sendiri sehingga bisa memakan banyak RAM di komputer Anda. Hal ini akan menimbulkan memori pada disk drive Anda menyusut dan berkurang sangat banyak.

2. File anda rusak
File yang rusak yakni beberapa tanda-tanda yang mengkarakterisasi satu atau lebih virus yang terinfeksi di komputer Anda. Biasanya virus sengaja menghapus atau mengganti file bawaan Anda, jadi ini akan menimbulkan file Anda rusak atau mengalami tanda-tanda file yang hilang.

Biasanya ketika file hilang, maka semua yang bisa dilakukan yakni melaksanakan restore total, sehingga file bisa dikembalikan, dengan catatan kerusakan memang terjadi alasannya virus, dan bukan kerusakan dari hardware.

3. Harddisk rusak
Hard drive Anda bisa rusak dan menawarkan tanda-tanda yang tidak biasa. Salah satu yang mungkin terjadi yakni format hard disk yang berubah, atau harrdisk atau portable storage, alasannya flash drive menjadi terkunci dan tidak bisa digunakan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hard disk Yang Rusak

4. File hilang / disembunyikan
Ini yakni salah satu sifat yang mungkin dimiliki banyak da juga sering Anda alami. Virus bisa menciptakan file yang ada di harddisk Anda hilang atau disembunyikan.

Saat pemindaian selesai, file dan folder akan terdeteksi, namun Anda tidak sanggup mengaksesnya. Untuk mengakses file lagi Anda harus memakai command prompt untuk menghapus atribut Hidden dan Archive yang sengaja dilakukan oleh komputer virus tesebut.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus

5. Kinerja komputer melambat
Fitur lain dari virus yang sudah mulai meningkatkan komputer Anda yakni penurunan kinerja komputer secara drastis. Ini alasannya virus memakan banyak memori dan juga RAM di komputer Anda, jadi sisa ruang yang tersedia pada RAM dan hard drive menjadi semakin berkurang.

Ini yakni dalam indera pendengaran memperlambat kinerja komputer Anda. Selain itu, virus juga bisa menimbulkan CPU menajadi panas, alasannya bekerja secara berlebihan dan tidak terkendali Baca: Bagaimana cara menjaga laptop tidak lambat.

Baca juga: 17 Cara Mengatasi Laptop Lemot

6. Komputer mempunyai self restart atau sudden death
Self restart dan sudden death juga salah satu karakteristik komputer yang terkena virus di sistem komputer Anda. Bahkan dampak lainnya yakni komputer yang sering hang.

Biasanya, ini sering terjadi ketika virus sudah mulai menginfeksi banyak komputer Anda. Komputer Anda akan sering mengalami self-restarting, atau tiba-tiba mendadak mati.

Ada beberapa kegiatan yang mungkin tidak bekerja ibarat biasa
Terkadang, virus yang menginfeksi komputer Anda juga bisa menimbulkan aplikasi yang Anda miliki tidak bisa berjalan tepat dan telah rusak.

Ini terkait dekat dengan file yang hilang di dalam direktori software, jadi ini bisa menimbulkan software tidak bisa berjalan ibarat biasa, dan mengalami korup.

7. Antivirus mendadak mati
Biasanya, virus ini juga mempunyai kemampuan cerdas, alasannya bisa melaksanakan non-aktivasi antivirus. Dengan kemampuan ini, virus bisa menciptakan antivirus sudah terinstall di komputer anda mati mendadak.

Yang lebih serius lagi, Anda juga mungkin tidak bisa menyalakan dan mengkatifkan dukungan dari antivirus Anda.

8. Pesan atau nota asing muncul ibarat bahasa asing
Terkadang hal terjadi di situs web atau email, dimana virus yang masuk ke jaringan berhasil menginfeksi komputer Anda, kemudian secara otomatis menampilkan pesan tak dikenal tertentu, ibarat goresan pena asing yang sangat menyebalkan, alasannya bisa tiba-tiba muncul ketika memakai komputer kita.

9. Munculnya file asing di komputer Anda
Fitur umum lainnya yang terjadi ketika komputer Anda terinfeksi virus yakni munculnya file asing di komputer Anda. Biasanya, file-file ini akan muncul tanpa anda ketahui, dan bisa jadi file berextensi. EXE. CONDF.DLL dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mencegah dan juga mengatasi abses virus komputer?
Untuk mencegah masuknya virus ke komputer Anda, ada beberapa hal yang sanggup Anda lakukan, ibarat pencegahan dan perlindungan.

Berikut beberapa tip untuk mencegah masuknya virus ke dalam sistem komputer Anda:

Menggunakan perangkat lunak antivirus
Lakukan update antivirus secara berkala
Selalu lakukan scan virus bila ingin memakai perangkat portable
Hindari mend0wnl0ad file dari internet asing
Gunakan fitur keamanan internet.

Itulah beberapa tip sederhana yang bisa Anda lakukan dengan gampang sehingga komputer Anda bisa terhindar dari bahaya virus. Namun, kalau komputer Anda telah terinfeksi oleh virus, ada beberapa hal yang sanggup Anda lakukan, yaitu:

Deteksi keberadaan virus dengan antivirus anda
Lakukan pencucian terhadap direktori yang terdeteksi yang terinfeksi oleh virus dengan memakai BIOS (Harus dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman, alasannya kalau seseorang melaksanakan pembersihan, sistem operasi Anda bisa rusak alasannya kesalahan kesalahan manusia).

Gunakan MsConfig untuk melihat file mana yang akan dijalankan ketika komputer melaksanakan booting.
Itu yakni beberapa cara teraman yang bisa Anda gunakan untuk membantu membersihkan virus dari direktori Anda.

Tapi kalau Anda mengalami kesulitan, tidak ada salahnya meminta pertolongan kepada mereka yang lebih berpengalaman, alasannya terkadang kemampuan virus dalam kerusakan sulit dipahami oleh orang yang masih terbaring dengan sistem komputer.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi anda semua
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel