iklan

Principles Of Modern Chemistry 7Th Ed. (Oxtoby)

Untuk ukuran buku kimia dasar, Oxtoby yakni salah satu yang paling berat, sanggup dibilang, buku ini… bukan lagi kimia dasar mungkin?. Buku ini juga lebih banyak didedikasikan untuk “Modern Chemistry”, sesuai dengan judulnya.

Dari segi penampilan, buku ini berdasarkan aku fairly good. Gambar lumayan, tapi warna agak plain, covernya sangat bagus. Agak kelihatan kalau terdapat lebih sedikit warna dari buku KimDas lainnya.

Salah nilai plus yang tidak dimiliki buku lain dibanding Oxtoby adalah… tingkat kesulitannya.

Ya, apabila kalian membuka buku ini, kalian akan menemukan banyak hal-hal astral berbau kuantum, dan itu sudah kelihatan semenjak penggalan awal-awal. Bila diperhatikan lebih cermat, penggalan kuantumnya malah lebih ibarat di buku Kimia Fisik :”) Mari kita ambil contoh:

 Oxtoby yakni salah satu yang paling berat Principles of Modern Chemistry 7th ed. (Oxtoby)

Semacam itulah. Saya rasa, untuk penggalan kuantum yang dikeluarkan awal-awal ini, dilewati dulu tidak apa-apa. Tidak hanya penggalan kuantum, sepanjang buku ini, memang tingkat kesulitan yang disajikan sangat tinggi. Untuk penggalan Asam-basa misalnya, sudah dikenalkan persamaan Mass Balance & Charge Balance (MBCB). Saya sendiri hanya sekilas membaca Oxtoby dulunya, alasannya yakni buku yang katanya “Kimia Dasar” ini ternyata sangat banyak kimia fisiknya :”)

Buku ini sendiri dibagi menjadi 6 penggalan utama, yaitu Introduction to the Study of Modern Chemistry, Chemical Bonding and Molecular Structure (membahas semua wacana bonding: kuantum, teori-teori ikatan, senyawa organik, dan logam transisi, yang mana semuanya banyak dibahas dari segi kuantum), Kinetic Molecular Descriptions of the States of Matter (Membahas wacana fasa, lagi-lagi banyak KimFisnya), Equilibrium in Chemical Reactions (Termodinamika dan Kesetimbangan, MBCB), Rates of Physical and Chemical Processes (Kebanyakan wacana kinetika, tapi sekali lagi: SUSAH.), dan Materials (Padatan dan material-material yang studinya berkembang di kimia modern).

Apabila kalian merasa memulai mencar ilmu kimia dari benar-benar nol, jangan memakai Oxtoby. You had better start with Petrucci or Raymond Chang or Zumdahl or whatever.

Website ini tidak lagi menyediakan ebook untuk di-d0wnl0ad. Silahkan mencari di Forum Olimpiade Sains Nasional.


Sumber https://olimpiadekimia.com

0 Response to "Principles Of Modern Chemistry 7Th Ed. (Oxtoby)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel