iklan

5 Penyebab Wifi Putus Nyambung Android Dan Cara Mengatasinya


Kebutuhan internet sudah masuk ke dalam golongan kebutuhan primer. Setiap orang membutuhkan internet, baik untuk keperluan di pekerjaan atau hanya sekadar rekreasi.





\Internet sanggup dijangkau melalui data seluler nomor ponsel masing-masing atau memanfaatkan Wireless Fidelity (WiFi). Beberapa kawasan publik mulai menyediakan koneksi internet berupa WiFi yang sanggup dinikmati oleh siapapun.





Namun, kadang ada kalanya sambungan internet dengan WiFi tiba-tiba putus. Hal ini akan sangat mengganggu terutama jikalau koneksi internet benar-benar diharapkan untuk keperluan pekerjaan.





Jika dicek, indikator jaringan sinyal di ponsel atau laptop mengatakan bahwa internet terlihat tersambung dan stabil. Pastinya hal ini sangat membingungkan.





WiFi memang sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang berkunjung ke suatu kawasan untuk mendapat koneksi internet secara gratis.





Jaringan yang disebar melalui WiFi juga lebih besar sehingga menjadikan kecepatan internet yang dihasilkan oleh WiFi lebih cepat dibandingkan dengan kanal internet dari data seluler.nHal ini disebabkan lantaran WiFi mempunyai bandwith yang besar.





Kendala-kendala yang menjadikan koneksi internet putus sanggup disebabkan oleh banyak sekali macam permasalahan.





Hal ini seakan-akan dengan: Hp Samsung Hilang Sinyal.





Dalam kawasan publik, banyaknya pengguna WiFi sanggup menjadikan koneksi terganggu. Selain lantaran jumlah pengguna yang sangat banyak, penyebab lain sanggup disebabkan oleh faktor perangkat.





Perangkat WiFi sanggup saja mengalami kerusakan atau ada pengaturan yang salah. Jika semua faktor tersebut tidak sesuai dengan kondisinya, sanggup saja memang jaringan internet yang tidak ada.





Untuk memastikan apa penyebabnya, perlu dilakukan pengecekan melalui check troubel shooting. Dengan cara ini, akan ditemukan penyebab utama mengapa jaringan internet tiba-tiba putus.





Cara Memeriksa dan Mengatasi Internet WiFi yang Bermasalah





Koneksi internet yang tiba-tiba putus sangat mengganggu. Namun, jikalau menemui problem ini, kita sanggup mengatasinya sendiri dengan tips-tips di bawah ini.





Memeriksa pengaturan WiFi di hp





Kebutuhan internet sudah masuk ke dalam golongan kebutuhan primer 5 Penyebab Wifi Putus Nyambung Android dan Cara Mengatasinya




Cara pertama yang dilakukan ialah mengusut pengaturan WiFi di ponsel. Hal ini bertujuan memastikan WiFi dalam keadaan terus menyala walaupun ponsel dalam keadaan tertidur. Untuk mengaturnya, perhatikan langkah-langkah berikut.





  1. Masuk ke dalam sajian dan pilih Pengaturan (Settings)
  2. Dari banyak sekali opsi yang ada, pilih WiFi
  3. Pilih Setelan Lanjutan (Advanced Options)
  4. Pada sajian WiFi Aktif Saat Tidur, pilih opsi Selalu (Always)




Dengan langkah ini, WiFi akan selalu aktif meskipun ponsel dalam keadaan tertidur. Pengaturan ini akan sesuai apabila WiFi selalu mati saat ponsel dalam keadaan tertidur.





Memastikan jaringan WiFi yang diterima bagus





Kebutuhan internet sudah masuk ke dalam golongan kebutuhan primer 5 Penyebab Wifi Putus Nyambung Android dan Cara Mengatasinya




Jika pengaturan dalam ponsel sudah benar, pastikan jaringan internet yang diterima bagus. Jaringan internet sanggup dilihat di kafe WiFi yang ada di ponsel.





Untuk jaringan internet yang bagus, setidaknya terdapat 3 bar.





Meskipun begitu, ada beberapa perkara yang mana WiFi kafe penuh tetapi jaringan internet yang diterima tidak ada.





Cara lainnya ialah dengan melihat transfer data yang diterima dari WiFi. Biasanya dalam ponsel, transfer data akan muncul di sebelah kafe WiFi.





Jika tidak ada, hal ini sanggup diatur biar transfer data muncul. Berikut ialah langkah yang perlu dilakukan untuk menampilkan koneksi WiFi.





  1. Masuk ke dalam sajian dan pilih Pengaturan (Settings)
  2. Pilih sajian Notifikasi dan Bar Status
  3. Dalam sajian tersebut, pilih opsi Tampil Kecepatan Koneksi (Show Connection Speed) dan aktifkan opsi tersebut.




Setelah opsi tersebut diaktifkan, pada status kafe akan muncul transfer data WiFi. Transfer data WiFi akan muncul di sebelah WiFi Bar.





Kedua komponen ini sanggup dipakai untuk melihat kecepatan koneksi dan sanggup dijadikan pola jaringan internet yang diterima.





Jika tiba-tiba koneksi internet putus, coba cek transfer data yang diterima. Apabila angka yang muncul ialah 0.00 kB/s meskipun kafe WiFi terisi, hal ini mengatakan tidak ada jaringan internet yang diterima. Hal inilah yang menjadikan koneksi internet tiba-tiba terputus.





Restart hp





Jika pengaturan WiFi di ponsel sudah benar dan transfer data mengatakan ada jaringan sinyal yang diterima, mungkin ada beberapa kesalahan dalam ponsel.





Coba untuk mematikan WiFi dan  merestart ponsel. Setelah menyala kembali, coba tunggu sebentar.





Setelah itu, nyalakan opsi WiFi di pengaturan atau di jalan pintas yang ada. Cek apakah jaringan internet sudah anggun atau belum.





Update sistem jikalau tersedia





Jika muncul notifikasi untuk update sistem, jangan diabaikan. Jika sistem tidak di-update dengan rutin, sanggup jadi ada bug dalam ponsel yang menjadikan jaringan internet tidak sanggup diterima





Dengan update sistem, ponsel akan sanggup terbebas dari bug yang mengganggu kerja dari ponsel.





Mematikan aplikasi lain yang sedang berjalan





Terputusnya jaringan internet dari WiFi sanggup disebabkan lantaran ada banyaknya aplikasi yang sedang berjalan.





Jaringan WiFi sanggup saja terganggu dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Selanjutnya, coba periksa bagaimana jaringan WiFi yang diterima.





Itulah cara-cara yang sanggup dilakukan untuk mengatasi jaringan internet WiFi yang bermasalah. Jaringan internet yang tiba-tiba putus atau putus menyambung sanggup disebabkan lantaran banyak faktor, salah satunya ialah jaringan internet yang memang lemah.





Faktor lainnya sanggup disebabkan oleh pengaturan di ponsel atau router yang kurang tepat. Jika masih belum bisa, jangan terburu-buru menyalahkan hardware.





Coba untuk menyambungkan ke hardware lain atau memakai ponsel yang berbeda di hardware yang sama.





Jika masih ditemui masalah, kemungkinan besar memang disebabkan lantaran jaringan internet yang lemah atau malah tidak ada.





Dan jikalau problem tersebut ialah hp xiaomi maka sanggup cobalah untuk mengikuti: cara mengatasi wifi di hp xiaomi tidak konek.





Setelah mencobanya dan ingin hotspot Tethering ke laptop/komputer maka ikuti: cara mengatasi hotspot wifi hp xiaomi tidak konek ke laptop/komputer.





Coba untuk menghubungi customer service dari internet provider.



Sumber https://bersamatekno.com

0 Response to "5 Penyebab Wifi Putus Nyambung Android Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel