iklan

Physical Chemistry 4Th Ed. (Silbey, Alberty, Bawendi)

Untuk pilihan langsung saya, aku lebih menentukan buku Kimia Fisik goresan pena Silbey, Alberty, dan Bawendi yang satu ini daripada Atkins. Menurut saya, buku karangan dosen MIT ini jauh lebih gampang dimengerti, entah kenapa. Oh iya, sama menyerupai Atkins, tetap disarankan untuk membaca buku kalkulus dulu, contohnya karya Purcell.

Nah, dari segi penampilan memang buku Silbey ini sangat tidak menarik! Tidak ada warna-warna atau gambar-gambar yang merangsang mata. Semuanya hitam putih. Mungkin itulah kelemahan terbesar dari buku ini. Tulisannya pun rapat-rapat dan sangat padat tiap lembarnya. Hal-hal ini dibentuk tidak kelihatan dengan covernya yang menarik dan berwarna :))

Namun, berdasarkan saya, isi dari buku ini jauh lebih gampang dipahami, bahasa dan penjelasannya sanggup dimengerti. Buku ini dibagi menjadi 4 belahan (tidak menyerupai Atkins yang hanya 3), yaitu Thermodynamics, Quantum Chemistry, Kinetics, dan Macroscopic and Microscopic Structures, jadi sanggup kita simpulkan materi Structure dibagi menjadi 2 part, dimana ini Solid State (Kristal) masuk ke belahan terakhir.

Bagian termodinamika susunannya umum dan sama menyerupai Atkins, dengan urutan gas ideal – hukum-hukum termodinamika – perubahan fasa – kesetimbangan. Yang aku suka dari belahan termodinamika adalah, Fundamental Equations (Hubungan Maxwell, dll) punya belahan sendiri, tidak tergabung ke belahan hukum-hukum. Bagian quantumnya juga umum, tidak perlu dibaca semua, cukup awal2nya saja. Menurut saya, belahan kinetiknya juga manis sekali, sanggup menjelaskan materi-materi “alien” dengan lebih terang dari Atkins, contohnya mengenai consecutive first-order reaction. However, sebagus-bagusnya buku, jikalau anda tidak punya passion di KimFis menyerupai aku ya… Pasrah 😀

Random fun fact: Misteri yang belum terpecahkan adalah, halaman 817 nya hilang!!

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "Physical Chemistry 4Th Ed. (Silbey, Alberty, Bawendi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel