iklan

√ 7 Cara Menentukan Dan Membersihkan Kepiting Yang Benar

Kepiting yaitu masakan yang sudah tidak gila bagi pecinta seafood. Siapa yang tidak terpengaruhi akan kenikmatan daging kepiting? Rasa kepiting yang gurih dan anggun disertai daging tebal menciptakan siapa saja terpengaruhi untuk menyantapnya. Walaupun masakan satu ini dibalut dengan cangkang yang keras, kepiting tetap menjadi primadona di antara pecinta seafood.


Nikmatnya daging kepiting menciptakan kita ingin terus menyantap makhluk bercangkang tebal ini. Namun, untuk menikmati kepiting di sebuah restoran atau daerah makan maka harga yang ditawarkan cukup tinggi dan cukup menguras dompet.


Nah, untuk menghindari pengeluaran yang berlebih hanya untuk menyantap nikmatnya daging kepiting sebaiknya kau mengolah sendiri kepiting di rumah. Tapi, sebelum mengolah kepiting tentunya kau harus menentukan dan membersihkan kepitingnya terlebih dahulu. Yuk, simak lebih lanjut cara menentukan dan membersikan kepiting pada artikel di bawah ini.


7 Cara Memilih dan Membersihkan Kepiting


1. Pilihlah Kepiting yang Masih Hidup


Kepiting yaitu masakan yang sudah tidak gila bagi pecinta  √ 7 Cara Memilih dan Membersihkan Kepiting yang Benar

* sumber: ieatishootipost.sg


Cara yang paling gampang untuk menentukan kepiting yaitu, mencari kepiting yang masih hidup atau yang masih segar.  Lalu bagaimana cara supaya kita mengetahui bahwa kepiting tersebut masih hidup?


Mudah saja, cukup dengan cara memastikan kepiting tersebut masih bergerak atau tidak. Jika, kepiting masih bergerak maka kepiting tersebut masih hidup. Jika, kepiting dijual dalam keadaan terikat maka lihat gerakan mata kepiting. Mata kepiting yang masih hidup akan berkedip ketika disentuh.


Mengapa kita harus menentukan kepiting yang hidup? Karena, kepiting yang masih segar biasanya mempunyai rasa yang lebih  manis dan lezat bila dibandingkan dengan kepiting yang sudah mati.


2. Periksa Berat Kepiting


Kepiting yaitu masakan yang sudah tidak gila bagi pecinta  √ 7 Cara Memilih dan Membersihkan Kepiting yang Benar

* sumber: kemanaajaboleeh.com


Setelah kau memastikan bahwa kepiting masih hidup, selanjutnya kau sanggup menyelidiki isi kepiting. Kepiting yang mempunyai daging padat biasanya akan terasa berat ketika diangkat. Kalau kau masih bingung, kau sanggup membandingkan berat kepiting satu dengan yang lainnya.


Apakah kau masih kesulitan mengukur berat kepiting? Jika iya, ada cara lain yang sanggup kau lakukan yakni mengetuk bab cangkang kepiting. Ketika kau mengetuk cangkang kepiting, dengarkan dengan secama bunyi yang keluar. Jika bunyi ketukan terdengar nyaring maka kemungkinan berat kepiting tersebut kopong dan sudah tidak segar.


Untuk mendapat kepiting yang masih segar, maka pilihlah kepiting yang menghasilkan bunyi ketukan yang berat. Selain masih segar, biasanya kepiting dengan bunyi ketukan yang berat mempunyai daging yang padat.


3. Memilih Kepiting Ikat atau Kepiting di Dalam Wadah Air


Kepiting yaitu masakan yang sudah tidak gila bagi pecinta  √ 7 Cara Memilih dan Membersihkan Kepiting yang Benar

* sumber: www.dfw.state.or.us


Seperti yang sudah dijelaskan di atas bila kepiting yang segar yaitu kepiting yang terbaik. Jika dilihat dari cara menjual, ada aneka macam macam cara menjual kepiting. Ada kepiting yang sudah diikat dan ditempatkan pada daerah kering dan ada juga kepiting yang masih berada dalam wadah air.


Kepiting yang berada di dalam wadah air mungkin terlihat lebih segar dibandingkan dengan kepiting yang telah diikat. Namun perkiraan tersebut kurang tepat, alasannya yaitu faktanya kepiting ikat lebih baik dibandingkan dengan kepiting yang masih di dalam wadah air. Mengapa begitu? Kepiting yang berada dalam wadah biasanya banyak bergerak sehingga menciptakan massa daging mereka menjadi lebih sedikit.


Selain banyak bergerak, ternyata kepiting yang berada dalam wadah air menyerap air lebih banyak sehingga daging kepiting akan terasa lebih lembek. Maka dari itu, carilah kepiting yang disimpan dalam wadah kering dan masih segar.


4. Masukan Kepiting ke Dalam Air Mendidih


Kepiting yaitu masakan yang sudah tidak gila bagi pecinta  √ 7 Cara Memilih dan Membersihkan Kepiting yang Benar

* sumber: www.chowhound.com


Ketika kau sudah simpulan membeli dan menentukan kepiting maka hal selanjutnya yaitu membersihkan kepiting. Membersihkan kepiting sangat dianjurkan untuk mengeluarkan aneka macam kotoran yang ada dalam cangkang kepiting.


Sebelum kau membersihkan kepiting maka pastikan terlebih dahulu kita telah mematikan kepiting. Ketika membersihkan kepiting ketika masih hidup maka akan sangat sulit dilakukan bagi pemula alasannya yaitu kepiting akan bergerak ke sana ke mari. Maka dari itu, kepiting tersebut harus mati terlebih dahulu.


Hal pertama yang sanggup kau lakukan ialah mendidihkan air. Lalu masukan kepiting ke dalam air mendidih untuk beberapa saat. Jangan hingga kepiting matang, cukup masukan kepiting 1-2 menit hingga kepiting mati. Setelah kepiting mati maka kau sanggup mengangkatnya dan membersihkan kotoran kepiting.


5. Membelah Kepiting


Kepiting yaitu masakan yang sudah tidak gila bagi pecinta  √ 7 Cara Memilih dan Membersihkan Kepiting yang Benar

* sumber: www.fishfiles.com.au


Jika kau mempunyai keberanian lebih maka kau sanggup pribadi mematikan kepiting dengan cara membelah badan kepiting. Caranya cukup mudah, cukup dengan membalikan badan kepiting dengan posisi kaki berada di atas, kemudian tusuk bab segitiga kepiting dan belah badan kepiting menjadi dua bagian.


Setelah itu kau sanggup pribadi membersihkan kotoran yang ada di dalam kepiting dengan air mengalir. Setelah bersih, maka kau sanggup mengolah kepiting sesuai dengan harapan mu.


6. Membersihkan Kotoran Kepiting


Kepiting yaitu masakan yang sudah tidak gila bagi pecinta  √ 7 Cara Memilih dan Membersihkan Kepiting yang Benar

* sumber: australianflavours.com.au


Lanjut pada proses pencucian kepiting, proses kali ini yaitu cara bagaimana kau membersihkan kotoran yang di dalam kepiting. Jika kau mematikan kepiting dengan cara memasukan ke dalam air mendidih, maka untuk membersihkannya kau sanggup membuka cangkang kepiting.


Cara membuka cangkang kepiting ialah membuka bab segitiga yang ada pada perut kepiting kemudian memisahkan bab cangkang dan badan kepiting hingga terbelah dua. Bersihkan kotoran yang ada, biasanya berupa pasir, kotoran, dan insang kepiting.


Pada bab tengah kepiting biasanya terdapat kotoran yang harus kau hilangkan di bawah air mengalir. Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan, alasannya yaitu dengan membersihkannya di bawah air mengalir maka kotoran akan lebih cepat hilang.


Hindari membersikan kepiting dengan cara menrendamnya dalam air alasannya yaitu daging yang terlalu usang terendam dalam air akan menghasilkan tekstur yang lembek. Selain itu, bila kita membersihkan kepiting dengan cara ini akan menciptakan kotoran sulit hilang alasannya yaitu tercampur bersama air rendaman.


Untuk menghasilkan kepiting yang lebih bersih, kau sanggup memakai sikat untuk membersihkan kotoran yang ada pada kepiting. Pastikan kotoran kepiting sudah hilang sepenuhnya alasannya yaitu hal tersebut akan memengaruhi terhadap rasa kepiting.


7. Menghilangkan Bau Amis Kepiting


Kepiting yaitu masakan yang sudah tidak gila bagi pecinta  √ 7 Cara Memilih dan Membersihkan Kepiting yang Benar

* sumber: www.gloriaferrer.com


Setelah simpulan membersihkan kepiting, kau sanggup mengolah kepiting sesuai dengan selera mu. Nah, bila kau merasa kepiting milik mu berbau amis, kau sanggup memanfaatkan lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan busuk bacin yang melekat pada kepiting.


Cara memakai lemon atau jeruk nipis sangat gampang yaitu cukup balurkan air perasan lemon atau jeruk nipis pada bab cangkang kepiting. Kamu juga sanggup dengan merebus potongan lemon atau jeruk nipis bersama kepiting. Selain menghilangkan busuk bacin kepiting, lemon dan jeruk nipis ternyata sanggup menambah aroma citrus yang segar dalam daging kepiting.


Jika kau tidak mempunyai lemon atau jeruk nipis, bawang putih juga sanggup kau gunakan, lho. Mudah saja, cukup dengan mencingcang bawang putih kemudian lumuri pada cangkang kepiting. Karena mempunyai aroma yang kuat, bawang putih tentunya sanggup menghilangkan busuk bacin pada kepiting serta menambahkan cita rasa gurih pada daging kepiting.


Tidak sulit, bukan? Ayo coba pilih dan bersihkan sendiri kepiting di rumah. Selain itu, kau juga sanggup menyantapnya dengan aneka macam olahan kepiting kesukaan mu. Kamu sanggup mencari aneka macam macam jenis saus yang sanggup kau padukan dengan kepiting. Atau kau mau coba masak kepiting saus padang ala resto? Cari tahu resepnya di sini.


Namun, bila kau mempunyai keterbatasan bahan, maka cukup mengolah kepiting dengan cara direbus dan menyantapnya memakai saus adonan kecap dan cabai rawit atau sambal khas rumah mu.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 7 Cara Menentukan Dan Membersihkan Kepiting Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel