iklan

Cara Menanam Kunyit Di Pot Agar Panen Bagus

 


Cara menanam kunyit di pot sesungguhnya sanggup kita lakukan di rumah dengan gampang tetapi harus menjalankan tahap tahapnya dengan benar. Seperti biasanya, apabila kita akan berminat untuk menanam flora apapun maka kita harus melaksanakan tahap tahapannya, menyerupai persiapan benih, pembibitan, penyemaian, pengolahan tanah, proses penanaman, pemupukan, penyiraman. Semua tahap tahap tersebut harus kita lakukan dengan benar biar flora kunyit sanggup tumbuh dengan subur dan hasilnya flora kunyit sanggup menghasilkan panen anggun menyerupai yang kita harapkan.


Tanaman kunyit merupakan salah satu jenis flora rimpang dan jenis flora rimpang ini sama menyerupai flora jahe, laos dan kencur. Kunyit memiliki nama latin Cucurma longa linnsyn, cucurma domestica Val, dan flora kunyit merupakan flora rimpang yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit merupakan salah satu anggota dari kelompok Zingiberaceae dimana kunyit ini banyak dipakai oleh para ibu rumah tangga sebagai salah satu bumbu dapur.


Tanaman kunyit ialah jenis flora rimpang yang dagingnya memiliki warna khas lantaran berwarna kuning dan kunyit banyak mengandung senyawa kurkuminoid, minyak atsiri, mineral, arabinosa, fruktosa, gluktosa, pati, tanin serta damar. Kunyit selain dipakai sebagai salah satu bumbu dapur maka materi kandungan yang terdapat dalam kunyit sangat bermanfaat untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui, dan sanggup memperlancar haid atau menstruasi.


Dengan manfaat yang cukup besar yang terdapat dalam kandungan kunyit yang sanggup dimanfaatkan untuk kesehatan badan kita, maka tidak ada salahnya kalau kita mencoba menanam flora kunyit di rumah. Sehingga kita sanggup memenuhi kebutuhan bumbu dapur sendiri tanpa harus membeli di pasar. Kunyit sanggup dipakai sebagai materi obat tradisional berupa jamu kunir asem, kalau diminum jamu kunir asem akan sanggup menyegarkan badan kita.


Sebagai seorang ibu rumah tangga niscaya mereka sudah pernah memakai kunyit untuk adonan bumbu. Kunyit biasanya akan dipakai untuk memberi warna kuning pada kuliner menyerupai kuliner kare ayam. Karena banyaknya manfaat dan kebutuhan kunyit oleh masyarakat, baik sebagai bumbu dapur maupun untuk obat tradisional, maka banyak juga petani yang telah membudidayakan flora kunyit ini untuk tujuan bisnis yang sanggup menghasilkan laba yang menjanjikan.


Berikut tahap tahap yang sanggup kita lakukan dengan gampang dalam cara menanam kunyit di pot, dan kita sanggup menggunakannya sebagai panduan dalam menanam kunyit yang benar.


Cara menanam kunyit di dalam pot


Persiapan bibit kunyit


Untuk mendapat bibit kunyit yang anggun maka Kita sanggup memakai dan menentukan kunyit yang sudah tua, biar kita sanggup mendapat bibit kunyit yang berkualitas bagus. Kunyit yang kita pilih sebagai bibit untuk ditanam sebaiknya ialah kunyit yang sudah berumur sekitar 8 bulan, namun demikian dengan semakin tuanya umur dari kunyit yang akan  kita gunakan sebagai bibit maka kita akan mendapat bibit kunyit yang lebih bagus.


Penyemaian bibit kunyit


Setelah kita mendapat kunyit sebagai bibit kunyit yang anggun maka tahap selanjutnya ialah kita melaksanakan semai terlebih dahulu terhadap bibit kunyit yang sudah kita persiapkan. Bagaimana cara penyemaiannya? penyemaiannya yaitu dengan cara meletakkan bibit kunyit di daerah yang cukup lembab dan selanjutnya pastikan bahwa benih kunyit jangan hingga terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Kemudian benih kunyit kita taburi dengan tanah secukupnya dan siram benih kunyit secara rutin setiap sore hari. Hal ini dilakukan biar tunas atau bibit yang dihasilkan bagus.


Persiapan media tanam


Setelah bibit kunyit kita dapatkan melalui penyemaian tadi maka kita perlu menyiapkan media tanamannya. Media tanam sanggup kita buat sendiri dengan cara memakai adonan antara tanah, pupuk kompos dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1 : 1 dan selanjutnya campurkan media tanam tersebut hingga rata.


Setelah media tanam tercampur rata maka kita masukkan kedalam pot yang sudah kita persiapkan sebelumnya dan sebelum media tanam dimasukkan kedalam pot maka letakkan potongan genting ataupun kerikil kerikil pada dasar pot terlebih dahulu sebagai drainase. Ukuran pot yang anggun untuk menanam kunyit ialah ukuran pot dengan diameter pot kira kira 20 cm dan tinggi pot kira kira 40 cm, kemudian masukkan media tanam kedalam pot hingga penuh dan kira kira hingga jarak 10 cm dari bibir pot.


Penanaman kunyit


Setelah media tanam selesai dimasukkan kedalam pot dan media tanam sudah siap untuk kita tanami kunyit, maka kita buatkan lubang pada masing masing media tanam yang ada di pot. Lubang yang kita buat dengan kedalaman kurang lebih 8 cm. Setelah itu masukkan 1 bibit kunyit pada masing masing lubang yang telah kita buat di masing masing pot. Kemudian tutup kembali lubang tersebut dengan media tanam dan selanjutnya lakukan penyiraman secukupnya.


Perawatan yang diperlukan



  • Pemupukan


Karena flora kunyit kita tanam di dalam pot maka nutrisi yang terdapat di dalam media tanam sangat terbatas. Oleh alasannya ialah itu untuk sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi tananam kunyit dengan baik maka kita harus memperlihatkan suplemen pupuk secara rutin, pemberikan pupuk dilakukan setiap 1 bulan sekali. Pupuk yang kita gunakan berupa pupuk kompos atau pupuk organik yaitu dengan cara mencampurkan tanah, pupuk kompos dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1 : 1 : 1.



  • Penyiraman


Penyiraman terhadap flora kunyit perlu kita lakukan secara rutin setiap 2 atau 3 kali sehari, hal ini kita dilakukan biar sanggup menjaga kondisi media tanam tetap dalam kondisi lembab. Penyiraman terhadap flora kunyit jangan berlebihan tetapi penyiraman harus dilakukan secukupnya saja, biar tidak terjadi genangan yang sanggup menciptakan flora kunyit membusuk dan hasilnya mati.


Masa panen kunyit


Cara menanam kunyit di pot sesungguhnya sanggup kita lakukan di rumah dengan gampang tetapi haru Cara menanam kunyit di pot biar panen bagus
Panen kunyit

Masa panen kunyit yang paling ideal ialah pada waktu flora kunyit berumur sekitar 8 bulan sehabis masa tanam. Masa panen yang dilakukan sesuai dengan masa panen ideal maka akan menghasilkan panen kunyit yang tidak kusut, segar, kunyit tidak gampang bacin dan besar kunyit yang kita panen sanggup menghasilkan berat kunyit yang ideal.


Demikianlah tahap tahap bagaimana cara menanam kunyit yang benar biar flora kunyit sanggup tumbuh subur dan menghasilkan panen yang bagus. Jika kita berminat untuk membudidayakan flora kunyit maka kita sanggup memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan cara menanam kunyit di pot dan kita tanpa harus mengeluarkan dana untuk menyewa lahan.



Sumber https://kebunbelakang.com

0 Response to "Cara Menanam Kunyit Di Pot Agar Panen Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel