iklan

5 Langkah Mudah Cara Menanam Pisang

Pisang yaitu salah satu buah tropis yang mempunyai banyak manfaat sebagai sumber vitamin b 5 Langkah Mudah Cara Menanam Pisang
gambar 5 langkah cara menanam pisang

Pisang yaitu salah satu buah tropis yang mempunyai banyak manfaat sebagai sumber vitamin bagi badan Anda. Bahkan para jago gizi di dunia sangat menganjurkan untuk rutin mmengkonsumsi buah pisang lantaran buah tersebut kaya akan nutrisi penting bagi tubuh.Cara menanam pisang tidaklah terlalu sulit, lagipula budidaya buah pisang sudah banyak dilakukan oleh para petani di Indonesia.


Meskipun demikian, budidaya pisang masih merupakan peluang perjuangan yang sangat potensial lantaran buah pisang diminati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia bahkan Anda sanggup menembus pasar luar negeri kalau mengetahui cara menanam pisang yang benar hingga bisa menghasilkan hasil panen pisang yang sesuai dengan kriteria pasar luar negeri.


Untuk mempraktekkan cara menanam pisang yang baik, sebelumnya penting untuk menentukan lokasi lahan yang cocok bagi pertumbuhan pohon pisang. Berikut 5 syarat umum menentukan lahan bagi tumbuhan pisang :



  1. Cara menanam pisang sebaiknya diwilayah tropis, dimana sumber sinar matahari serta air hujan tersedia sepanjang tahun.

  2. Curah hujan diantara 1.500 mm/th hingga 3.000 mm/th

  3. Tanaman pisang tumbuh baik pada lahan dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 2500 meter diatas permukaan laut

  4. PH tanah netral

  5. Diutamakan lahan gembur serta banyak mengandung humus


Setelah lahan Anda tentukan lokasi yang cocok, maka selanjutnya cara menanam pisang  adalah sebagai berikut :


Panduan Cara Menanam Pisang Secara Tepat


Langkah ke – 1

Menentukan bibit, dalam pembibitan pohon pisang merupakan hal terpenting dalam cara menanam pisang biar hasil panen yang dihasilkan sesuai dengan impian serta sanggup memenuhi kriteria pasar untuk memudahkan Anda dalam menjual hasil budidaya pisang nantinya.


Pembibitan pisang umumnya dilakukan dengan cara vegetatif yaitu tunas. Sebaiknya Anda mendapat tunas pisang dari petani pisang yang sudah terbukti varietas dan hasil panennya biar Anda juga nantinya mendapat hasil panen yang baik pula.


Kreteria pemilihan bibit pisang yang ideal



  • Tinggi tunas pisang tersebut berkisar antara 100 hingga 150cm

  • Potongan umbi tunas pisang berdiameter antara 15 hingga 20 cm

  • Daun tunas pisang berbentuk menyerupai daun serta berhelai sempit.

  • Bersihkan tanah yang melekat pada umbi tunas pisang


Selengkapnya sanggup Anda lihat pada gambar dibawah ini, cara menentukan bibit pisang :


Pisang yaitu salah satu buah tropis yang mempunyai banyak manfaat sebagai sumber vitamin b 5 Langkah Mudah Cara Menanam Pisang
gambar bibit pisang yang ideal dan siap tanam

Pisang yaitu salah satu buah tropis yang mempunyai banyak manfaat sebagai sumber vitamin b 5 Langkah Mudah Cara Menanam Pisang
gambar bibit pisang hasil kultur jaringan

Langkah ke – 2

Persiapan lahan sebagai proses kedua cara menanam pisang. Setelah tunas pisang sudah Anda dapatkan dengan kriteria tersebut diatas, tahap selanjutnya dalam cara menanam pisang yang benar yaitu mempersiapkan lahan sebagai media tanam tunas pisang. Berikut yaitu langkah – langkah mempersiapkan lahan untuk cara menanam pisang :



  • Basmi gulma maupun rumput liar di sekitar lahan yang sanggup mengganggu pertumbuhan pohon pisang

  • Bajak atau cangkullah lahan untuk mendapat lahan yang gembur. Lahan gembur sangat baik untuk cara menanam pisang biar hasil panen sempurna.

  • Berikan pupuk sangkar untuk menambah unsur hara lahan yang diperlukan tumbuhan pisang, kemudian diamkan selama 1 ahad biar pupuk tercampur tepat menyatu dengan tanah.

  • Buatlah lubang tanam dengan ukuran kurang lebih 30 x 30 x 40 cm dengan jarak antar tumbuhan kurang lebih 3 x 3 meter.

  • Buatlah parit di sekitar lubang tumbuhan biar dikala hujan, lahan mempunyai drainase yang baik sehingga tidak menggenangi tumbuhan pisang.


Langkah ke – 3

Tahapan cara menanam pisang. Setelah bibit dan lahan sudah Anda persiapkan, selanjutnya yaitu memindahkan tunas pisang yang sudah Anda siapkan untuk ditanam di lubang tanam. Cara menanam pisang sebaiknya dimulai pada awal trend penghujan yaitu sekitar bulan september atau oktober biar tunas pisang yang gres ditanam mendapat pasokan air yang cukup.


Masukkan tunas pisang kedalam lubang tanam, kemudian tutup kembali dengan tanah yang sebelumnya sudah dicampur dengan pupuk sangkar sebagai nutrisi tunas pisang yang gres ditanam. Pastikan cara menanam pisang dalam posisi tegak, biar tidak mudah roboh dikala terkena air hujan maupun angin kencang.


Langkah ke – 4

Pemeliharaan tumbuhan pisang. Yaitu memelihara tumbuhan hingga masa panen tiba. Cara menanam pisang yang baik tidak hanya hingga pada tahap menanam, factor pemeliharaan tumbuhan juga merupakan hal penting dalam cara menanam pohon pisang.


Sebaiknya di dalam satu rumpun tumbuhan pisang maksimal hanya terdapat 3 hingga 4 pohon pisang, hal ini bertujuan biar unsure hara yang ada di dalam tanah cukup untuk menutrisi kebutuhan pohon pisang itu sendiri. Pohon pisang yang terlalu banyak dalam satu rumpun justru akan mengakibatkan pasokan nutrisi pohon pisang menjadi berkurang dari banyaknya pohon pisang yang tumbuh dalam satu rumpun.


Cara menanam pisang juga perlu dilakukan tahap penyiangan untuk membersihkan area lahan dari gulma maupun flora liar yang sanggup mengganggu pertumbuhan pohon pisang. Lakukan juga pemangkasan daun pohon pisang yang mongering biar pertumbuhan pohon pisang maksimal.


Pemupukan susulan dilakukan sehabis pohon pisang menginjak usia tanam kurang lebih 6 bulan untuk menjaga unsure hara lahan. Pengairan juga perlu dilakukan terutama kalau menginjak trend kemarau meskipun intinya pohon pisang tidak terlalu membutuhkan pengairan rutin pagi dan sore menyerupai tumbuhan lainnya.


Agar hasil panen buah pisang sanggup optimal, ada perlakuan penting supaya buah bisa dipanen secara optimal. Berikut kami berikan tips mudah merawat buah supaya buah semakin besar dan panen maksimal.



  • Setelah pohon berbuah, kemudian tandan pisang sudah maksimal (5-7 sisir). Anda harus segera memotong jantung (bunga pisang), meskipun masih ada kemungkinan tumbuh sisir ukuran kecil.

  • Bungkus buah dengan, karung atau plastik.

  • Berikan asupan pupuk secara maksimal, “Pupuk perangsang buah”

  • Tunggu hingga buah berubah warna hijau tua, itu artinya buah pisang siap untuk dipanen.


Pisang yaitu salah satu buah tropis yang mempunyai banyak manfaat sebagai sumber vitamin b 5 Langkah Mudah Cara Menanam Pisang
gambar pemotongan jantung pisang

Langkah  ke – 5

Buah pisang sudah sanggup dipanen dikala buah pisang sudah mulai berubah warna dari hijau muda menjadi hijau tua, atau agak kekuning-kuningan. Potonglah buah pisang dari tandannya dengan memakai pisau yang tajam, kemudian ditaruh terbalik biar getah dari tandan tidak mengotori buah pisang itu sendiri.


Setelah dipanen, pangkaslah batang pisang tersebut hingga ke umbinya, dan sebaiknya budidaya pohon pisang diganti dengan pertunasan dan melaksanakan cara menanam pisang dari awal lagi yaitu sehabis usia lahan mencapai umur 5 tahun untuk menjaga produktivitas pohon pisang serta mengembalikan kesuburan lahan.


Cara menanam pisang mudah bukan? Anda sanggup praktekkan sendiri di lahan pekarangan, kebun, tegalan, maupun pinggiran sawah yang kosong.  Tentunya cara menanam pisang ini sanggup dilakukan oleh siapa saja, dan termasuk Anda.


Bertani – bertani dan terus mencari inspirasi, Negri Agri takan berhenti, Info Inspirasi tani bersama Losta Agri.

www.infoagribisnis.com




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "5 Langkah Mudah Cara Menanam Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel