iklan

Tanaman Kitolod Obat Mujarab Atasi Segala Penyakit Mata

Siapa sangka tumbuhan kitolod yang biasanya tumbuh liar, di pinggir-pinggir selokan, di semak belukar, di kebun tak terurus ternyata sangat membantu dalam menyembuhkan banyak sekali penyakit mata. Tanaman yang jarang diindahkan oleh Anda ternyata mempunyai khasiat herbal yang sangat manjur dan efektif.


Siapa sangka tumbuhan kitolod yang biasanya tumbuh liar Tanaman Kitolod Obat Mujarab Atasi Segala Penyakit Mata
Tanaman kitolod

Tanaman Kitolod, Tanaman Semak Untuk Mengobati Mata – Organ mata yaitu salah satu indra yang ada di badan Anda. Mata mempunyai peranan yang sangat penting , dengan mata Anda sanggup mengetahui keadaan sekitar dan mengetahui keadaan dunia menyerupai kini ini. Anda wajib menjaga kondisi mata tetap dalam kondisi terbaik, alasannya yaitu bila mata Anda sudah mengalami penurunan fungsi maka akan mengganggu aktivitas.


Bagaimana bila mata Anda sudah mulai mengalami penurunan fungsi? Atau mata Anda sakit, merah dan lelah?. Banyak sekali cara yang sanggup Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan kondisi mata yang sakit atau lelah. Salah satunya yaitu dengan memakai tumbuhan kitolod. Cara ini merupakan salah satu cara tradisional yang sanggup dijadikan alternative untuk pengobatan mata Anda.


Mengenal Tanaman Kitolod


Tanaman kitolod mempunyai nama ilmiah Isotoma Longifora atau Laurentia Longifora. Tanaman kitolod ini mengandung senyawa alkaloid, yaitu lobelin, lobelamin dan isotomin. Pada bab daun kitolod mempunyai kandungan senyawa yang lebih lengkap, selain senyawa alkaloid ada juga senyawa saponin, flavonin dan polifenol. Selain daun bab tumbuhan lain misal bunga, mempunyai senyawa anti radang, anti kanker, dan sanggup juga menghilangkan rasa nyeri serta memberhentikan pendarahan. Prof.HC.Dr.H.W. Isnandar pimpinan Jamu Dayang Sumbi menyampaikan “bahwa bunga kitolod mempunyai khasiat untuk mengobati mata. Mulai dari rabun, katarak hingga mata plus dan minus”.


Tanaman yang di Indonesia diberi nama daun korejat ini mempunyai ciri yang khas. Pada daun bab pinggirnya tidak rata, menyerupai daun pada umumnya. Bentuknya sanggup digambarkan menyerupai gergaji dengan warna daun hijau tua. Bunganya mempunyai ciri berwarna putih. Berkelopak lima. Dengan diameter batang kurang lebih 1cm. Batang berwarna hijau muda.


Cara Membuat Ramuan Obat Mata Dari Daun Kitolod


Cara pengobatan memakai kitolod sangat gampang sekali, Anda sanggup mengunakan daun maupun bab bunga, alasannya yaitu keduanya sama-sama mempunyai kegunaan untuk mengobati mata. Berikut beberapa langkahnya  :


Siapa sangka tumbuhan kitolod yang biasanya tumbuh liar Tanaman Kitolod Obat Mujarab Atasi Segala Penyakit Mata
Bunga kitolod berwarna putih – Foto :Detik indonesia


  • Gunakan daun atau bunga kitolod yang gres merekah, segar dan dalam keadaan bersih.

  • Siapkan air dalam gelas, lalu celupkan bunga pada gelas.

  • Teteskan air yang tertinggal di tangkai bunga kitolod. Teteskan pada mata yang sakit.

  • Pada penggunaan pertama mata akan terasa sakit / perih. Kedip – kedipkan mata biar gampang terserap.

  • Agar mendapat hasil maksimal maka gunakan sehari dua kali. Waktu pagi dan malam hari.

  • Bagi lansia bunga kitolod sangat berguna, untuk mengurai mata lembap dan kelopak mata yang terasa berat.


Daun Kitolod sanggup juga Anda gunakan untuk mengobati mata. Ambil daun kitolod yang masih dalam kondisi baik dan segar. Cuci higienis dan potong pucuknya. Kemudian celupkan ke dalam gelas yang telah terisi air. Basuh mata dengan cairan tersebut, pertama – tama mata Anda mungkin akan terasa perih. Lanjutkan cuci mata Anda hingga rasa perih hilang. Gunakan pengobatan herbal ini secara rutin dan teratur hingga mata sembuh. Jika mengalami gangguan berlanjut hubungi dokter Anda untuk konsultasi.


Berikut ini yaitu beberapa penyakit mata yang sanggup Anda sembuhkan dengan memakai tumbuhan kitolod :



  • Nyeri dan perih mata

  • Infeksi mata

  • Katarak

  • Mata gatal

  • Mata minus dan mata plus

  • Mata merah


Dalam melaksanakan pengobatan memakai tumbuhan kitolod, hendaknya Anda memperhatikan kebersihan dari tumbuhan tersebut. Karena bila Anda memakai bab tumbuhan yang kotor maka akan menjadikan mata menjadi lebih sakit dan infeksi. Gunakan tumbuhan kitolod yang dibudidayakan bukan tumbuhan yang tumbuh liar. Sehingga kebersihannya terjamin.


Tips Budidaya Tanaman Kitolod


Tanaman kitolod yaitu tumbuhan yang sanggup tumbuh pada dataran tinggi dan pada dataran rendah. Akan tetapi kualitas daun yang di hasilkan pada dataran rendah lebih tipis dari pada dataran tinggi. Dapat pula tumbuh di rawa – rawa. Tanaman ini bukanlah tumbuhan langka,


Cara budidaya tumbuhan kitolod sangat gampang dilakukan. Cukup dengan menentukan tunas muda yang sehat dan tumbuh dengan baik. Kemudian Anda pindahkan ke dalam media tanam yang telah disediakan. Media tanamnya pun sangat gampang dibuat. Gunakan adonan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Aduk rata adonan maka media tanam sudah sanggup digunakan.


Pindahkan bibit tumbuhan kitolod yang ingin ditanam, buat lubang lalu masukkan bibit ke dalam lubang. Tutup lubang dengan rapat untuk menghindari tumbuhan menjadi layu. Perawatan pada masa penanaman cukup lakukan pemupukan dan penyiraman secara rutin dan berkala. Penyiraman cukup dilakukan 5 – 7 hari saja dan pinjaman pupuk cukup 3 bulan sekali saja.


Itulah sedikit pembahasan Artikel perihal manfaat tumbuhan kitolod untuk kesehatan mata Anda, dapatkan banyak sekali tips-tips menarik seputar pertanian di Infoagribisnis.com




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tanaman Kitolod Obat Mujarab Atasi Segala Penyakit Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel