iklan

Pengertian Kerjasama Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli

Dikutip dari beberapa sumber, kerjasama didefinisikan oleh para mahir sebagai berikut:

Pengertian Kerjasama
  1. Moh. Jafar Hafsah menyebut kerjasama ini dengan istilah kemitraan, yang artinya ialah suatu seni administrasi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih laba bersama dengan prisip saling membutuhkan dan saling membesarkan.
  2. H. Kusnadi mengartikan kerjasama sebagai dua orang atau lebih untuk melaksanakan acara bersama yang dilakukan secara terpadu yang diarahkan kepada suatu sasaran atau tujuan tertentu.
  3. Zainudin memandang kerjasama sebagai kepedulian satu orang atau satu pihak dengan orang atau pihak lain yang tercermin dalam suatu kegiatan yang menguntungkan semua pihak dengan prinsip saling percaya, menghargai, dan adanya norma yang mengatur. Makna kerjasama dalam hal ini ialah kerjasama dalam konteks organisasi, yaitu kerja antar anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi (seluruh anggota).
  4. Tangkilisan (2005:86) dalam Manajemen Publik, memandang kerjasama perlu diadakan dengan kekuatan yang diperkirakan mungkin akan timbul. Kerjasama tersebut sanggup didasarkan atas hak,kewajiban, dan tanggung jawab masing-masing orang untuk mencapai tujuan.
  5. Bowo dan Andy menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kerjasama harus tercapai laba bersama (2007:50-51), Pelaksanaan kerjasama hanya sanggup tercapai apabila diperoleh manfaat bersama bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya (win-win). Apabila satu pihak dirugikan dalam proses kerjasama, maka kerjasama tidak lagi terpenuhi. Dalam upaya mencapai laba atau manfaat bersama dari kerjasama, perlu komunikasi yang baik antara semua pihak dan pemahaman sama terhadap tujuan bersama.
Contoh Kerjasama 
Setelah membahas banyak sekali klarifikasi perihal kerjasama di atas, menerapkan teori kerjasama dalam kehidupan sehari-hari tidaklah sulit. Dalam lingkungan terkecil, keluarga. Kerjasama yang sering muncul ialah ketika membersihkan rumah menjelang hari raya. Dimana, semua anggota keluarga bekerja bersama membersihkan rumah demi mencapai sebuah tujuan, yakni rumah yang terlihat higienis dan rapi.

Jika dilihat dalam lingkup yang lebih luas, contohnya masyarakat. Dapat juga kita jumpai teladan kerjasama ketika menjalani program tujuh belasan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Rata-rata para warga dalam satu RT atau RW akan sama-sama ikut bekerja bakti, mengecet pagar atau memeriahkan lomba panjat pinang.

Dari klarifikasi mengenai pengertian kerjasama tadi, sanggup disimpulkan bahwa kerjasama dilatarbelakangi oleh sifat insan sebagai makhluk sosial yang terkadang perlu saling membantu guna memperoleh sebuah tujuan bersama. Contoh kerjasama dengan gampang dilihat pada kehidupan sehari-hari, dari tingkat terkecil, yakni keluarga, sampai tingkat terbesar menyerupai negara.

Sekian uraian perihal Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Kerjasama Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel