iklan

Pengertian Virtual Memori Pada Sistem Operasi

Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi - Virtual memori yaitu teknik administrasi memori yang dikembangkan untuk kernel multi guna. Teknik ini divirtualisasikan dalam banyak sekali bentuk arsitektur kompute dari komputer penyimpanan dat (seperti memori jalan masuk aca dan cakram penyimpana), yang memungkinkan sebuah progra harus dirancang seakan-akan hanya ada satu jenis memori dan bertindak secara eksklusif (RAM).

Umumnya, sistem operasi modern yang mendukung memori virtual menjalankan setiap proses di ruang alamat khusus. Setiap program  mempunyai jalan masuk tunggal ke memori virtual. Namun, beberapa sistem operasi yang lebih renta (seperti OS/VS dan OS/VS2 SV) dan bahkan yang modern yang (seperti IBM) mempunyai ruang alamat tungga yang terdiri dari virtual memori untuk menjalankan semua proses.

Virtual Memori menciptakan pemrograman aplikasi lebih gampang untuk fragmentas persembunyian dari memori fisik. Dengan mendelegasikan ke  kernel beban dalam mengelola hierarki memori. Sehingga menghilangkan keharusan kegiatan dalam mengatasi permasalahan secara eksplisit.

Setiap proses berjalan dalam ruang alamat khususnya, dengan menghindarkan kebutuhan untuk merelokasi instruksi kegiatan atau untuk mengakses memori dengan pengalamatan relatif. Virtualisasi memori yaitu generalisasi dari konsep memori virtual.
Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi
Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi

Melalui virtual memori sistem operasi menyimpan bagian-bagian proses yang sedang dipakai di memori utama (RAM) dan sisanya di disk (memory virtual) Virtual memori sanggup diimplementasikan dengan tiga cara, yaitu: Paging Segmentasi Kombinasi paging dan segmentasi. Sistem paging mengimplementasikan ruang alamat besar pada memori kecil memakai index register, base register, segment register, dll. Baca juga : Pengertian Sistem Operasi

Dalam Segmentasi Alamat virtual dibagi menjadi dua bagian: Nomer Page (bit-bit awal) Offset (bit-bit akhir) Secara metematis: tabel page merupakan fungsi dgn nomer page sebagai argumen dan nomer frame sebagai hasil.

Dalam Kombinasi paging dan segmentasi komputer dilengkapi dengan komponen hardware kecil untuk pemetaan alamat virtual ke alamat fisik tanpa menelusuri seluruh tabel page. Komponen ini disebut memori asosiatif atau translation lookaside buffer, yang biasanya berada di dalam MMU, dan berisi beberapa entri.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Virtual Memori Pada Sistem Operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel