iklan

Organic Chemistry 2Nd Ed. (Clayden)

Buku Kimia Organik Clayden ini ialah terang yang top pick dan buku paling favorit saya!! Untuk problem buku organik untuk olimpiade, berdasarkan saya, Clayden ialah yang terdepan dan paling terpercaya. Mari kita lihat balasan to the point salah satu legend IChO yaitu kak Fahmi:

Buku Kimia Organik Clayden ini ialah terang yang  Organic Chemistry 2nd ed. (Clayden)

Singkat, padat, dan sangat terang bukan? Ya lantaran memang sih tidak salah lagi, Clayden ini yang terlengkap di sisi prosedur reaksi. Inilah perbedaan yang kentara dikala kita membaca Clayden dengan buku Organik lainnya. Buku ini ialah buku kimia organik yang mechanism-oriented. Di halaman depannya pun (pengantar) dengan gamblang dijelaskan apabila memang pendekatan (approach) yang dipakai buku ini agak berbeda dengan buku-buku “tradisional” lainnya.

Why Clayden?

Dari sisi penampilan, buku ini benar-benar sangat colorful, pokoknya niscaya akan jarang mata jenuh membaca alasannya ialah warna-warnanya sangat banyak. Hal ini sangat tidak aku dapatkan dikala membaca buku cetak Fessenden. Font yang dipakai pun berdasarkan aku sangat menarik dan merangsang, tidak pasaran. Terkadang, bahasa yang dipakai pun mengandung humor dan gaul.

Selain mengedepankan mekanisme, hal lain yang dikedepankan ialah spektroskopi. Agak asing memang, tapi belahan awal di buku ini salah satunya ialah spektroskopi (bab 3 lebih tepatnya). Di sepanjang buku, juga banyak membahas perihal spektroskopi sebagai bukti dari mekanisme. Hal ini baik lantaran memang spektroskopi ialah belahan dari modernisme dan soal IChO sudah banyak yang bertema spektroskopi. Salah satu keunikan lainnya adalah, buku ini juga dimulai dari belahan karbonil, bukan stereokimia atau alkil halida (E1/E2/SN1/SN2). Yang agak aneh, unik, tapi luar biasa ialah pembahasan Clayden mengenai asam-basa (bab 8)! Clayden mendedikasikan 1 belahan khusus untuk membahas hal yang mendasar yang mungkin tidak banyak kita temukan di buku lain, dan bahkan malah lebih lengkap dari beberapa buku kimia dasar.

Kekurangan buku ini adalah, lantaran memang aneka macam menanamkan mekanisme, ada hal-hal yang hilang yang sanggup kita temukan di buku lain. Buku lain cenderung membahas 1 gugus fungsi kemudian memberi aneka macam reaksi, sedangkan buku ini cenderung cepat memberi prosedur dan contoh-contoh. Dari sisi pemahaman kita sanggup banyak dari buku ini, tetapi kadang dikala diuji dengan soal hafalan, kita nge-blank, tidak sanggup apa-apa.

Bukunya ketebalan, jenuh?

Setelah membaca Clayden, percaya deh yang tertanam di otak bukanlah hapalan dan sesuatu yang gampang dilupakan, melainkan konsep yang akan terus selalu diingat. Saya sendiri adakala jikalau jenuh hanya skimming, tetapi lebih banyak masuk daripada baca buku lain. Dicoba saja dulu 😀

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.

Note: versi resmi ini lebih sedikit halamannya dan tidak selengkap ‘versi tidak resmi’ nya. Versi tidak resminya yang jauh lebih lengkap, tapi tidak ada bookmarks nya.

 

Buku Kimia Organik Clayden ini ialah terang yang  Organic Chemistry 2nd ed. (Clayden)

Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "Organic Chemistry 2Nd Ed. (Clayden)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel