iklan

Klasifikasi Dan Morfologi Flora Tomat Secara Lengkap

Sedulurtai.com Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tomat Secara Lengkap


Tomat (Lycopersicon esculentum Mill), termasuk flora dari ordo solanales dan famili Solanaceae. Tomat merupakan tumbuhan perdu semusim dengan perakaran yang dangkal. Yang dimaksud dengan tumbuhan semusim yaitu tumbuhan yang hidup satu kali produksi saja dan sehabis itu mati. Tomat merupakan jenis sayuran buah yang mempunyai rasa asam manis yang sanggup menawarkan kesejukan pada badan kita.


 Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tomat Secara Lengkap Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tomat Secara Lengkap
klasifikasi dan morfologi tumbuhan tomat secara lengkap

Tomat yang sekarang terdapat di seluruh penjuru dunia ini pertama kali di temukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah.  Lebih tepatnya terdapat di Peru hingga dengan Meksiko. Colombus menemukan Benua Amerika pada tahun 1492, dan semenjak itu pula tomat menyebar ke seluruh penjuru dunia.


Pada awalnya tomat begitu diabaikan di Amerika Serikat sebab dianggap sebagai cendawan beracun, sehingga penduduk Amerika Serikat takut untuk mengonsumsi tomat. Akan tetapi  ketakutan itu berahir pada tahun 1820 ketika Robert Gibon Johnson dari kota Salem, memakan tomat dengan disaksikan banyak orang.


Setelah Robert memakan tomat, orang-orang Salem menyaksikan bahwa Robert tetap terlihat segar bugar. Dari situlah orang-orang Amerika Serikat mulai percaya bahwa tomat kondusif untuk dikonsumsi.


Pada awal era ke 19 tomat menjadi sangat terkenal dan digemari. Tomat menjadi salah satu tumbuhan sayur yang diproduksi dan dikonsumsi oleh masyarakat seluruh dunia. Maka dari itu tomat mempunyai nilai ekonomi tinggi dan banyak dibudidayakan di tempat- tempat yang syarat tumbuhnya mendukung.


Penyebaran tumbuhan tomat di Asia pada era ke 16 melalui pedagang Spanyol dan Portugis. Sementara itu masuknya tomat ke Indonesia diperkirakan pada tahun 1811 yang dimulai dari Philipina dan negara- negara Asia lainya. Sejak itu tomat semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan banyak di budidayakan di banyak sekali wilayah di Indonesia.


Hingga dikala ini tumbuhan tomat banyak diusahakan di dataran tinggi dan telah menyebar luas di seluruh Indonesia. Supaya sanggup mengenal tumbuhan tomat secara lebih terang maka perlu mengetahui penjabaran dan morfologi tumbuhan tomat secara lengkap. Akan tetapi sebelum mengetahui penjabaran dan morfologi tumbuhan tomat secara lengkap kita perlu tahu dulu daerah-daerah pusat tomat di Indonesia.





























































































ProvinsiKabupaten
NADAceh Utara, Bireun, Aceh Tengah, aceh Selatan, dan Aceh Besar.
Sumatera UtaraKaro, Tapanuli Selatan, Simalungun, Padang Sidempuan, dan Dairi.
Sumatera BaratAgam, Solok, dan Tanah Datar.
RiauBengkalis, Indragiri Hilir, Dumai, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu.
JambiKerinci, Tanjung Jabung Timur, Merangin, Muaro Jambi, dan Kota Jambi.
Sumatera SelatanLahat, Banyuasin, Musi Banyuasain, Palembang, Ogan Ilir, dan Muara Enim.
BengkuluRejang Lebong, Bengkulu Utara, Mukomuko, Kaur, dan Kepahiang.
LampungMetro, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Utara.
Jawa BaratGarut, Bandung, Bandung Barat, Cianjur, Sukabumi, Bogor, Tasikmalaya, Sumedang, dan Ciamis.
Jawa TengahMagelang, Temanggung, Wonosobo, Blora, Semarang, Boyolali, Rembang, dan Tegal.
DIYSleman dan Gunung Kidul.
Jawa TimurMalang, Kediri, Jember, Lumajang, Banyuwangi, Blitar, Bondowoso, dan Bojonegoro.
BantenSerang, Pandeglang, Tangerang, Lebak, dan Cilegon.
BaliTabanan, Bangli, dan Karang Asem.
NTBLombok Timur, Sumbawa, Bima, Lombok Barat, dan Lombok Tengah.
Kalimantan SelatanHulu Sungai Selatan, Tanah Laut, Tabalong, Hulu Sungai Tengah, dan Balagan.
Kalimantan TimurKutai Kertonegoro, Kota Tarakan, Berau, Nunukan, dan Panajem Pasir Utara.
Sulawesi UtaraMinahasa Selatan, Minahasa, Bolaang Mongondow, dan Kepulauan Sengihe.
Sulawesi SelatanEnrekang, Lawu Utara, Wajo, Gowa, Luwu, dan Luwu Timur.
Sulawesi TengahDonggala, Banggai, Toli-toli, Palu, Banggai Kepulauan, dan Parigi Mountong.
Sulawesi TenggaraMuna, Kolaka, Buton, Konawe Selatan, dan Konawe.

Sumber.Direktorat Jendral Hortikultura Kementrian Pertanian (2013).


Klasifikasi dan morfologi tumbuhan tomat secara lengkap.


Klasifikasi tumbuhan tomat :


Devisi                    : Spermatofita


Subdivisi              : Angiospermae


Kelas                     : Dikotiledon


Ordo                      : Solanales


Famili                    : Solanaceae


Genus                   : Lycopersicon


Spesies                 : Lycopersicon esculentum Mill. (dahulu Solanum Iycopersicum L.)


Morfologi tumbuhan tanaman tomat :


Morfologi dari tumbuhan tomat terdiri dari morfologi akar, daun, batang, bunga, dan buah. Berikut ini yaitu klarifikasi secara lengkap terkait morfologi tumbuhan tomat.



  1. Morfologi Akar


Akar yaitu potongan pokok di samping batang dan daun bagi flora yang tumbuh menuju inti bumi. Akar mempunyai fungsi utama yaitu untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya flora pada tempat hidupnya. Akar juga berfungsi untuk menghisap air dan garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah.


Pada tumbuhan tomat terdapat dua perakaran, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang dari tumbuhan tomat tumbuh menembus kedalam tanah, sedangkan akar serabutnya tumbuh ke arah samping tetapi dangkal. Dari abjad perakaran tumbuhan tomat sebaiknya tumbuhan ini ditanaman pada kondisi tanah yang gembur dan banyak mengandung unsur hara.



  1. Morfologi Daun


Daun merupakan salah satu organ flora yang tumbuh dari ranting. Daun berfungsi sebagai tempat pengolahan makanan. Dimana proses pengolahan kuliner atau yang disebut fotosintesis ini melalui daun. Daun tumbuhan tomat mempunyai bentuk oval, potongan tepinya bergerigi dan membentuk celah-celah yang menyirip agak melengkung ke dalam.


Daun tumbuhan ini merupakan daun beragam ganjil dengan jumlah 5-7 dan mempunyai warna hijau. Ukuran daun tomat, yaitu 15-30 cm dan lebar 10-25 cm, serta panjang tangkai antara 3-6 cm.



  1. Morfologi Bunga


Tanaman tomat mempunyai bunga berukuran kecil dan merupakan bunga hermaprodit dengan diameter sekitar 2 cm. Bunga berwarna kuning dan berbentuk menyerupai terompet. Kelopak bunga berjumlah 5 buah dengan warna hijau berbentuk meruncing yang terdapat pada pangkal bunga.


Bunga tomat mempunyai tangkai yang pendek dan mahkotanya berbentuk bintang berjumlah 6. Benang sari mengelilingi putik bunga dengan jumlah 6 buah. Letak bunga menggantung dan tumbuh dari batang yang masih muda.



  1. Morfologi batang


Tanaman tomat mempunyai batang yang unik, yaitu dengan bentuk segi empat hingga bulat. Batang tumbuhan ini mempunyai struktur yang lunak, akan tetapi sanggup dapat dikatakan besar lengan berkuasa sebab bisa menopang seluruh buahnya walapun dengan pemberian ajir. Batang tomat mempunyai bulu- bulu halus dan diantara bulu-bulu terdapat kelenjar.


Batang tersebut berwarna hijau mempunyai ruas yang tebal dan potongan bawah tumbuh ruas akar yang pendek. Selain itu batang tumbuhan ini bercabang banyak, apabila tidak dilakukan pemangkasan maka tidak akan beraturan.



  1. Morfologi Buah


Buah tomat mempunyai bentuk yang bervariasi terantung dari varietasnya. Macam- macam bentuk buah tomat antara lain, bulat, agak bulat, agak lonjong, lingkaran telur, dan persegi. Selain itu, buah tomat juga mempunyai ukuran bervariasi yang diukur dengan beratnya. Ukuran buah tomat mulai dari yang kecil yaitu dengan berat sekitar 8 gram hingga dengan yang besar sekitar 180 gram.


Warna dari buah tomat bermacam- macam, antara lain merah, belang- belang kemerahan, kekuningan, dan hijau muda. Buah tomat mempunyai selaput kulit yang tipis dan halus serta sanggup dikelupas sehabis buah masak.


Buah ini mempunyai cita rasa asam dan manis sehingga cocok untuk sajian kuliner ataupun minuman. Pada potongan dalam buah tomat terdapat banyak biji berukuran kecil. Biji tersebut berwarna putih kekuning-kuningan tersusun secara berkelompok yang dibatasi oleh daging buah.


Buah tomat mengandung banyak air dan apabila dibelah akan terdapat lendir-lendir dari daging tomat tersebut. Daging buah lunak agak keras dan apabila sudah matang kandungan airnya akan semakin banyak.


Klasifikasi dan morfologi tumbuhan tomat secara lengkap


Tomat (Lycopersicon esculentum Mill), termasuk flora dari ordo solanales dan famili Solanaceae. Morfologi dari tumbuhan tomat terdiri dari morfologi akar, daun, batang, bunga, dan buah.


Demikian artikel wacana penjabaran dan morfologi tumbuhan tomat secara lengkap, biar menjadi sumber bagi anda yang sedang mencari warta berkaitan dengan penjabaran dan morfologi tumbuhan tomat.


Follow juga Facebook saya di Facebook


 Baca juga : Morfologi Lengkap dan Klasifikasi Tanaman Kentang (Solanum Tuberosum L.)



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Klasifikasi Dan Morfologi Flora Tomat Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel