iklan

Pola Jarwo Flora Jagung Plus Tumpang Sari Kedelai Hasil Naik 50%

Diantara acara perjuangan tani padi dan jagung berdasarkan Anda mana yang mempunyai potensi bisnis lebih tinggi? Berdasarkan hasil pengamatan acara budidaya tumbuhan jagung lah yang mempunyai nilai bisnis yang lebih tinggi dibandingkan tumbuhan padi. Hal ini terbukti banyak perusahaan yang membuatkan benih jagung dan juga melaksanakan perjuangan budidaya jagung. Bahkan selain itu lebih banyak teknologi yang dikembangkan pula untuk diterapkan kepada petani jagung.


Diantara acara perjuangan tani padi dan jagung berdasarkan Anda mana yang mempunyai potensi bisni Pola Jarwo Tanaman Jagung Plus Tumpang Sari Kedelai Hasil Naik 50%
gambar 1. referensi jajar legowo tumbuhan jagung

Salah satunya yaitu teknologi pengaturan jarak tanam, bertujuan untuk mendapat produksi panen yang tinggi. Penerapan teknologi ini mempermudah Anda untuk mengetahui kepadatan populasi tumbuhan jagung yang optimal, mengurangi resiko kompetisi persaingan untuk mendapat unsur hara, memudahkan perawatan menyerupai penyiangan dan pencucian gulma, serta memaksimalkan tumbuhan untuk mendapat sinar matahari.


Metode budidaya tumbuhan jagung lainnnya yang biasa diterapkan yaitu sistim tanam jagung tumpang sari, dengan pemupukan berimbang. Teknologi budidaya ini bertujuan untuk mengoptimalkan lahan dan menjaga tumbuhan dari serangan hama penyakit tanaman.


Sistim Jajar Legowo Pada Tanaman Jagung


Pola sistim tanam jajar legowo merupakan cara tanam jagung yang dilakukan dengan referensi berselang-seling antar tumbuhan dua atau lebih baris dan satu baris kosong. “Legowo” yaitu istilah jawa yang bersal dari kata “lego” atau longgar dan “dowo” yang bermakna panjang. Baris tanam (dua baris atau lebih) dan satu baris kosong itulah yang disebut dengan legowo. Maka jikalau Anda melihat tumbuhan jagung atau padi yang ditanam terdapat 2 baris dan 1 kosng maka disebut jajar legowo 2 banding 1 dan jikalau 4 bari tanam dan 1 koson  maka disebut referensi jajar legowo 4:1. Hal ini berlaku untuk kelipatanya.


Umumnya sistim jajar legowo ini diterapkan pada tumbuhan padi untuk memperbanyak anakan, yang membedakan dengan referensi jajar legowo pada jagung yang tidak membentuk anakan adalah : Pertama, dengan sistim legowo ini penerimaan intensitas cahaya yang masuk pada tumbuhan jagung akan semaki banyak. sehingga proses foto sintesis sanggup berjalan dengan baik, dan membentuk asimilat yang sanggup mendorong pembentukan biji jagung.


Kedua, referensi jajar legowo sanggup mempermudah Anda dalam pemeliharaan tanaman, menyerupai pemupukan, penyiangan, penyemprotan, pengairan dan pemanenan. Dan ketiga sistim jajar legowo juga sanggup membantu Anda jikalau ingin melaksanakan penanam jagung secara 2 kali berturut-turut, dengan memanfaatkan ruang kosong untuk ditanami benih jagung pada fase 2-3 ahad menjelang penanaman jagung pertama dipanen.


Dari kajian yang dilakukan oleh Puslit Tanaman Pangan, budidaya tumbuhan jagung juga sanggup dilakukan dengan mengadopsi sistem tanam jajar legowo dengan mengkombinasikannya sekaligus sistem tumpang sari dengan tumbuhan kedelai. Jika banyak petani yang menerapkan cara ini maka produktifitas antara tumbuhan jagung dan kedelai sanggup berjalan beriringan.


Namun selama ini yang menjadi masalah yaitu keterbatasan lahan dan persaingan pengunaan lahan antara jagung, padi dan juga kedelai. Sehingga mengakibatkan ketimpangan produksi. Dimana jikalau ada salah satu komoditi yang produksinya naik maka menyebakan produksi komoditi lainnya menjadi turun. Itulah yang menciptakan ketika ini produksi kedelai kita berkurang, akhir banyak petani yang lebih menentukan jagung alasannya yaitu nilai hemat yang lebih mengiurkan.


Penerapan Pola Tanam Jajar Legowo Dan Tumpang Sari Taman Jagung dan Kedelai


Dengan metode tanam jajar legowo dikombinasikan tumpang sari jagung dengan kedelai sanggup dijadikan solusi untuk menjaga kesetabilan produktivitas kedua komoditi tersebut. Cara yang sanggup Anda lakukan yaitu dengan menerapkan sitem tanam jajar legowo 2 banding 1 (2:1) yaitu : Penanaman jagung dilakukan dengan dua baris lebih rapat dan diberikan jeda 1 baris, sehingga jarak antara dua baris tumbuhan jagung sanggup Anda tanam kedelai.


Diantara acara perjuangan tani padi dan jagung berdasarkan Anda mana yang mempunyai potensi bisni Pola Jarwo Tanaman Jagung Plus Tumpang Sari Kedelai Hasil Naik 50%
gambar 2. jajar legowo plus tumpang sari

Dari hasil uji tanam, tingkat produktivitas tumbuhan jagung tidak mempunyai perbedaan yang begitu mencolok, namun hasil panen condong lebih tinggi, alasannya yaitu dipicu adanya sela-sela ruang, sehingga jagung berada dipinggir atau posisi tanam jagung menempati baris border yang menciptakan tumbuhan tetap tumbuh dengan baik.


Menurut Nuning (Peneliti Balitbang tumbuhan pangan) menyampaikan “Ruang kosong yang ada pada baris jajar legowo sanggup ditanami tumbuhan kedelai sebanyak 2 baris, hal itu tidak akan kuat menurunkan produksi jagung. Dengan kata lain metode ini cukup efektif dalam pengunaan lahan, dan  dapat mendorong indek penpatan petani“. Kajian dari hasil uji tanam tersebut juga menujukan bahwa produksi kedelai yang ditanam diantara tumbuhan jagung, hasil panennya meningkat mencapai 50%  dibandingkan dengan cara tanam monokultur.


Keuntungan lainnya yang sanggup Anda dapatkan dengan penerapan sitem tanam jajar legowo padi plus tumpang sari kedelai ini yaitu sanggup memperbaiki unsur hara tanah. Sebab penanaman jagung yang ditumpang sari dengan kedelai akan memunculkan fikasi unsur N yang menciptakan tanah menjadi semakin subur, ketimbang referensi tanam jagung secara monokultur.


Teknik tumpang sari tumbuhan jagung dan tumbuhan kedelai dengan metode jajar legowo sanggup Anda praktekan pada lahan yang mempunyai sumber ketersediaan air yang banyak, tanah subur dan memperoleh penyinaran matahari secara penuh. Lahan yang sanggup Anda gunakan menyerupai bekas persawahan maupun ladang yang mempunyai sistim irigasi yang baik.


Tujuan utama dari penerapan referensi tanam jajar legowo pada prinsipnya bukan sekedar untuk meningkatkan hasil, namun juga berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP). Dimana dengan meningkatnya indeks pertanaman, maka hasil panen akan naik dan pengelolaan lahan menjadi semakin produktif.  


Diantara acara perjuangan tani padi dan jagung berdasarkan Anda mana yang mempunyai potensi bisni Pola Jarwo Tanaman Jagung Plus Tumpang Sari Kedelai Hasil Naik 50%
gambar 3. tumbuhan jagung

(Dimuat dari bebagai sumber)


Itulah infomasi yang sanggup kami bagikan untuk Anda, jikalau ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan tinggalkan komentar Anda pada kolom paling bawah yang telah kami sediakan. Kami akan segera menangapi pesan yang Anda berikan. Semoga isu agri ini berkhasiat bagi Anda. Salam sukses




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Pola Jarwo Flora Jagung Plus Tumpang Sari Kedelai Hasil Naik 50%"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel