iklan

Klasifikasi Dan Morfologi Flora Karet Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap


Sedulurtani.com. Karet merupakan salah satu komoditas yang menjadi sumber kekayaan negara Indonesia. Pasalnya flora perkebunan ini sanggup menghasilkan produk yang mempunyai nilai hemat tinggi.


Karet merupakan flora yang berasal dari negara Brazil dan pertama kali dikenalkan di Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Pada awalnya flora ini ditanam di Kebun Raya Bogor sebagai koleksi, kemudian selanjutnya dikembangkan sebagai flora perkebunan di negara kita.


Hingga ketika ini, flora karet telah menyebar luas di beberapa wilayah di Indonesia, ibarat Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.


Karet mempunyai banyak sekali manfaat untuk kehidupan sehari-hari maupun sebagai materi Industri. Barang-barang yang terbuat dari karet alam, antara lain ban kendaraan, sepatu, sabuk pelopor mesin, isolator, kabel, dan bahan-bahan pembungkus logam.


Selain karet alam juga terdapat karet sintetis yang sanggup dipakai dalam industri gas, ibarat seal, gas karet, minyak membran, gasket, dan barang-barang lain untuk peralatan kendaraan bermotor.


Untuk mengenal lebih terang mengenai flora karet, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin menyebarkan warta tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap.


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap


Berikut ini ialah Klasifikasi dari flora karet :
















































KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
OrdoMalpighiales
FamiliEuphorbiaceae
GenusHevea Aubl.
SpesiesHevea brasiliensis

Setelah Anda mengetahui penjabaran flora karet, maka selanjutnya yaitu morfologi dari flora karet.


Berikut ini ialah morfologi dari flora karet :

1. Akar Tanaman Karet

Tanaman karet mempunyai akar tunggang yang sanggup menopang batang flora yang berukuran besar dan tinggi. Akar tunggang ini sanggup menembus masuk kedalam tanah sampai kedalaman sekitar 1,5m bahkan lebih.


Sedangkan akar lateralnya sanggup tumbuh menyebar kesamping dengan panjang sampai 10 m. Selain itu, terdapat juga bulu-bulu akar yang berfungsi untuk menyerap air dan juga nutrisi dalam tanah.


2. Batang Tanaman Karet

Batang flora karet tumbuh lurus ke atas dan mempunyai percabangan yang tinggi. Batang flora ini mengandung getah yang disebut dengan lateks. Pohon ini sanggup tumbuh tinggi sampai mencapai 25 m dari permukaan tanah. Selain itu flora ini sanggup hidup sampai berumur 100 tahun.


3. Daun Tanaman Karet

Tanaman karet mempunyai daun yang terdiri dari tangkai daun utama dan tangkai anak daun. Panjang tangkai daun utama sekitar 3-20cm, sedangkan tangkai anak daun utama sekitar 3-10 cm.


Biasanya terdapat 3 anak daun dalam satu helai daun karet, dan daun tersebut berbentuk elips memanjang dengan ujung yang runcing, serta pada tepinya rata.


Daun flora ini mempunyai warna hijau, dan apabila daun telah renta kemudian rontok akan bermetamorfosis warna kuning kemerahan.


4. Bunga Tanaman Karet

Bunga karet merupakan bunga beragam yang terdiri dari bunga jantan dan bunga betina serta terdapat dalam malai payung aksesori yang jarang.


Bunga betina mempunyai rambut dengan ukuran bunga sedikit lebih besar dari bunga jantan dan mengandung bakal buah yang beruang tiga. Kepala putik dalam posisi duduk dan juga berjumlah tiga buah. Sedangkan bunga jantan mempunyai 10 benang sari yang tersusun dalam satu tiang.


5. Buah Tanaman Karet

Buah karet mempunyai pembagian ruang yang terang dan masing-masing ruang berbentuk setengah bola. Jumlah ruang tersebut biasanya 3, akan tetapi ada juga yang berjumlah 6 ruang.


Apabila buah telah masak, maka buah akan pecah dengan sendirinya kemudian biji yang telempar jatuh. Biji tersebut akan tumbuh pada lingkungan yang syarat tumbuhnya mendukung.


6. Biji Tanaman Karet

Biji karet terdapat dalam setiap ruang buah, dan pada setiap ruang hanya terdapat satu biji, sehingga jumlah biji yang dihasilkan sesuai dengan jumlah ruangnya. Biji karet mempunyai warna coklat kehitaman dan ada bercaknya yang khas. Biji ini berukuran besar dan kuat, serta mengandung racun.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap. Semoga sanggup menjadi rujukan bagi Anda yang sedang mencari warta terkait flora karet.



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Klasifikasi Dan Morfologi Flora Karet Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel