iklan

Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Mengetahui sebuah Rukun Iman merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim pada umumnya baik muslim pria maupun muslim perempuan. Bukan hanya sekedar hafal saja tetapi sebagai muslim yang baik juga diwajibkan untuk memahami setiap makna yang terkandung dan yang terpenting ialah selalu berusaha untuk mengamalkan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan keimanan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kepercayaan sendiri memiliki makna percaya dalam hal ini berarti kepercayaan dengan sepenuh hati yang diucapkan dengan ekspresi dan diamalkan dengan perbuatan. Tetapi yang banyak terjadi pada insan umumnya sekedar mengetahuinya saja tanpa memaknai makna yang terkandung sesungguhnya. Padahal memahami makna ialah hal yang paling utama dan dihentikan sekedar pernyataan belaka.

Dengan memaknai sebuah Rukun Iman seseorang akan lebih waspada dalam bertindak alasannya ialah dalam hatinya sudah tertanam keyakinan yang berpengaruh bahwa segala perbuatan selalu menerima pengawasan dan akan menerima pertanggungjawaban. Sehingga seseorang akan senantiasa berperilaku yang baik sesuai perintah Allah SWT dan berusaha menjauhi setiap larangan-laranganNya.

Rukun Iman Yang Wajib Diketahui

Iman Kepada Allah

Keimanan yang pertama kali ialah keyakinan akan adanya Allah yang membuat seluruh alam semesta beserta isinya. Allah ialah satu-satunya dewa yang wajib disembah dan tidak ada sekutu bagiNya. Ke-Esaan Allah dicantumkan dalam Q.S Al-Ikhlas yang merupakan salah satu surat terpendek dalam kitab suci Al-Qur’an.

Iman Kepada Malaikat

Iman yang kedua ialah Iman Kepada Malaikat dimana seorang muslim harus mempercayai dengan sepenuh hati bahwa Allah membuat beberapa malaikat yang wajib dipercayai. Malaikat-malaikat ini diberi tugasnya masing-masing dan merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling taat dan tidak pernah membangkang sedikit pun.

Iman Kepada Kitab

Selanjutnya Rukun Iman yang ketiga ialah Iman Kepada Kitab Allah dimana seseorang mempercayai dengan sungguh-sungguh bahwa Allah telah mewayuhkan kitab-kitab suci kepada para rosul melalui mediator Malaikat Jibril. Keberadaan kitab suci dimaksudkan sebagai aliran hidup umat islam di dalam bertindak dan menjadi sumber aturan dari segala sumber aturan yang ada.

Iman Kepada Rosul

Rosul ialah seorang pria pilihan Allah yang mendapatkan wahyu melalui mediator Malaikat Jibril untuk dirinya sendiri dan disampaikan kepada umatnya. Para rosul ini menjadi suri tauladan insan dalam berperilaku terutama Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi terakhir dan yang akan memberi syafa’at kelak di yaumul qiyamah.

Iman Kepada Hari Kiamat

Segala sesuatu yang ada di dunia hanyalah bersifat fana dan sementara dan jikalau tiba saatnya semuanya akan hancur dan binasa pada hari tamat zaman kelak. kedatangan hari tamat zaman menjadi diam-diam Allah semata dan tidak ada seorang pun yang mengetahuinya tetapi kita diwajibkan untuk mengimani akan datangnya hari tamat zaman itu.

Iman Kepada Qodo dan Qodar

Rukun Iman yang terakhir ialah kepercayaan kepada Qodo dan Qodar atau yang disebut sebagai takdir. Takdir merupakan sebuah keputusan Allah semata insan hanya diwajibkan berusaha dan berdoa tetapi yang memilih balasannya ialah Sang Kholiq.

Sekian ulasan wacana Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam agar artikel dari ayoksinau.com sanggup bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Rukun Iman Yang Wajib Diketahui Umat Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel