iklan

8 Prinsip Membangun Bisnis Ternak Ayam Kampung (Bag. 1)

Sudah sepantasnya Anda memperhitungkan untuk memulai bisnis yang satu ini, yaitu “usaha ternak ayam kampung“. Saat ini masih belum banyak yang menekuni  bisnis ternak ayam kampung secara serius dengan skala besar, kebanyakan masyarakat hanya memelihara untuk pemenuhan kebutuhan keluarganya saja, itu pun bagi yang hobi berternak ayam. Jika dilihat dari potensi bisnisnya ternak ayam kampung memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler maupun jenis ayam potong.


Sudah sepantasnya Anda memperhitungkan untuk memulai bisnis yang satu ini 8 Prinsip Membangun Bisnis Ternak Ayam Kampung (Bag. 1)
Prinsip membangun bisnis ayam kampung

Untuk memelihara ternak ayam kampung bantu-membantu tergolong cukup mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak waktu, sehingga cocok untuk dijadikan bisnis sampingan bagi Anda. Nilai jual yang lebih tinggi merupakan suatu alasan kenapa Anda harus memulai bisnis ternak ayam kampung, selain itu harga yang cenderung setabil  naik dibandingkan dengan ayam broiler yang mempunyai harga fluktuatif menciptakan ternak ayam kampung patut untuk Anda coba.


8 Prinsip Membangun Bisnis Ternak Ayam Kampung


Beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis ternak ayam kampung pada dasarnya kembali pada diri Anda sendiri. Prinsip merupakan modal dasar dalam menjalankan bisnis, menentukan planing menjadi bab terpenting akan keberhasilan perjuangan Anda. 


#Pertama : Mental dan Keyakinan


Merupakan hal yang sangat biasa dalam dunia bisnis. Sering sekali kita jumpai para pemula dalam berbisnis hanya mempunyai mental yang minim sehingga gampang goyah apabila diterpa masalah. Salah satu penyakit atau virus yang menghinggapi para pebisnis yakni penyakit gampang menyerah. Penyakit ini sangat membahayakan sanggup menjadikan kerugian. Dalam berbisnis tentunya tidak semua orang yang mempunyai mental yang berpengaruh bagi mereka yang mempunyai mental yang lemah akan hilang dengan sendirinya.


Keyakinan dalam menjalankan sesuatu merupakan modal yang sangat berharga bagi setiap orang. Keyakinan pada diri sendiri menopang semangat kita untuk menjalankan suatu hal termasuk dalam bisnis ternak ayam kampung. Ketidak yakinan sanggup menggoyahkan dan memusnahkan potensi yang ada pada diri Anda. Kebanyakan orang tidak mempunyai keyakinan pada dirinya sendiri bahkan berpikir beliau tidak layak untuk mendapat kesuksusesan.


Mental dan keyakinan dalam menentukan bisnis merupakan satu kesatuan yang harus dimiliki oleh para pengusaha. Mental yang berpengaruh mengajarkan untuk bagaimana bertahan dalam suasana dan kesulitan apapun sedangkan keyakinan mengajarkan untuk mengeluarkan segala kemampuan yang Anda miliki untuk berjuang mensukseskan perjuangan yang akan kita jalani.


#Kedua : Informasi Terkait Ternak Ayam Kampung


Pengetahuan tetang cara ternak ayam kampung yakni kunci sukses dalam menjalankan perjuangan tersebut. Jenis perjuangan apapun yang akan Anda jalankan pastinya memerlukan gosip dan pengetahuan yang cukup. Bermodalkan pengetahuan yang cukup akan mengantarkan Anda pada kesuksesan dalam menjalankan usaha.


Menggali gosip sebanyak-banyaknya terhadap objek suatu perjuangan yakni syarat wajib yang harus dijalankan. Selain informasi, Anda butuh menganalisis perjuangan untuk memperhitungkan laba yang Anda dapatkan. Untuk analisis perjuangan beternak ayam Anda sanggup membaca artikel kami yang lainnya berjudul Analisis Bisnis Ternak Ayam Jawa Super.


Penguasaan terhadap teknik cara berternak ayam kampung sanggup mengoptimalkan dan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan pengetahuan yang dimiliki Anda sanggup mengantisipasi kegagalan yang akan dihadapi. Penguasaan cara ternak yang baik dari mulai pembibitan, perawatan, perkembangbiakan hingga penjualan harus benar-benar dikuasai. Berbagai macam gosip bisa Anda dapatkan dengan mencari gosip melalui internet, buku serta majalah pertanian dan juga para pelaku ternak ayam kampung disekitar lingkungan Anda.


Untuk menambah pegetahuan sangat Kami sarankan Anda berkunjung secara pribadi kepada para peternak yang lebih dahulu menjalaninya. Lakukan komunikasi yang intensif dengan bertukar pikiran dan pengalaman selama menjalankan perjuangan ternak ayam kampung tersebut. Bila perlu lakukan kerjasama dengan membeli bibit peternak sehinga terbangun komunikasi yang sanggup menguntungkan Anda.


#Ketiga : Pahami Sistem Ternak Ayam Kampung


Para peternak yang sudah terbiasa beternak dengan cara umbaran. Kebanyakan orang tersebut dulunya beternak ayam kampung hanya untuk hobi dan mengisi waktu luang. Untuk menekuni ternak ayam kampung dalam lingkup bisnis sistem ternak dengan cara umbaran dinilai sudah kurang efisien pada masa sekarang. Sistem umbaran memakan waktu yang cukup usang untuk berproduksi. Pertumbuhan bobot dan produksi telur tergolong rendah.


Pemeliharaan ternak ayam kampung dengan sistem umbaran sanggup menghasilkan dalam waktu 8-10 bulan sedangkan dengan sistem semi intensif hanya memakan waktu 2,5 bulan untuk produksi dan siap jual. Oleh alasannya yakni itu, pemilihan sistem ternak ayam kampung yang tepat akan memudahkan Anda menjalakan bisnis tersebut.


Untuk mengetahui menyerupai apa cara ternak ayam kampung dengan sistem umbaran dan sistem semi intensif Silahkan Baca Artikel Selengkapnya : “Teknik Beternak Ayam Kampung” dan “Inovasi Pakan Ayam Dengan Probiotik


Sebelum memulai bisnis Anda harus mengetahui terlebih dahulu wacana sistem beternak ayam kampung yang sesuai. Persyaratan lokasi dan pembuatan sangkar harus sesuai supaya ayam sanggup tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Jika peternakan sudah berjalan dengan baik Anda sanggup lebih fokus dan keberhasilan sudah mendekati Anda.


#Keempat : Tentukan Arah Usaha Dengan Fokus


Ada dua bisnis yang sanggup Anda jalankan dalam bisnis ternak ayam kampung yaitu daging atau petelur. Tentukan fokus terlebih dahulu antara pedaging atau petelur, hal ini  dipakai untuk memudahkan Anda dalam pemilihan bibit ayam yang akan Anda beli. Penentuan ini juga untuk mengoptimalkan perjuangan ternak ayam kampung Anda supaya lebih fokus terhadap suatu hal. Kebanyakan orang mengambil langkah yang salah dengan menentukan kedua-duanya berharap supaya balasannya dua kali lipat, justru sanggup berakibat tidak fokus arah tujuan dari perjuangan ini, bahkan malah berujung pada kerugian.


Dalam menjalankan bisnis ternak ayam kampung pedaging dan petelur tentunya mempunyai perbedaan dalam pemeliharaannya. Yang menjadi catatan penting yakni bibit ayam kampung petelur pemeliharannya lebih difokuskan untuk kuantitas telur dan percepatan telur, sedangan pedaging difokuskan kepada kualitas dagingnya. Jadi, sebaiknya Anda menentukan fokus perjuangan yang akan Anda jalani.  


Artikel Selanjut >> 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "8 Prinsip Membangun Bisnis Ternak Ayam Kampung (Bag. 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel