Pengertian Dan Jenis Metode Pembelajaran Berdasarkan Para Ahli
Pengertian metode secara umum - Dari beberapa pengertian berdasarkan para jago menyebutkan bahwa metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Berikut pengertian berdasarkan para jago :
- Menurut Sanjaya (2010:147) “metode yaitu cara yang digunakan untuk melengimplementasikan planning yang sudah disusun dalam acara faktual biar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.”
- Hasibuan dan Moedjiono (2013:3) “metode yaitu alat yang sanggup merupakan bab dari perangkat alat dan cara dalam pelaksanaan suatu taktik berguru mengajar.”
- Warsita (2008:273) “Metode pembelajaran yaitu cara yang digunakan oleh guru dalam memberikan pesan pembelajaran kepada peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.”
Dari ketiga pengertian diatas sanggup disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan langkah-langkah dalam proses pembelajaran yang sanggup dilakukan oleh guru atau pendidik. Pendidik atau guru menentukan metode yang tepat disesuaikan dengan materi pelajaran biar tujuan pembelajaran sanggup tercapai.
Dapat disimpulkan dari banyak sekali pengertian diatas metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan oleh para guru pada dikala berlangsungnya pembelajaran, untuk mengadakan interaksi guru dengan siswa. Dalam interaksi ini guru berperan sebagai aktivis atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Metode mengajar yang baik yaitu metode yang dapat menumbuhkan acara berguru siswa. Metode pengajaran sanggup digambarkan secara umum yang merupakan suatu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Untuk pelaksanaan pembelajaran, ada beberapa metode pembelajaran yang dapat dipilih. Setiap metode mempunyai ciri khas tertentu dalam penggunaannya yang perlu diadaptasi dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Metode pembelajaran yang sanggup digunakan antara lain metode presentasi, metode diskusi, metode permainan, metode simulasi, metode bermain peran, metode tutorial, metode demonstrasi, metode penemuan, metdoe latihan, dan metode kerja sama.
Dalam Warsita (2008:273), “macam-macam metode pembelajaran antara lain: metode ceramah; metode pembelajaran terprogram; metode demonstrasi; metode imitasi; metode diskusi; metode drill/praktikum dan lain-lain. Dengan demikian, didalam pembelajaran terdapat acara memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.”
Gambar: Pengertian dan Jenis Metode Pembelajaran |
Jenis-jenis Metode Pembelajaran
Metode merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran untuk menetukan keberhasilan belajar. Metode merupakan cara yang digunakan seorang pengajar/pendidik untuk memberikan materi kepada siswa. Pemilihan metode pembelajaran intinya perlu diadaptasi dengan tujuan yang akan dicapai oleh siswa/peserta didik. Seorang pendidik tidak hanya menunjukkan materi ataupun evaluasi saja namun seorang pendidik perlu menunjukkan metode yang berpengaruh kepada hasil dari proses pembelajaran siswanya. Maka dari itu seorang pendidik harus mempunyai prinsip-prinsip pengajaran. Berbagai metode harus disiapkan oleh pengajar/pendidik contohnya metode pengajaran bervariasi, berencana dan berlanjut terutama dalam pengajaran vokal grup, pengajar harus selalu mempunyai ide-ide yang kreatif untuk menunjang dan meningkatkan kemampuan siswa dalam bernyanyi. Dalam acara proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran vokal lebih membutuhkan proses pembelajaran praktek, sanggup dibantu dengan alat bantu mengajar menyerupai piano, kegiatan apresiasi dengan cara menonton cd, dan sebagainya.
Penjelasan diatas yaitu sekilas perihal definisi metode pembelajaran secara umum. Metode khusus yang akan digunakan dalam acara pembelajaran dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu jenis metode praktek dan jenis metode teori, diantaranya:
1) Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi merupakan sebuah metode yang dilakakuan oleh pengajar dengan cara mencontohkan terlebih dahulu kepada siswa. Misalnya, seorang pengajar memberikan materi vokal dalam bentuk bernyanyi yang baik dan benar. Pengajar menunjukkan pola bernyanyi dengan baik sesuai dengan apa yang disampaikannya kepada siswa. Menurut Sutikno (2009:96).
Metode demonstrasi yaitu metode membelajarkan dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melaksanakan suatu kegiatan, baik secara eksklusif maupun melalui penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan pokok bahasan yang sedang disajikan.
Demonstrasi sebagai metode mengajar dimana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta), atau seorang siswa yang memperlihatkan kemampuannya kepada orang lain, contohnya seseorang yang mempertunjukkan kemampuannya kepada orang lain dalam benrnyanyi dengan tepat. Dalam hal ini demonstrasi yang dimaksud yaitu suatu metode mengajar yang menunjukkan bagaimana proses terjadinya sesuatu, tujuannya agara siswa memiliki pengalaman melihat, mendengar, serta sanggup menirukan materi yang diberikan.
2) Metode Imitasi
Imitasi sanggup diartikan sebagai tiruan. Namun berdasarkan Horst Gunter (dalam Mi’raj, 2009:17), Gunter mengemukakan bahwa “imitasi mencakup tindakan mendengar, dan mengamati keterampilan-keterampilan teknik dan artistic (posisi tubuh, pernafasan, diksi, interpretasi) dalam bernyanyi”.
Pada penggunaan sebuah metode pembelajaran, seorang pengajar vokal tidak cukup dengan hanya memakai satu metode tetapi harus banyak sekali metode. Seseorang yang berguru vokal sanggup terlihat peningkatan kemampuannya dengan melihat seberapa jauh penggunaan metode yang dilakukan pengajara. Misalnya pada dikala pengajar menunjukkan satu buah lagu yang sama sekali belum diketahui oleh siswa, pengajar menyanyikan terlebih dahulu secara keseluruhan untuk memberikan sedikit bayangan kepada siswa sesudah itu pengajar menyanyikan lagu tersebut per bait yang kemudian siswa menirukannya, atau untuk nada-nada yang sulit diterima oleh siswa terlebih dahulu pengajar menyanyikan lagu tersebut sehingga siswa sanggup mengikuti pengajar dan siswa sanggup memalsukan pengajar.
Dengan demikian metode pengajaran khususnya pada vokal sangatlah penting untuk mencapai hasil yang diinginkan, pengajar harus benar-benar menguasai untuk mencapai sebuah tujuan.
3) Metode Ceramah
Metode ceramah yaitu cara penyampaian materi pelajaran dengan komunikasi lisan. Metode ceramah berdasarkan Hasibuan dan Moedjiono (1993:13) menjelaskan bahwa: Metode ceramah yaitu cara penyampaian materi pelajaran dengan komunikasi lisan. Pembelajaran dengan memakai metode ceramah merupakan seuatu cara belajar-mengajar dimana materi disajikan oleh guru secara monologue sehingga pembicaraan bersifat satu arah. Kelemahan dari metode ini yaitu siswa cenderung pasif, dan kurang cocok untuk pembentukan keterampilan dan sikap, alasannya siswa menganggap semua informasi yang didapatkan hanya dari pengajar sehingga ada keterbatasan dari siswa untuk lebih memperluas informasi yang diberikan pengajar dengan metode tersebut. Dalam pembelajaran musik khususnya pembelajaran vokal, metode ini biasanya tidak banyak digunakan para pengajar. Namun sebagian pengajar masih ada yang memakai metode ini yang biasanya dilakukan diawal latihan sebelum praktek. Dalam metode ini pengajar menunjukkan pertanyaan sekilas tentang vokal, kemudian dijelaskan perihal vokal khususnya vokal grup. Disamping beberapa kelemahan di atas, metode ceramah juga memilki beberapa kelebihan berdasarkan Sanjaya (2010:148) diantaranya:
- Ceramah sanggup menyajikan materi pelajaran yang luas artinya materi pelajaran yang banyak sanggup dirangkum atau dijelaskan pkok-pokoknya oleh guru dalam waktu yang singkat.
- Ceramah sanggup menunjukkan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan. Artinya, guru sanggup mengatur pokok-pokok materi yang mana yang perlu ditekankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.
- Melalui ceramah, guru sanggup mengontrol keadaan kelas oleh alasannya sepenuhnya kelas merupakan tanggung jawab guru yang menunjukkan ceramah.
Sumber: Dikutip dari banyak sekali sumber.
Sekian uraian perihal pengertian dan jenis metode pembelajaran berdasarkan para ahli, semoga bermanfaat,
Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com
0 Response to "Pengertian Dan Jenis Metode Pembelajaran Berdasarkan Para Ahli"
Posting Komentar