iklan

Mengulas Tuntas Peluang Perjuangan Kursus Komputer

Mengulas Tuntas Peluang Usaha Kursus Komputer, topik ini menarik dan terkait dengan produk yang kami buat yaitu modul komputer yang beberapa diantaranya dibentuk khusus untuk kebutuhan kursus komputer. Dengan membaca artikel ini anda akan mendapat beberapa gosip penting terkait prospek dan manajemen pengelolaan forum kursus komputer. Penting kiranya bagi anda yang berencana membuka perjuangan kursus komputer untuk meluangkan waktu sejenak membaca hingga selesai artikel ini.


Peluang perjuangan kursus komputer hingga ketika ini masih mempunyai prospek bisnis yang cukup anggun dan profitable. Sekalipun tidak sebagus lima atau sepuluh tahun kebelakang, tetapi provit dari perjuangan jasa kursus komputer masih sanggup menjadi kran pengisi rekening keuangan yang sanggup diandalkan. Kebutuhan akan penguasaan aplikasi komputer dengan sistem berguru yang fleksibel menjadi alasan untuk menentukan forum kursus komputer sebagai tempat berguru yang nyaman, terutama bagi mereka yang sudah bekerja.


Mengulas Tuntas Peluang Usaha Kursus Komputer Mengulas Tuntas Peluang Usaha Kursus Komputer

Berikut ulasan lengkap ihwal peluang perjuangan kursus komputer….


Usaha Kursus Komputer


Sebelum membahas hal yang lebih teknis dan ditail mengenai peluang perjuangan kursus komputer ini, sebelumnya pahami dahulu prihal definisi perjuangan kursus komputer.


Sebagaimana kita pahami bahwa kursus termasuk kedalam jenis pendidikan non formal, secara pengurusan dan kelembagaan kursus dibawah satuan pendidikan non formal (PNF) Dinas Pendidikan sub dinas pendiidan pendidikan luar sekolah (PLS). Karenanya ada syarat dan ketentuan yang harus di patuhi pengelola kursus. Sekalipun sama-sama merupakan satuan pendidikan, kursus berbeda dengan sekolah terutama dalam hal waktu belajar, dimana waktu belajarnya lebih singkat.


Lembaga kursus termasuk jenis perusahaan sosial (social corporate) dibawah kelembagaan yang berjulukan Yayasan, sanggup disebut juga perusahaan Yayasan, sanggup juga disebut perusahaan kursus. Dengan produk berupa jasa / layanan pelatihan. Karena kursus termasuk kedalam bentuk perusahaan maka pengelolaanya harus dilakukan secara profesional untuk mencapai sasaran visi dan misinya. Untuk sanggup mengelola secara profesional maka diharapkan SDM yang profesional pula.


Kepada forum Kursus dilakukan penjaminan mutu oleh dinas terkait berupa evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi, ini mengacu pada undang-undang nomor 20 tahun 2003 ihwal sistem pendidikan nasional. Evaluasi dan Akreditasi dilakukan terhadap forum kursus dan pelatihannya, untuk sertifikasi dilakukan kepada SDM yang meiliputi pengelola, pendidik, dan penerima didiknya. Evaluasi dilakukan oleh pemerintah berupa penilaian kinerja, legalisasi untuk mengukur kelayakan yang dilakukan oleh Ban-PNF, dan sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikikasi Kompetensi yang di bentuk oleh asosiasi profesi dan ditetapkan oleh pemerintah, menyerupai Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK).


Melihat beberapa hal diatas, maka siapapun anda yang berencana menciptakan forum kursus komputer harus mempersiapkan matang-matang sistem pengelolaanya selain modal asset dan keuangan tentunya.


Cara Mendirikan Kursus Komputer


Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika seseorang ingin mendirikan perjuangan kursus komputer. Apa saja itu?


Yang pertama, apakah anda akan mendirikan perjuangan kursus secara perseorangan (sendirian), atau berkongsi dengan orang lain (bekerjasama)? Karena intinya ketika hendak memulai mendirikan forum kursus, sama pula ketika hendak mendirikan perjuangan lainnya yaitu akan mengelolanya sendiri atau berafiliasi denga orang lain. Selalu ada asumsi untung ruginya apabila melaksanakan sesuatu secara sendiri atau berafiliasi dengan seseorang, ini perlu dipikirkan matang-matang.


Yang kedua, mengurus perizinan. Karena forum kursus termasuk dalam satuan pendidikan non formal yang penyelenggaraanya diatur Undang-Undang, maka penyelenggara kursus wajib mengurus perizinan ke ke instansi yang berwenang dalam hal ini Dinas Pendidikan. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penyelenggara perjuangan kursus komputer, yaitu:



  • 1. Mengisi formulir yang telah disediakan instansi berwenang (dulu sukudinas dikmenti kotamadya)

  • 2. Melampirkan foto copy sertifikat notaries yayasan

  • 3. Melampirkan foto copy KTP baik pemilik/penyelenggara

  • 4. Melampirkan foto copy ijazah pemilik/penyelenggara, dan pelatih pengajarnya

  • 5. Melampirkan Daftar Riawayat Hidup Pemilik/Penyelenggara

  • 6. Melampirkan surat keterangan kelakukan baik penyelenggara kursus dari Kepolisian.

  • 7. Melampirkan kurikulum kursus

  • 8. Melampirkan tata tertib / peraturan forum kursus

  • 9. Melampirkan denah/peta lokasi kursus

  • 10. Melampirkan pasfoto pengelenggara dan pelatih ukuran 4 X 6 ( dulu masing-masing sebanyak lima lembar)

  • 11. Melampirkan Surat Rekomendasi dari DPC HIPKI

  • 12. Melampirkan materai Rp. 6.000 sebanyak 1 (satu) buah)

  • 13. Melampirkan surat keterangan domisili perjuangan dari kecamatan


Hal-hal apa saja yang berkaitan dengan proses mendirikan kursus komputer, silahkan baca pada goresan pena panduan cara mendirikan kursus komputer lebih lengkap.


Prospek Kursus Komputer


Prospek kursus komputer hingga ketika ini masih sangat menjanjikan. Sekalipun penguasaan aplikasi komputer banyak diajarkan di sekolah-sekolah formal, akan tetapi kebutuhan menguasai aplikasi tertentu dengan durasi waktu berguru lebih singkat dan jam berguru yang lebih flexibel menyebabkan forum kursus komputer tetap dicari banyak orang.


Berikut beberapa alasan mengapa forum kursus komputer masih terus diminati?


1). Durasi berguru lebih singkat, rata-rata durasi 8 kali pertemuan per paket kursus

2). Waktu berguru lebih flexibel, sanggup diadaptasi dengan kesibukan masing-masing

3). Biaya yang relatif lebih murah dibanding dengan sekolah formal

4). Langsung praktik aplikasi, tidak muter-muter dengan teori terlebih dahulu menyerupai acara berguru di sekolah formal

5). Sertifikat kursus sangat mempunyai kegunaan untuk kebutuhan portofolio

6). Proses berguru lebih rileks, santai, nyaman

7). Mendapat bimbingan intensip dari pelatih yang cara mengajarnya lebih menyenangkan biasanya

8). Pasti lulus, kalaupun pada ketika ujian belum bisa, biasanya penerima kursus sanggup berguru beberapa kali pertemuan dan ujian berikutnya dengan gratis

9). Dihilangkannya mata pelajaran TIK di sekolah non kejuruan menyebabkan forum kursus komputer menjadi alternatif berguru TIK bagi siswa siswi sekolah non kejuruan tersebut


Dan banyak lagi hal-hal lainnya yang menciptakan forum kursus komputer tetap banyak peminatnya.


Dengan melihat alasan-alasan diatas, maka kehadiran forum kursus komputer tetap prospektif dan provitable. Dibeberapa artikel ihwal kursus komputer yang sudah saya tulis di web ini, saya sering menulis, kehadiran kursus komputer masih akan terus diharapkan 10 – 20 tahun kedepan, atau sanggup selalu diharapkan alasannya perkembangan aplikasi komputer terus berkembang dan orang-orang harus mempelajari kembali aplikasi komputer terbaru tersebut, dan forum kursus komputer menjadi alternatif untuk berguru yang memudahkan.


Jadi kalau anda berencana akan menciptakan forum kursus komputer, pilihan anda sudah sempurna dan sanggup pribadi memantapkan hati untuk segera mengurus aneka macam persyaratan administrasinya.


Prakiraan Modal Usaha Kursus Komputer


Bicara usaha, bicara pula modal usaha, begitupun ketika hendak mendirikan perjuangan kursus komputer, maka perhitungkanlah nominal anggaran untuk persiapan modal perjuangan tersebut.


Untuk modal mendirikan forum kursus komputer, persiapkan beberapa item modal sebagai berikut:


1). Biaya pengurusan sertifikat notaris, hingga goresan pena ini dibentuk biaya untuk pengurusan sertifikat notaris yayasan tersebut kurang lebih 6 jutaan, tiap tempat / kota pastinya berbeda harga sanggup lebih murah sanggup pula lebih mahal, tapi untuk jaga-jaga siapkan saja sekitar 6 jutaan. Dan sebaiknya tanya-tanya dulu kepada orang-orang yang sudah pernah mengurus sertifikat notaris yayasan di tempat anda.


2). Biaya sewa gedung, kalau anda sudah mempunyai gedung, maka anggaran ini sanggup dilewatkan. Untuk sewa gedung harganya relatif sesuai dengan luas bangunan, strategis tempat, dan nilai jual di tempat tersebut. Usahakan menentukan gedung dengan harga yang terjangkau tetapi posisi gedung strategis, atau bila tidak menemukan gedung dengan harga yang terjangkau anda sanggup memaksakan menyewa gedung yang ekspensive tapi posisinya benar-benar strategis. Siapkan dana untuk sewa satu tahun sekitar 10 jutaan.


3). Biaya pembelian komputer. Untuk awal-awal beli sekitar 5 unit komputer terlebih dahulu dengan spesifikasi standar untuk pengetikan. Dengan spek menyerupai itu asumsi harga ketika ini, untuk 5 unit komputer, sekitar 12,5 jutaan bahkan sanggup lebih kecil lagi. Tapi kedepannya, bila jadwal kursusnya sudah ke kursus disain grafis harus disiapkan spek komputer yang lebih tinggi lagi.


4). Mebeuler menyerupai meja dan bangku, lemari arsip, whiteboard dan lainnya. Meja komputer plus kursi sebanyak 5 buah (cari yang murah dulu) sekitar 2 jutaan, masih ada loh harga meja komputer yang dibawah 300an. Meja pendaftaran, lemari arsip dan whiteboard kecil kurang lebih 1 jutaan. Kaprikornus totoal semuanya untuk mebeuler sekitar 3 jutaan.


5). Modul komputer untuk penerima kursus belajar, silahkan buat modul sesuai jadwal kursus, kalau tidak sempat membuatnya anda sanggup membeli modul kursus komputer tersebut kemudian perbanyak, siapkan secukupnya, untuk pertamakali buka siapkan sekitar 6 modul komputer. Untuk modul ini siapkan biaya sekitar 400 ribuan (beli softcopy dan memperbanyak).


6). Honor pelatih dan karyawan untuk prepare 6 bulan kedepan. Kalau anda tidak punya kesibukan lain dan sanggup mengajar dan menglola manajemen sendiri maka untuk sementara tidak perlu memakai orang lain. Jika tidak sanggup maka harus memakai orang lain, cukup satu orang dulu. Untuk gaji biasanya dihitung sesuai jumlah tatap muka. Estimasi saja, satu kali pertemuan hoornya berapa? Untuk estimasi gaji siapkan dana kondusif untuk 6 bulan kedepan sekitar 6 jutaan.


8). Biaya promosi. Ingat ya promosi itu penting. Orang tidak akan mengetahui forum kursus anda kalau tidak melalui promosi. Cara promosi macem-macem, sanggup tiba ke sekolah-sekolah, sanggup door to door menyebar brosur ke rumah-rumah warga, atau dengan memasang spanduk di keramaian, atau memakai iklan digital menyerupai facebook dan instagram. Prepare saja biaya untuk promosi tersebut sekitar 2 jutaan ( untuk pembuatan brosur, spanduk, dan proses promosinya).


Kira-kira 8 item itu yang harus disiapkan modalnya. Kalau dihitung-hitung sekitar 32.400.000. Besar ya? Ingat ya itu cuma perhitungan bernafsu dan prakiraan.


Pada kenyataanya anda sanggup lebih menghematnya hingga 50%, dan biaya-biaya tersebut sanggup anda bayar ketika kursus sudah berjalan jadi beban modal sanggup dibayarkan melalui uang masuk penerima kursus.


Mencari proteksi Modal perjuangan untuk membuka kursus komputer


Jika anda mempunyai semangat tinggi dan niat yang berpengaruh untuk profesioanl dibidang perjuangan kursus komputer, sementara modal anda terbatas, jangan khawatir selalu ada jalan untuk mendapat modal tersebut.


Bagaimana caranya?


Yaitu dengan mencari proteksi modal usaha, anda sudah tahu tentunya untuk hal ini. Ada banyak cara untuk sanggup mendapat proteksi modal usaha.


Salah satu yang sanggup dan umum dilakukan adalah, mencari proteksi ke Bank. Di beberapa Bank sudah ada jadwal untuk UMKM dan untuk orang-orang yang hendak memulai perjuangan baru.


Biasanya prosesnya tidak terlalu susah asala persyaratannya lengkap dan sesuai kriteria verifikasi bank maka danapun sanggup anda peroleh dalam waktu tidak terlalu lama. Salah satu persayaratannya memang harus mempunyai agunan berupa SPPT tanah, tapi ada juga proteksi tanpa agunan dengan tenor pengembalian yang lebih pendek dan bunga yang lebih tinggi.


Selain proteksi ke Bank, anda juga sanggup mencoba alternatif lain menyerupai menggadaikan aset, meminjam kepada saudara atau sobat erat anda. Atau juga meminjam ke perusahaan tempat anda bekerja ketika ini.


Kesimpulan


Sebenarnya goresan pena ini belum tuntas tidak menyerupai judulnya Mengulas Tuntas Peluang Usaha Kursus Komputer, alasannya masih ada sub bahasan yang harus dilengkapi lagi menyerupai bagaimana menyususn RAB forum kursus, menyusun kurikulum kursus, menciptakan anjuran perjuangan kursus dan lain sebagainya. Tapi kalau dilengkapi semuanya pada goresan pena ini akan terlalu panjang, untuk sub bahasan lainnya saya akan pisahkan pada topik khusus tadi, contohnya topik khusus menciptakan kurikulum kursus komputer.


Sampai pada satu kesimpulan, bahwa peluang perjuangan kursus komputer masih terbuka lebar dan provitable. Artinya perjuangan dibidang ini masih sangat menguntungkan, dan pasarnya selalu ada, tidak musiman menyerupai jenis perjuangan telekomunikasi lainnya contohnya warnet, atau wartel dulu. Aplikasi komputer terus berkembang, dan orang-rang harus terus berguru aplikasi-aplikasi terbaru, sementara waktu berguru tidak selamanya sanggup formal, maka kehadiran forum kursus komputer akan selalu dibutuhkan.


Artikel ditulis oleh Mulyadi Tenjo

Guru produktif Multimedia di Sekolah Menengah kejuruan Nida El-Adabi, Bogor



Sumber https://modulkomputer.com

0 Response to "Mengulas Tuntas Peluang Perjuangan Kursus Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel