iklan

Panduan Sederhana Cara Menciptakan Sangkar Kelinci Yang Baik

Setelah sebelumnya kami membahas tips cara ternak kelinci dan teknik pembuatan pakan kelinci,  kali ini kami akan menunjukkan tips cara menciptakan sangkar kelinci yang baik itu ibarat apa. Seperti yang Anda ketahui bahwa untuk memelihara kelinci sangkar yakni salah satu faktor penting lainnya.


Ukuran sangkar kelinci sangat beragam, tergantung tujuan Anda untuk memelihara kelinci. Apakah hanya sebagai binatang peliharaan atau binatang ternak. Jika hanya sebagai binatang peliharaan, maka cara menciptakan sangkar kelinci sanggup Anda lakukan secara sederhana. Cukup dengan ukuran kecil saja atau biasa disebut sebagai sangkar minimalis. Dengan menciptakan sangkar minimalis Anda tidak perlu repot. Anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Cukup Anda letakkan disekitar rumah untuk penempatan kandang.


  kali ini kami akan menunjukkan tips cara menciptakan sangkar kelinci yang baik itu ibarat ap Panduan Sederhana Cara Membuat Kandang Kelinci Yang Baik
cara menciptakan sangkar kelinci sederhana

Beda kalau Anda ingin memelihara kelinci sebagai binatang ternak. Pasti Anda membutuhkan sangkar yang besar dan lebih luas dan membutuhkan halaman yang luas pula. Pastikan dalam menciptakan kandang  kelinci untuk ternak mempunyai spesifikasi sesuai dengan yang direkomendasikan oleh ahlinya, sehingga Anda akan dipermudahkan ketika merawat kelinci. Berikut ini yakni beberapa jenis sangkar dan cara menciptakan sangkar kelinci yang sesuai dengan tujuannya. Semoga sanggup menyebabkan pandangan / wangsit bagi Anda semua .


Mengenal Jenis Kandang dan Cara Membuat Kandang Kelinci


Cara menciptakan sangkar kelinci yang ideal harus lah disesuikan dengan tujuan dari perjuangan ternak kelinci. Secara kategori umum ada tiga jenis sangkar kelinci yaitu sebagai berikut :


1. Kandang kelinci ternak.


Umumnya sangkar yang digunakan untuk kelinci ternak yakni sangkar dengan ukuran besar. Cara menciptakan sangkar kelinci untuk binatang ternak umumnya sangat rumit. Karena dibentuk dengan ukuran besar, dan luas. Biasanya sangkar dibentuk dihalaman luas. Dan memerlukan bahan-bahan yang sangat lengkap. Nanti kita akan bahas lebih lanjut di paragraph selanjutnya. Bagaimana tahapan-tahapan cara menciptakan sangkar kelinci secara detail.


2. Kandang kelinci minimalis


Kandang ini sering digunakan untuk kelinci hias atau kelinci peliharaan. Kelebihan dari sangkar minimalis ini yakni sangat praktis, Anda sangat gampang dalam membersihkan kotoran kelinci. Untuk model sangkar minimalis sangat terbatas dalam menampung binatang kelinci Anda. Maksimal hanya dua ekor saja.


3. Kandang kelinci sebagai hiasan pekarangan rumah.


Kandang  kelinci biasanya terletak di halaman depan atau halaman belakang rumah Anda. Kandang ini biasanya dibangun selain untuk kandang, juga digunakan untuk hiasan rumah Anda. Sehingga halaman rumah Anda terlihat sangat sedap dipandang mata. Bentuk sangkar ini biasanya sangat simple. Kombinasi antara kayu dan kawat berbentuk jaring-jaring


Dari banyak sekali jenis sangkar diatas, kami akan memfokuskan untuk bagaimana cara menciptakan sangkar kelinci ternak. Untuk sangkar minimalis Anda sangat gampang dapatkan dipetshop terdekat.


Cara Membuat Kandang Kelinci Bagi Pemula


Cara menciptakan sangkar kelinci untuk ternak. Ini sangat gampang dilakukan. Sebelum Anda membeli kelinci untuk diternakkan alangkah baiknya mempersiapkan dulu sangkar dan faktor penunjang lainnya. Untuk menghemat biaya pembuatan, bekerjsama Anda sanggup menggunakan kayu ataupun bambu bekas. Intinya yakni ukuran sangkar dan banyaknya ruang di sangkar dipengaruhi oleh berapa banyak jumlah ternak kelinci yang akan Anda pelihara.


  kali ini kami akan menunjukkan tips cara menciptakan sangkar kelinci yang baik itu ibarat ap Panduan Sederhana Cara Membuat Kandang Kelinci Yang Baik
cara menciptakan sangkar kelinci

Sebagai patokan dasar spesifikasi cara menciptakan sangkar kelinci yang baik yakni dalam satu ruangan. Misal pola dengan ukuran p x l x t = 90 x 60 x 60 cm, maka cara menciptakan sangkar kelinci tersebut sanggup diisi dengan dua ekor aja. Nah kalau Anda ingin memelihara kelinci dengan jumlah banyak, maka tambahkan saja ukuran serta ruangan tersebut.


Langkah-langkah cara menciptakan sangkar kelinci :


Bahan :



  • Bambu

  • Kawat Ram

  • Kayu balok

  • Seng

  • Lembaran plastik


Alat :



  • Gergaji besi

  • Gergaji kayu

  • Meteran

  • Tang

  • Martil

  • Mur

  • Paku


Proses cara menciptakan sangkar kelinci :


Jika Anda ingin mulai ingin memelihara kelinci sebanyak  dua ekor. Maka cukup gunakan pola ukuran sangkar 90 x 60 x 60 cm. Cara menciptakan kandangnya juga dilakukan secara sederhana saja.



  1. Buat kotak dengan model persegi. Sesuaikan dengan ukuran yang telah di tetapkan. Ukur dengan teliti, jangan hingga sangkar kekecilan atau tidak sesuai dengan keinginan. Cek jangan hingga ada paku yang keluar menonjol. Dimana nantinya akan melukai kelinci. Selain itu cek juga apa ada atau tidak benda – benda yang berbahaya di dalam kandang.

  2. Buat pintu keluar masuk kelinci, ukur secukupnya saja. Bisa menggunakan bambu untuk menciptakan pintu.

  3. Gunakan papan yang telah dimodifikasi dengan membentuk kamar kotak kecil di 1/3 papan. Fungsinya yakni untuk menciptakan lantai tingkat serta rumah kecil dibagian dalam tengah kandang.

  4. Pasang kawat di sisi sangkar dengan rapat dan kuat. Kecuali bab bawah sangkar dan belakang. Pasang juga papan di bab sisi belakang sangkar dengan kuat.

  5. Cara menciptakan sangkar kelinci bab alas, Anda sanggup gunakan bambu dan pastikan tidak terlalu rapat. Agar Anda sanggup membersihkan sangkar dengan mudah.

  6. Pada bab atap sangkar gunakan triplek atau papan untuk. Hal terpenting yaitu cara pembuatan sangkar harus benar-benar memperhatikan sanitasi udara maupun kotoran.


Pada umumnya materi yang digunakan untuk cara menciptakan sangkar kelinci ternak yakni kayu atau bambu. Tapi sanggup juga menggunakan dari alumunium dan kawat. Untuk ukuran sekali lagi sanggup divariasikan sesuai dengan jumlah ternak kelinci Anda.


Kandang kelinci ternak yang elok biasanya mempunyai bentuk memanjang, dengan ukurang tiap kandangnya tiga kali dari ukuran kelinci. Kandang yang biasa digunakan untuk beternak kelinci harus mempunyai bentuk petakan atau berbeda tiap ruangan. Jangan lupa, di dalam sangkar harus disediakan daerah untuk minum dan makan kelinci.


Nah, dari beberapa tips dan klarifikasi di atas. Maka sanggup disimpulkan bahwa cara membuat sangkar kelici tidaklah susah dan mahal. Yang diharapkan yakni ketelitian Anda dalam menciptakan ukuran kandang. Tentunya cara membuat sangkar kelinci ini sanggup Anda buat sendiri, dengan biaya murah serta sanggup memanfaatkan materi di sekitar Anda. 





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Panduan Sederhana Cara Menciptakan Sangkar Kelinci Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel