iklan

Manfaat Berjalan Kaki

Olahraga jalan kaki lebih baik dilakukan di pagi hari, di ketika udara masih segar dan higienis dari polusi. Namun banyak di antara kita yang enggan untuk melakukannya dengan alasan mengantuk dan dingin, dan lebih menentukan tidur.

Berjalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita, alasannya yaitu dengan berjalan kaki kita akan menjadi lebih bugar dan sehat. Berjalan kaki bagi sebagian orang mungkin melelahkan, tetapi bagi kebanyakan orang justru sangat digemari, alasannya yaitu berjalan kaki secara rutin dan kontinyu bisa mencegah aneka macam macam penyakit berbahaya dalam tubuh kita.

Di bawah ini ada beberapa manfaat dari olah raga berjalan kaki di pagi hari bagi kesehatan, 
yaitu :
1.       Mencegah Osteoporosis
Dengan berjalan kaki di pagi hari bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dalam tubuh kita. Karena untuk menjaga kesehatan tulang tidak hanya diharapkan kalsium dan vitamin D saja, tetapi juga gerakan tubuh secara menyeluruh menyerupai jalan kaki setidaknya 10.000 langkah setiap hari dan terkena sinar matahari pagi sekitar 15 menit sehari. Jika kita lakukan ini secara rutin dan kontinyu, maka tulang kita akan lebih usang bertahan dari ancaman osteoporosis.

2.       Membantu Menurunkan Berat Badan
Berat tubuh yang berlebihan bisa jadi yaitu momok bagi sebagian besar orang, alasannya yaitu selain mengurangi penampilan seseorang, berat tubuh yang berlebihan juga sangat berpotensi terserang penyakit-penyakit mematikan menyerupai kolesterol dan jantung. Bagi kita yang mempunyai duduk masalah dengan obesitas, olahraga dengan berjalan kaki di pagi hari yaitu solusi terbaik. Ya, berjalan kaki di pagi hari secara rutin dan kontinyu sanggup membakar kalori dalam tubuh kita alasannya yaitu semua otot tubuh bergerak. Pembakaran kalori tersebut akan lebih efektif lagi kalau kita berjalan dengan cepat. Kaprikornus mulailah berdiri pagi dan jalan kaki secara rutin dan kontiniu.

3.       Mencegah Serangan Jantung
Serangan jantung yaitu salah satu donatur terbesar penyebab ajal manusia. Jika jantung berhenti maka kehidupan orang tersebut akan berhenti pula. Begitu berbahayanya penyakit jantung menciptakan sebagian orang rela melaksanakan apa saja untuk mengobatinya. Nah, bagi kita yang ingin mempunyai jantung sehat maka berjalan kakilah setiap pagi secara rutin dan kontinyu. Berjalan kaki secara cepat bisa mencegah penyakit jantung yang sangat mematikan tersebut. Berjalan kaki secara cepat akan memperderas pedoman darah ke dalam koroner jantung, dan ini sangat baik bagi kinerja jantung alasannya yaitu otot jantung membutuhkan pedoman darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) semoga bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Dengan kondisi menyerupai ini maka oksigen yang diharapkan jantung akan tercukupi dan menjaga jantung tetap bekerja secara normal. Sehingga serangan jantung sanggup kita hindari.

 Olahraga jalan kaki lebih baik dilakukan di pagi hari MANFAAT BERJALAN KAKI


4.       Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol
Dengan berjalan kaki secara cepat akan menciptakan tekanan darah kita menjadi rendah dan mengurangi perlengketan antar sel darah yang bisa menjadikan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Berjalan kaki juga bisa menurunkan kolesterol, alasannya yaitu ketika tubuh bergerak (berjalan kaki) maka kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat.

5.       Mencegah Diabetes (Kencing Manis)
Kencing anggun (diabetes) tipe 2 biasanya diderita oleh orang yang gemuk. Nah, untuk menjaga semoga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil kita bisa melaksanakan jalan kaki setiap pagi secara rutin dan kontinyu. Menggerakkan tubuh secara rutin dan kontinyu terbukti bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Berjalan kaki yang dinyatakan bisa mencegah diabetes yaitu dengan kecepatan 6 km/jam dan dilakukan selama 50 menit. (Study dari National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases).

6.       Mencegah Stroke
Pernahkah kita berpikir bahwa orang-orang zaman dulu lebih sedikit terserang stroke? Di antara beberapa faktornya yaitu masakan dan referensi hidup mereka yang berbeda dengan ketika ini. Mereka (di zaman dahulu) hampir selalu berjalan kaki untuk bepergian kemana-mana alasannya yaitu alat transportasi belum ada, maka tubuh mereka lebih bugar dan terhindar dari penyakit stroke. Studi terbaru menyatakan bahwa berjalan kaki 20 jam dalam seminggu bisa menurunkan risiko serangan stroke sebanyak 2/3.

7.       Menjaga Kebugaran dan Kekebalan Tubuh
Berjalan kaki juga bermanfaat untuk menjaga semoga tubuh selalu sehat dan bugar, dan mempunyai kekebalan yang lebih baik dari pada orang yang sedikit melaksanakan gerakan (jalan kaki). Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan. Dengan kondisi tubuh yang fit / bugar maka akan berbanding lurus dengan meningkatnya kekebalan tubuh.

8.       Menghilangkan Stres / Depresi
Berjalan sanggup membantu kita mengurangi stres alasannya yaitu duduk masalah yang kita hadapi. Selama berjalan, rasa kekhawatiran kita perihal kehidupan sehari-hari akan berkurang alasannya yaitu otak melepaskan endorfin. Hormon endorfin yaitu senyawa kimia yang menciptakan seseorang merasa senang. Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di pecahan bawah otak. Hormon ini bertindak menyerupai morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine bisa mengakibatkan perasaan bahagia dan nyaman sampai menciptakan seseorang berenergi.

9.       Mencegah Pikun
Demensia atau sering disebut pikun merupakan kondisi penurunan kinerja otak, terutama daya ingat otak. Dengan acara fisik menyerupai berjalan sejauh 6 mil tiap ahad akan menjaga fungsi otak, serta menurunkan risiko demensia sebesar 40 persen. Tentunya, acara ini dilakukan secara rutin tiap hari. Bahkan, kalau anda benar-benar konsisten melaksanakan olahraga ini, sanggup mencegah penyusutan otak dan memulihkan daya ingat terhadap kenangan beberapa tahun silam. Selain olahraga, sebaiknya mengkonsumsi masakan untuk meningkatkan daya ingat otak.

Dan masih banyak manfaat lainnya yang akan kita dapatkan dari olahraga berjalan kaki di pagi hari. Di balik caranya yang gampang dan biaya yang ringan, jalan kaki berperan penting dalam menjaga kesehatan organ-organ vital kita sehingga kita menjadi eksklusif yang sehat, baik jasmani maupun rohani.



Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Manfaat Berjalan Kaki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel