iklan

Modern Analytical Chemistry Int’L Ed. (David T. Harvey)

Untuk Analytical Chemistry, top pick saya yaitu Harvey. Banyak sih sahabat saya yang merekomendasi Skoog, tetapi saya sudah terlanjur “jatuh cinta” dengan buku ini hehe…

Dari segi penampilan, berdasarkan saya buku ini fair. Tulisannya bagus, gambar-gambarnya juga banyak. Sayangnya, kelemahan terbesarnya yaitu buku ini hanya berwarna hitam putih, terkadang mungkin agak menjenuhkan.

Dari segi isi, sesuai dengan judulnya “Modern Analytical Chemistry”, buku ini cenderung berisi wacana kimia analisis yang sudah modern, dengan mesin ataupun dengan alat-alat yang sudah canggih. Bab yang perlu dibaca untuk Olimpiade hanya penggalan 6, 7 simpulan (ekstraksi), 8, 9, dan 11 saja, sisanya silahkan dilewati tidak masalah.

Rekomendasi Bab di Harvey yang Perlu Dibaca

Bab 6 yaitu wacana kesetimbangan yang ditinjau dari segi analitik. Nah, penggalan 6 ini lah yang memperkenalkan pada kita persamaan “Mass Balance” atau kesetimbangan massa dan “Charge Balance” atau kesetimbangan muatan, yang anak olimpiade biasa sebut “mbcb”, yang jarang dijumpai di buku lain. Sangat recommended sekali. Metode “mbcb”, berdasarkan saya, yaitu cara mengerjakan kesetimbangan yang paling benar dan akurat. Banyak soal OSN dan Pelatnas yang membutuhkan kemampuan tinggi dalam hal MBCB. Bab 7 simpulan yaitu mengenai ekstraksi cair-cair yang bekerjasama dengan kesetimbangan.

Bab 8 membahas segala sesuatu mengenai gravimetri (pengukuran dengan massa), contohnya pengendapan. Mengutip perkataan salah satu dosen Pelatnas dari departemen Kimia Analitik ITB berinisial HR:

Lah ini mah stoikiometri doang

Silahkan anda tebak sendiri siapa dosen tersebut 😀

Bab 9 membahas mengenai titrimetri. Ini yaitu salah satu penggalan terbaik dari Harvey disamping penggalan 6. Di penggalan ini dijelaskan secara apik sekali mengenai banyak hal wacana titrasi, contohnya cara menggambar kurva yang baik, dijelaskan pula teori-teori titrasi kompleksometri. Bab 11 membahas mengenai macam-macam metode analisis yang memanfaatkan redoks dan elektrokimia. Alternatif untuk Harvey sendiri berdasarkan rekomendasi teman-teman yaitu Fundamentals of Analytical Chemistry oleh Skoog.

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "Modern Analytical Chemistry Int’L Ed. (David T. Harvey)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel