iklan

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Dan Perbedaannya

Secara luas jaringan komputer sudah semakin maju, apalagi kini jaringan wifi sudah dimana mana, tentu saja perkembangan dunia wireless juga semakin besar, kemudian bagimanakah jenis dari jaringan komputer yah dan menyerupai apakah jalan menuju roma itu.

Seperti yang udah kita ketahui jikalau secara garis besarnya jaringan komputer ada 5 jenis, untuk lebih jelasnya bagaimana cara membedakan jenis jaringan komputer tersebut, berikut akan teknisi katro ulas dengan lebih terperinci untuk definisi pada tiap-tiap jenisnya.

 apalagi kini jaringan wifi sudah dimana mana Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Perbedaannya


Sekarang kita coba memahami dalam hal ini untuk mengkategorikan / mengelompokkan jenis-jenis desain dari jaringan komputer yakni dengan ruang lingkup atau skala wilayah mereka. Untuk alasan historis, industri jaringan mengacu pada hampir setiap jenis desain sebagai semacam jaringan area. Contoh umum tipe jaringan yakni sebagai berikut:

Jenis jenis Jaringan Komputer dan Perbedaannya

1. Local Area Network (LAN) - Adalah jaringan internal di dalam sebuah gedung atau kampus atau rumah. LAN seringkali dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer langsung dan workstation dalam kantor suatu organisasi, perusahaan atau pabrik-pabrik untuk menggunakan bersama sumberdaya contohnya printer, media penyimpanan (storage) serta saling bertukar infromasi.

Baca juga  Memahami Jaringan Komputer

2. Metropolitan Area Network (MAN) - Merupakan versi LAN yang dengan cakupan / area lebih luas dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN sanggup meliputi kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan sanggup dimanfaatkan untuk keperluan langsung (swasta) atau umum. MAN bisa menunjang data dan suara, bahkan bisa bekerjasama dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN) - Sudah mempunyai jangkauan geografis yang lebih luas, seringkali meliputi sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet - Gak abnormal lagi sama satu ini. Internet itu udah masakan harian. Orang yang terhubung kejaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan menyerupai ini memerlukan kekerabatan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Kumpulan jaringan yang saling terhubung (terinterkoneksi) inilah yang disebut dengan Internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel - Atau yang biasa lebih dikenal dengan Wireless merupakan sebuah solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Jaringan tanpa kabel mempunyai kelebihan alasannya lebih leluasa bergerak (mobile) dalam melaksanakan aktifitas komunikasi.

Semoga saja pengertian dari bagaimana cara membedakan jenis-jenis jaringan menurut fungsi serta kemampuan atau cakupan (area) yang telah saya urai diatas bisa membantu siapa saja yang ingin lebih memahami mengenai jaringan tersebut. Jangan lupa untuk kembali mengikuti ulasan yang masih terkait perihal jaringan pada kesempatan berikutnya. salam katro.

sumber : ebook service kmpter



Sumber http://sugenghandoyo.blogspot.com

0 Response to "Jenis-Jenis Jaringan Komputer Dan Perbedaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel