iklan

Organic Chemistry 12Th Ed. (Solomons)

Selain Fessenden dan Clayden, salah satu pilihan terbaik untuk buku organik yakni Solomons. Beberapa sahabat aku bahkan punya buku cetaknya, yang dijual di beberapa toko buku tertentu, dengan harga yang fairly terjangkau… sekitaran 400 – 600 ribu untuk buku sekelas Internasional. Silahkan mencari isu dari teman-teman mengenai toko yang menjual, atau tanyakan di Forum Olimpiade Sains Nasional. Sama ibarat Clayden, tebal buku ini diatas 1200 halaman. Buku ini membagi bab-babnya berdasarkan gugus fungsi, sama ibarat Fessenden.

Mengapa aku merekomendasi Solomons, padahal tidak baca?

However, dari segi penampilan buku ini juga bagus, colorful, jauh lebih elok dari Fessenden :)) Meskipun aku sendiri tidak menggunakan buku ini, banyak teman-teman aku yang merekomendasi buku ini di samping Clayden. Saya sendiri sudah buka-buka, dan wow!! Memang sangat colorful, tidak heran banyak yang suka. Untuk isi secara keseluruhan aku lihat-lihat, susunannya memang agak “tradisional” dengan menyelipkan spektroskopi di bab-bab awal. Bab-bab awal untuk reaksi dimulai dari alkil halida. Yang cukup unik, jarak belahan alkil halida dengan benzena dan karbonil agak cukup jauh.

Hal yang terbaik dari Solomons adalah, anda mungkin tidak perlu membuka buku Biokimia untuk Pelatnas. Sebagian besar bahan esensial biokimia untuk pelatnas ada di Solomons!! Kalian tidak perlu lagi mendengar bisikan-bisikan untuk membaca buku biokimia yang agak kurang terperinci itu hehehe… Saya kagum… Andai aku dulu baca Solomons juga niscaya nilai biokim aku tidak ancur-ancuran :”) Materi yang sering keluar ibarat DNA, sintesis protein, struktur-struktur protein, dan reaksi-reaksi gula ada di Solomons. Buatku, really unexpected.

Materi yang mungkin menurutku sangat kurang dijamah yakni untuk reaksi-reaksi perisiklik dan elektrosiklik, yang melibatkan Frontier Molecular Orbital Theory. Ada, tapi sedikit sekali dibandingkan 3 belahan yang ada di Clayden + belahan pembuka di awal-awal. Seperti yang kebanyakan imba bilang, orang ini misalnya, mengkombinasikan beberapa buku demi mencapai segala pengetahuan merupakan hal yang cukup baik.

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "Organic Chemistry 12Th Ed. (Solomons)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel