iklan

10 Juni 1977 : Pengiriman Pertama Home Computer Apple Ii

Pada tanggal 10 Juni 1977, merupakan hari bersejarah bagi Apple sebab pada hari itu yaitu hari pertama pengiriman 8-bit komputer rumahan Apple II yang memakai teknologi mikroprosesor MOS Technology 6502 kecepatan 1 Mhz, RAM 4 kB, dengan interface kaset bunyi untuk meload kegiatan dan menyimpan data, serta bahasa pemrograman Integer BASIC yang sudah builtin dengan ROMnya. Pengendali video menampilkan 24 baris, dengan 40 kolom dan monokrom (hitam putih?) , hanya sanggup memakai abjad besar saja dan dijual dengan harga antara  $1298(RAM 4kB) hingga  $2638(RAM 48kB, maksimal RAM).


 merupakan hari bersejarah bagi Apple sebab pada hari itu yaitu hari pertama pengiriman  10 Juni 1977 : Pengiriman Pertama Home Computer Apple IIApple II (gaya penulisannya “Apple ][“) didesain oleh Steve Wozniack, dan diproduksi oleh Apple Computer (sekarang Apple Inc) yaitu model pertama dari serangkaian produk buatan Apple hingga di hentikannya produksi pada bulan November 1993.


Untuk aku yang mulai mengenal komputer dengan spec paling rendah sekelas Pentium II,  dan kini telah hingga Core i7 (untuk PC), Harga Apple II sungguh menciptakan aku geleng-geleng kepala. Betapa tidak, dengan 70-80% dari harga tersebut, ketika ini komputer rumahan (PC) dengan spec paling tinggi ketika ini sudah sanggup di dapat. Meskipun demikian aku sanggup memahami betapapun juga tingginya harga Apple II ketika itu sungguh layak, Mengapa? sebab lahirnya Apple II telah mengubah paradigma dunia memandang akan kebutuhan komputer.


Sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh masyarakat  bahwa komputer sanggup hadir di tengah-tengah mereka, sebab ketika itu kebanyakan komputer dipakai untuk riset dan industri saja. Hanya perusahaan-perusahaan sekelas IBM saja yang punya. Tapi lalu duo Steve mengubah paradigma tersebut.



Sumber http://jasait.com

0 Response to "10 Juni 1977 : Pengiriman Pertama Home Computer Apple Ii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel