iklan

Electronic Mail (E-Mail)

E-mail Sebagai Sarana Komunikasi - Pada ketika kini ini e-mail merupakan saranan komunikasi yang paling gampang dipakai untuk berkomunikasi dan mengirimkan dokumen secara cepat.

Electrinic Mail (e-mail) adalah Suatu metode penerimaan dan pengiriman pesan melalui sistem komunikasi elektronik.
e-mail merupakan salah satu akomodasi internet yang paling banyak dipakai alasannya yakni e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Biaya yang dikeluarkan untuk mengirim e-mail hanyalah biaya untuk mengakses internet pada ketika kita mengirim e-mail tersebut.

Keuntungan dari pengiriman e-mail adalah, kita sanggup mengirim informasi berupa file sebagai lampiran surat. File yang dikirim sanggup berupa gambar, foto, video, MP3 dan lain-lain. Keuntungan lainnya adalah, kemampuan e-mail untuk dikirim pada banyak akseptor sekaligus. Hal ini dikarenakan email yang dikirimkan sanggup d1ckopy dengan mudah, sehingga hasil kopian tersebut sanggup dikirimkan ke banyak orang sekaligus.
mail merupakan saranan komunikasi yang paling gampang dipakai untuk berkomunikasi dan meng Electronic Mail (e-mail)

Dilihat dari layanan email sanggup dibedakan :

a.      POP Mail (POP = Post Office Protocol)
POP Mail merupakan e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider (ISP) yang menjadi langganan user. Untuk sanggup memanfaatkan layanan akomodasi POP Mail secara lengkap, kita memerlukan software khusus yaitu Software Mail Client. Contoh software mail client yakni MS Outlook, MS Outlook Express, Eudora dan Pegasus.

Kelebihan POP Mail.
Kita sanggup membaca e-mail yang ada secara offline (tidak terhubung dengan internet). Untuk mempunyai alamat POP Mail kita harus mendaftar distus penyedia POP Mail. Pengiriman email bertype POP ini memakai protocol SMPTP (Simple Mail Transfer Protocol).
Untuk menyelidiki e-mail deserver POP Mail, kita harus terkoneksi keserver POP Mail guna mend0wnl0ad semua e-mail yang ada. Setelah itu kita sanggup membaca e-mail walau pun tidak dalam keadaan terkoneksi.

Kekurangan POP Mail.
Kita tidak sanggup mengakses e-mail dikomputer lain, alasannya yakni e-mail hanya sanggup diakses pada computer yang telah terinstall software mail client yang telah diset dengan benar.

b.      Web Based Mail (e-mail Berbasis Web)
Merupakan layanan e-mailyang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail ibarat : yahoo, hotmail, bolehmail, lovemail, plasa.com, gmail dll.

Kelebihan Web Based Mail (e-mail Berbasis Web)
Kita sanggup mengakses e-mail dari computer manapun dengan memakai browser apa saja. Situs-situs penyedia layanan web mail biasanya menyediakan layanan e-mail gratis.

Kekurangan Web Based Mail (e-mail Berbasis Web)
Untuk elakukan pengecekan e-mail kita harus terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga menjadikan biaya akses.

c.       E-mail Forwading
Adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka berganti-ganti alamat e-mail.

Kelebihan e-mail Forwading
Kita sanggup menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu kita tidak perlu memberitahu alamat e-mail gres kalau diganti, cukup dengan menunjukkan alamat e-mail forwading tersebut.

Kekurangan e-mail Forwading

Karena sifatnya sebagai mediator e-mail ini akan membutuhkan waktu yang lebih usang untuk hingga ke alamat e-mail yang sesungguhnya.



Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Electronic Mail (E-Mail)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel