iklan

3 Teknik Mudah Cara Menanam Daun Sirih (Piper Betle)

Indonesia sangatlah kaya akan tumbuhan obat untuk keluarga  3 Teknik Mudah Cara Menanam Daun Sirih (Piper Betle)
gambar cara menanam daun sirih

Indonesia sangatlah kaya akan tumbuhan obat untuk keluarga (biofarmaka), salah satunya ialah daun sirih. Tanaman daun sirih sangat bermanfaat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit untuk keluarga Anda, jadi sangat baik kalau Anda mempunyai tumbuhan ini dirumah. Apa sajakah kandungan, manfaat, dan cara menanam daun sirih ? simak ulasan singkat berikut ini :


Kandungan daun sirih banyak terdapat zat aktif menyerupai minyak atsiri, kavicol, hidroksikavisol, estragol, allylpyrokatekol, fenil propana, kavibetol, cyneole, caryophyllene, tannin, diastase, cadinene, terpennena, sampai seskuiterpena yang sangat berguna untuk kesehatan badan Anda.


Dengan kandungan yang banyak tersebut, daun sirih diketahui bisa mengobati banyak sekali penyakit menyerupai asma, radang tenggorokan, penghilang bau ketiak, mengobati eksim dan penyakit kulit, memperlancar haid dan mengobati keputihan, obat sakit gigi, menghilangkan bau ekspresi sampai bisa mengobati sariawan.


Ciri-ciri daun sirih umumnya berbentuk bundar oval menyerupai telur dengan warna hijau tua, dengan bentuk pohon memanjang sampai mencapai 10-15 meter, pecahan batang banyak di lilit sulur, bentuk bunga daun sirih berbentuk bulir dengan panjang 3-6 cm yang berada di ujung cabang.


3 Teknik Mudah Cara Menanam Daun Sirih (Piper Betle)


Memiliki tumbuhan daun sirih atau suruh di halaman rumah Anda sanggup bermanfaat sebagai obat herbal alami kalau keluarga Anda ada yang terkena penyakit tertentu. Dengan mempunya tumbuhan daun sirih sendiri, maka konsumsi obat kimia yang kerap mempunyai dampak samping sanggup diminimalisir.


Berikut tiga teknik cara menanam daun sirih yang sanggup Anda lakukan sendiri dirumah adalah :


1. Cara Menanam Daun Sirih Dengan Tehnik Stek


Ini ialah tehnik termudah untuk cara menanam daun sirih. Langkah pertama ialah mempersiapkan media tanam yaitu adonan antara tanah , pupuk kompos, dan pasir dengan komposisi 3 : 3 : 1, dan masukkan media tanam tersebut kedalam polibag berdiameter 10 cm. jangan lupa untuk melubangi pecahan bawah polybag biar dikala proses penyiraman, air tidak menggenangi akar tumbuhan daun sirih.


Langkah berikutnya untuk cara menanam daun sirih dengan metode stek ialah mendapat bibit stek yang di peroleh dari batang pohon daun sirih yang sudah tua. Potonglah batang daun sirih tersebut sepanjang dua ruas kemudian direndam di dalam air selama kurang lebih 15 menit.


Tancapkan batang stek yang sudah direndam tadi kedalam media tanam di dalam polybag. Siramilah bakal tumbuhan daun sirih tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari, serta tempatkan bakal daun sirih tersebut di area yang teduh. Setelah tunas daun sirih tumbuh lebat, pindahkan kedalam lahan tanam sebetulnya di area halaman rumah Anda.


2. Cara Menanam Daun Sirih Dengan Tehnik Merunduk


Tehnik ini sanggup dilakukan untuk cara menanam daun sirih alasannya meskipun pohon daun sirih tumbuh meninggi, percabangan dari daun sirih justru tumbuh merambat pada pohon lain yang sering disebut sebagai sulur. Cara menanam daun sirih menyerupai ini kerap dilakukan pada jenis daun sirih merah maupun daun sirih hitam.


Pilihlah batang sulur daun sirih yang panjang, kemudian atur sedemikian rupa biar sulur tersebut merunduk atau menjuntai sampai melekat dengan media tanam yang terbuat dari adonan menyerupai pada cara menanam daun sirih dengan tehnik stek. Dengan penyiraman secara teratur, sulur daun sirih yang melekat pada media tanam tersebut akan mengeluarkan akar tanaman.


Potonglah sulur daun sirih yang sudah ditumbuhi akar tersebut, pindahkan pada media tanam yang sudah dipersiapkan berupa polybag maupun pot bunga yang berisi tanam pasir dan pupuk kompos. Lakukan penyiraman secara rutin biar tumbuhan daun sirih Anda sanggup tumbuh dengan optimal.


3. Cara Menanam Daun Sirih Dengan Tehnik Stek Air


Cara yang ketiga ialah dengan melaksanakan stek air untuk menumbuhkan akar bibit pohon daun sirih sebelum ditanam. Potonglah batang sulur daun sirih yang sudah berumur cukup bau tanah dan terbebas dari banyak sekali hama penyakit, kemudian rendamlah batang suur daun sirih tersebut di dalam air.


Perlu diperhatikan daun sirih tidak ikut terendam air, pecahan yang direndam ialah hanya batang sulurnya saja dan tempatkan di lokasi yang lembab. Setelah terendam beberapa hari, akar tumbuhan daun sirih akan mulai Nampak atau kurang lebih 4 – 7 hari. Setelah akar tumbuhan terlihat, pindahkan bibit daun sirih tersebut kedalam media tanam dengan adonan menyerupai diatas.


Tanaman sirih sangat membutuhkan pasokan air yang cukup banyak untuk proses pertumbuhannya. Oleh alasannya itu, cara menananm daun sirih muda harus rutin disirami sehari dua kali untuk memenuhi kebutuhan air.


Baru nanti sesudah tumbuhan berusia dewasa, dengan akar tumbuhan yang sudah cukup dalam untuk mencari air tanah sendiri maka penyiraman sanggup dikurangi menjadi sehari sekali atau dua hari sekali.


Dengan tiga pilihan teknik cara menanam daun sirih yang gampang tersebut, tehnik manakah yang akan Anda coba ?




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "3 Teknik Mudah Cara Menanam Daun Sirih (Piper Betle)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel