iklan

Pengertian Dan Jenis Desain

Pengertian Desain - Desain ialah suatu rancangan atau citra suatu objek atau benda yang dibentuk berdasarkan susunan garis, bentuk dan tekstur (Sri Widarwati, 1993: 2).

Sedangkan berdasarkan Widjiningsih (1982: 1) desain ialah suatu rancangan gambar yang nantinya akan dilaksanakan dengan tujuan tertentu, yang berupa susunan garis, bentuk, warna dan tekstur. 

Kemudian berdasarkan Arifah A.riyanto (2003) desain ialah rancangan sesuatu yang sanggup diwujudkan pada benda aktual atau prilaku insan yang sanggup dirasakan, dilihat, dan diraba.

Berdasarkan pengertian diatas, sanggup disimpulkan bahwa desain adalah suatu rancangan yang tersusun dari garis, bentuk, warna, dan tekstur yang lalu sanggup diwujudkan menjadi benda nyata.

Pengertian dan Jenis Desain
Penggolongan Desain
Menurut Sri Widarwati (2000) desain dibagi menjadi dua macam :
1). Desain Struktur
Desain struktur ialah susunan dari garis, bentuk, warna dan tekstur dari suatu benda, baik bentuk benda yang mempunyai ruang maupun citra dari suatu benda. Desain struktur sanggup berbentuk benda tiga ukuran, maupun gambaran dari suatu benda dan dikerjakan diatas kertas. Desain struktur dalam busana mutlak harus dibentuk dalam suatu desain dan disebut siluet, macam-macam siluet ialah S, A, H, I, Y dan bustle.

2). Desain Hiasan
Desain hiasan ialah desain yang berfungsi untuk memperindah suatu benda. Desain hiasan sanggup berupa garis, warna atau bahan-bahan lain yang dipakai pada desain struktur dengan tujuan untuk mempertinggi mutu hanyalah merupakan desain hiasan. Desain struktur jauh lebih penting dari pada desain hiasan. Desain struktur merupakan suatu yang mutlak pada setiap benda, sedangkan desain hiasan hanya untuk memperindah. Pada desain busana hiasan ini sanggup berbentuk kerah, saku, renda-renda, lipit hias, biku-biku, kancing, sulaman dan lain-lain.

Sumber:
A. Riyanto, Arifah. (2003). Teori Busana. Bandung : Yapemdo.

Sekian uraian ihwal Pengertian Desain, supaya bermanfaat.
Baca juga:

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Dan Jenis Desain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel