iklan

Hololens (Dunia Maya Terasa Nyata)

Tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi kian pesat dari waktu ke waktu. Salah satunya ialah teknologi HoloLens yang diciptakan Microsoft. HoloLens sendiri merupakan teknologi Augmented Reality yang menggabungkan benda maya ke dunia nyata. Dengan adanya HoloLens, akan memudahkan dalam penggunaan teknologi. HoloLens ini implementasi nya sanggup menggantikantelevisi fisik. Kaprikornus nonton Televisinya diproyeksikan dari HoloLens berupa hologram.

Saat ini menggunakan komputer harus berhadapan dengan monitor dan key board. Namun dengan HoloLens hal tersebut tidak diharapkan lagi. Karena cukup dengan menggunakan HoloLens yang berbentuk menyerupai kacamata, monitor akan tampil didepan mata.
HoloLens juga sanggup dipakai untuk bermain game dimana ketika ini untuk bermain game masih menggunakan controller, menyerupai stick. Namun dengan HoloLens sudah tidak diharapkan lagi. Karena dengan HoloLens nantinya controller akan tampil dengan 3D (tiga dimensi).


Seeing
Is
Believing
Jadi apa itu HoloLens…?
Kalau mendengar kata hologram, apa yang ada dalam fikiran kalian? Pasti nggak jauh-jauh dari sosok Tony Stark dalam film Iron Man dengan layar hologram canggihnya, teknologi hologram kini ngga cuma ada di film. Sebab, Microsoft telah menggebrak dunia lewat augmented reality berjulukan HoloLens. Proses shipping HoloLens Development Edition dilakukan 30 Maret nanti. Harganya pun tidak murah, yakni USD 3.000 Well, bagaimanakah cara kerja HoloLens?


Spesifikasi Canggih
Meskipun bentuknya menyerupai dengan Samsung Gear VR atau Virtual Reality lainnya, cara kerja HoloLens berbeda. HoloLens tidak memerlukan perangkat suplemen menyerupai PC atau computer. Sebab, sebuah HoloLens sudah terdiri atas device windows 10, Microsoft Holographic Processing Unit (HPU), prosesor Intel 32 bit, serta Inertial measurement unit (IMU). HoloLens juga dilengkapi dengan 2 megapiksel HD kamera, empat mikrofon, dan sensor. Karena tanpa kabel, HoloLens bisa dipakai secara fleksibel.

Gambar Hologram Nyata
HPU-lah yang akan mengolah data sensor HoloLens secara real time, kemudian menampilkannya ke dalam bentuk gambar visual. Alhasil, pemakainya pun bisa melihat gambar hologram dengan resolusi 2,3 juta titik cahaya. “HoloLens mempunyai lensa hologram tembus pandang yang menggunakan system proyeksi optic canggih yang menghasilkan multidimensi hologram penuh warna dengan latensi sangat rendah. Jadi, kau bisa melihat objek hologram disekitarmu,” terang Alex Kipman, technical fellow, operating system Microsoft HoloLens, menyerupai dilansir dari Techcrunch.

Fleksibel
HoloLens juga bisa mendeteksi gerakan dan arah pandangan pemakainya. Untuk bisa berinteraksi dengan tampilan hologramnya, Microsoft menyediakan sebuah clicker berteknologi air gesture. Dengan begitu, pengguna tinggal menggenggam clicker tersebut dan menggerakkan tangannya kearah objek hologram. Selain itu, kita bisa memperlihatkan perintah lewat mikrofon serta mengkap bunyi dengan buit-in speaker. Hingga ketika ini, HoloLens kompatibel dengan beberapa aplikasi dan game.  Diantaranya, Skype, HoloStudio, Actiongram Beta, Holo Tour, Robo Raid, Young Conker dan Fragment.





Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Hololens (Dunia Maya Terasa Nyata)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel