iklan

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban - Berbagai rumusan mengenai akuntansi pertanggungjawaban menurut pendapat para andal akuntansi akan disajikan dibawah ini.

Menurut Hansen, Mowen (2005:116) definisi akuntansi pertanggungjawaban adalah sebagai berikut : 
”Akuntansi pertanggungjawaban yakni Sistem yang mengukur berbagai hasil yang dicapai oleh setiap sentra pertanggungjawaban berdasarkan informasi yang diharapkan oleh para manajer untuk mengoperasikan pusat pertanggungjawaban mereka. 

Adapun akuntansi pertanggungjawaban me nurut Garrisson (2001:20) adalah sebagai berikut : 
A system of accounting in which costs are assigned to various managerial level according to where control of the costs deemed to rest, with the managers then held responsibility for difference betw een and actual results. 

Sedangkan akuntansi pertanggungjawaba n berdasarkan LM Samryn (2001: 258) adalah sebagai berikut : 
“ Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem akuntansi yang digunakan untuk mengukur kinerja se tiap sentra pertanggungjawaban sesuai dengan informasi yang diharapkan manajer untuk mengoperasikan pusat pertanggungjawaban mereka sebagai bab dari sistem pengendalian manajemen. 

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban

Dari aneka macam definisi diatas, sanggup ditarik suatu kesimpulan mengenai akuntansi pertanggungjawa ban sebagai berikut : 
  1. Akuntansi pertanggungjawaban merupakan su atu sistem akuntansi yang disusun berdasarkan struktur organisasi yang secara tegas me misahkan tugas, wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing tingkat manajemen. 
  2. Akuntansi pertanggungjawaban mendorong para individu, terutama para manajer untuk berperan aktif dalam mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. 
  3. Penyusunan anggaran dalam akuntansi pert anggungjawaban yakni berdasarkan pusat-pusat pertanggungjawaban. Dari laporan pertanggungjawaban sanggup diketahui perbandingan antara realisasi dengan anggarannya, sehingga penyimpangan yang terjadi sanggup dianal isa dan dicari penyelesaiannya dengan manajer sentra pertanggungjawabannya. 
  4. Akuntansi pertanggungjawaban melaporkan hasil penilaian dan penilaian kinerja yang berkhasiat bagi pimpinan dalam penyusunan rencana kerja periode mendatang, baik untuk masing-masing sentra pert anggungjawaban maupun untuk kepentingan perusahaan secara keseluruhan.
Sedangkan berdasarkan Mulyadi (1983 : 379-380) dikemukakan : “Akuntansi pertanggungjawaban adalah suatu sistem yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan dan pelaporan biaya dan penghasilan dilakukan dengan bidang pe rtanggungjawaban dalam organisasi dengan tujuan semoga sanggup ditunjuk orang atau kelompok yang bertanggungjawab terhadap penyimpangan dari biaya dan penghasilan yang dianggarkan”.

Sumber: Dikutip dari aneka macam sumber.

Sekian uraian ihwal Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel