iklan

6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo Jht Bpjs Tk/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!

Dari cara cek saldo JHT Jamsostek memakai aplikasi BPJSTK Mobile, via website BPJS Ketenagakerjaan, lewat ATM BNI dan BRI, tiba eksklusif ke kantor cabang, hingga mengecek saldo melalui layanan SMS 2757, semuanya akan kami bahas lengkap dan mendalam dalam artikel ini.

Sebenarnya tanpa perlu kita cek, kalau status kita masih penerima aktif, setiap tahun kita akan diberi slip laporan berisi jumlah total saldo beserta rincian pengembangan saldo JHT dalam setahun. Lembaran laporan tersebut dikeluarkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan dan diberikan melalui perusahaan daerah kita bekerja.

 Dari cara cek saldo JHT Jamsostek memakai aplikasi BPJSTK Mobile 6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo JHT BPJS TK/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!

Tapi memang tak sanggup dipungkiri, lebih banyak didominasi penerima Bpjs Tk niscaya ingin sering-sering melihat sudah berapa banyak uang tabungan Jaminan Hari Tua miliknya. Tidak sabar kalau hanya mengandalkan slip laporan tahunan. Maka dari itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja telah menyediakan bermacam-macam metode untuk mempermudah penerima yang ingin setiap ketika mengetahui saldo Jht-nya. Mulai dari cara cek saldo JHT lewat pesan singkat hp, cek saldo via internet (online), hingga mengecek secara manual dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

Apalagi buat peserta-peserta BPJS Taman Kanak-kanak yang status keanggotaannya sudah non aktif, artinya yang sudah berhenti bekerja menjadi karyawan perusahaan, tentu sangat penting untuk memahami ibarat apa cara-caranya. Karena bagi penerima non aktif, tentu sudah tidak akan diberikan slip laporan saldo lagi oleh perusahaan.

Baca Juga: Cara Mengurus Kehilangan Kartu Peserta BPJS Taman Kanak-kanak Agar Dibuatkan yang Baru

Baik. Langsung saja kami bahas satu per satu keenam cara terbaru cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) 2018 tersebut.

1. Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Sekarang ini yang mulai terkenal yaitu Cek Saldo JHT secara online dengan memakai Aplikasi BPJSTK Mobile. Hal ini efek dari semakin banyaknya penerima bpjs tk yang mempunyai smartphone baik Android, IOS maupun BlackBerry.

Selain itu juga alasannya cara mengecek total saldo uang jaminan hari renta melalui BPJSTK Mobile App tidak terlalu sulit. Apalagi buat belum dewasa muda, yang sehari-hari sudah terbiasa memegang gadget, sangat kebangetan kalau hingga tidak sanggup memakai aplikasi satu ini.

Pertama-tama silakan did0wnl0ad aplikasinya kemudian instal di smartphone anda. Jika sudah terpasang, eksklusif saja log in memakai email dan PIN akun BPJS Taman Kanak-kanak milik Anda. Karena untuk sanggup memakai layanan cek saldo ini kita harus login atau masuk ke aplikasi, dan untuk masuk kita membutuhkan akun.

Bagi yang belum punya akun silakan mendaftar terlebih dulu. Pendaftarannya memakai email aktif, nomor handphone aktif, no KPJ, dan data-data kependudukan. Untuk pengisian datanya tinggal mengikuti petunjuk yang tertera di formulir pendaftaran akun gres yang ada di aplikasi.

 Dari cara cek saldo JHT Jamsostek memakai aplikasi BPJSTK Mobile 6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo JHT BPJS TK/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!

Tutorial lengkap mengenai tata cara mendaftar akun BPJS Ketenagakerjaan, sanggup sobat baca di artikel-artikel kami sebelumnya. Karena kalau semua ditulis di sini bakalan kepanjangan. Ada dua cara menciptakan akun bpjstk, sanggup lewat komputer dan sanggup juga melalui hp smartphone. Silakan dipilih mana yang cocok dengan perangkat teman-teman di rumah.

Setelah mempunyai akun dan sudah berhasil login, Anda sudah sanggup memanfaatkan semua fitur yang ada di Apk BPJSTK Mobile, salah satunya untuk melihat Saldo JHT. Selain itu terdapat aneka macam manfaat aplikasi ini. Cek saldo hanyalah sebagian kecil saja dari semua fungsi dan layanan yang disediakan dalam aplikasi BPJSTK Mobile. Kalau ingin tahu manfaat-manfaat yang lainnya, silakan teman-teman baca Di Sini.

2. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Selain via aplikasi, cara cek saldo JHT lewat internet lainnya juga sanggup dilakukan melalui website BPJS Ketenagakerjaan pada sajian E-Service. Tapi untuk sanggup melakukannya tentu kita harus mempunyai perangkat yang mendukung. Sinyal internet serta komputer ataupun laptop. Jika lewat smartphone sanggup dicoba memakai browser Chrome, tapi jangan lupa tampilannya diubah ke versi desktop terlebih dahulu.

Langkah-langkahnya silakan buka situs bpjsketenagakerjaan.go.id, kemudian masuk memakai akun BPJSTK yang telah anda buat ibarat pada tutorial nomor satu di atas.

Nah sehabis berhasil log in dan berada di beranda web Bpjs Ketenagakerjaan, klik saja sajian lihat saldo JHT (Jaminan Hari Tua). Kemudian pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan dan klik submit. Beres! Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan milik anda akan terpampang di layar.

Jangan lupa aktifkan nomor ponsel yang dipakai untuk pendaftaran akun. Karena kemungkinan kita akan menerima SMS berupa PIN untuk verivikasi cek saldo.

3. Cek Saldo JHT Langsung di Kantor BPJS TK

Cara mengecek saldo JHT dengan eksklusif mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan, sanggup menjadi alternatif terutama bagi teman-teman yang tinggalnya tidak jauh dari kantor BPJS TK, atau bagi yang kebetulan ada urusan di sekitar kantor BPJS TK. Kaprikornus sekalian mampir, tidak mengecewakan sanggup basuh mata melihat mbak-mbak customer service yang cakep-cakep, hehe becanda.

Pengalaman pribadi sewaktu cek saldo eksklusif ke kantor BPJS TK, saya cuma diminta menunjukkan KTP dan kartu penerima BPJS TK. Beberapa menit kemudian alhasil sudah keluar. Kelebihannya kalau melaksanakan cek saldo eksklusif di kantor BPJS Ketenagakerjaan, kita akan diberi print out berisi total saldo dan rincian saldo.

4. Lewat Layanan SMS 2757

Dari semua metode yang ada, cara cek saldo JHT lewat hp dengan SMS berdasarkan kami yang paling mudah dan praktis. Pasalnya kita tidak butuh terusan internet sebagaimana kalau kita mengeceknya lewat website bpjs ketenagakerjaan. Dan juga tidak perlu handphone canggih ibarat kalau cek saldo memakai aplikasi BPJSTK Mobile.

Hape tipe apa saja sanggup dipergunakan untuk cek saldo JHT lewat pesan singkat. Yang penting ada sinyal dan pulsa. Layanan ini dikenakan tarif Rp 165 per SMS. Dan provider yang mendukung jadwal ini untuk sementara gres Telkomsel (Kartu As dan Simpati), Indosat (Im3) dan XL axiata.

Caranya cukup ketik SMS dengan format ibarat ini:

SALDO spasi No Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Lalu kirim ke 2757. Nanti kita akan menerima jawaban berisi isu saldo JHT kita.

Tapi untuk sanggup menikmati layanan ini, nomer HP yang kita gunakan harus nomor yang sudah terhubung dengan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan kita, artinya nomor henpon tersebut yang kita masukkan ketika menciptakan akun BPJS TK.

Namun tak perlu kuatir, walaupun belum mempunyai akun BPJS TK, kita tetap sanggup cek saldo JHT dengan SMS. Syaratnya kita harus mendaftarkan dulu nomor kartu SIM kita pada layanan SMS 2757. Cata registrasinya mudah dan juga dilakukan lewat SMS. Berikut ini format SMS pendaftarannya:

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(jika ada)

Kirim ke 2757.

Jika nomor kartu SIM hape kita sudah terdaftar, kita sudah sanggup menggunakannya untuk mengetahui saldo JHT lewat SMS, kapan saja di mana saja. Yang penting ada pulsa dan ada jaringan.

5. Menggunakan ATM BRI

Cara Cek Saldo dana JHT lewat ATM BRI (Bank Rakyat Indonesia) juga terbilang mudah. Soalnya ATM BRI ketika ini sudah menyebar hingga ke pelosok-pelosok kecamatan bahkan pedesaan. Jika teman-teman penerima BPJS Taman Kanak-kanak kebetulan nasabah BRI dan mempunyai kartu ATM-nya, silahkan mencoba memanfaatkan layanan ini.

Tapi semoga kartu ATM BRI sanggup dipakai untuk cek saldo JHT, nomor handphone SMS Banking BRI Anda, harus no hape yang sama dengan yang Anda kaitkan dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Artinya nomer SMS Banking BRI Anda tersebut, juga yang Anda gunakan untuk menciptakan akun BPJS TK, ibarat cara pertama di atas. Jika no hape yang Anda gunakan untuk layanan SMS Bank BRI tidak terhubung dengan akun BPJS TK, maka ATM BRI anda tidak sanggup dipakai untuk cek saldo JHT.

Cara mengecek saldo JHT via ATM BRI sangat mudah. Tinggal mendatangi ATM BRI, masukkan kartu ATM anda, masukkan PIN passwordnya, kemudian pilih Bahasa Indonesia. Selanjutnya buka sajian RANSAKSI LAINNNYA dan pilih INFO POINT, selanjutnya di layar mesin ATM akan menampilkan isu total saldo JHT BPJS ketenagakerjaan milik Anda.

Tapi harap diingat, layanan ini hanya untuk sekedar melihat jumlah saldo saja. Saldo tersebut tidak sanggup ditarik alias dicairkan lewat ATM.
Baca Juga: 13 Penyebab Kenapa Pencairan Uang JHT Ditolak dan Cara Mengatasinya

6. Cek Saldo Melalui ATM BNI

Cara terakhir untuk melihat jumlah saldo tabungan JHT juga sama-sama melalui ATM, tapi kali ini dari bank yang berbeda yaitu ATM Bank Nasional Indonesia. Metode ini hadir khusus untuk Anda penerima BPJS Taman Kanak-kanak yang mempunyai rekening di bank BNI dan juga mempunyai kartu ATM-nya.
Kebetulan dari dulu semenjak namanya masih Jamsostek, BPJS Ketenagakerjaan memang selalu bekerja dengan Bank BNI. Makanya, di layanan ATM BNI sengaja disediakan sajian Informasi Saldo JHT.

Syarat untuk sanggup cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di ATM BNI, kita harus sudah mendaftar pada layanan mobile banking yang disediakan oleh BNI.

Jika sudah terdaftar cara mengeceknya, masukkan kartu dan PIN ATM BNI anda, pilih sajian Informasi dan Mutasi, kemudian pilih Menu Sebelumnya. Kemudian di tampilan selanjutnya, pilih sajian Informasi Saldo JHT. Selesai! Jumlah saldo JHT anda akan tertera di monitor ATM.

Demikianlah bermacam-macam Cara Cek Saldo uang jaminan hari renta Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan). Dengan banyaknya pilihan cara yang tersedia, teman-teman sanggup menentukan metode yang mana yang terbaik dan termudah berdasarkan Anda.

Sumber http://janganganggur.blogspot.com

0 Response to "6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo Jht Bpjs Tk/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel