iklan

Calculus 9Th Ed. (Purcell)

Bila anda ingin berguru Kimia Fisik dengan serius, maka anda juga harus menguasai kalkulus secara serius, dengan buku Purcell. Why? Anda akan menemukan alasannya dari membaca buku Kimia Fisik, karya Atkins contohnya atau Silbey, Alberty, Bawendi. Ya, hampir semuanya ada kalkulusnya… #CapeDeh

Saya sendiri paling lemah di Kimia Fisik dan kalkulus, tidak menyerupai sobat aku Rizki Kurniawan yang imba di Kimia Fisik hehehe… Memang, belakang layar imba di kimia fisik ialah menguasai kalkulus secara keseluruhan, terutama di serpihan integral, turunan, dan persamaan differensial. Banyak aturan-aturan yang harus diketahui menyerupai Chain Rules, l’Hopital Rules, dan lain-lain. Jangan tanya pada saya, alasannya ialah aku sendiri tidak expert di sini.

Okee, berbicara soal kalkulus, tentu sebagian besar orang akan merujuk ke buku ini. Ya memang, buku Purcell ialah “kitab sucinya” kalkulus dan digunakan dimana-mana, contohnya di kampus besar menyerupai ITB. Pengalaman aku membaca buku ini, awal-awal sangat excited alasannya ialah ternyata seru sekali. Bagusnya buku ini yaitu dimulai dari serpihan 0 atau matematika dasar yang sangat membantu sekali untuk bab-bab berikutnya. Saya jadi mengerti dasar-dasar kalkulus, yang selama ini tidak pernah diajarkan di tingkat SMA. Ilmu kalkulus yang diajarkan di Sekolah Menengan Atas hanyalah rumus-rumus jadi saja, tidak ada konsep dasarnya.

Dari sisi penampilan… ya buku ini termasuk fair, tidak banyak warna dan gambar. Ada pun gambar, ya gambar grafik :”) Nahh, bab-bab awal pembukanya berdasarkan aku sangat menarik. Namun sehabis lewat serpihan tengah-tengah, aku merasa sangat jenuh membaca buku ini, mungkin alasannya ialah bukan kesukaan saya, tapi entah mengapa rasanya jenuh sekali. Buku ini memakai sistem teori – pola – teori – contoh, di mana sehabis tengah-tengah teorinya bertambah rumit dan sangat rumit :”) Seringkali aku tidak dapat menahan kantuk.

Saya Belajar Purcell?

Oh ya, mungkin ada dari anda yang bertanya: “Mengapa aku berguru kalkulus?” Ada 2 jawaban, yaitu yang pertama, meskipun di IChO tidak akan keluar kalkulus, tapi kita tidak akan pernah tahu apa yang dikeluarkan dosen Kimia Fisik. Kimia Fisik di Pelatnas sudah berulang kali menjatuhkan aku dengan kalkulusnya yang njelimet. Jawaban kedua, aku tentu perlu sekali berguru kalkulus untuk kuliah, alasannya ialah di sekolah tinggi tinggi banyak bahan yang memakai kalkulus, apalagi untuk jurusan teknik (meskipun aku tidak ingin masuk teknik). Oke pribadi saja:

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "Calculus 9Th Ed. (Purcell)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel