iklan

Cara Instalasi Sistem Operasi

Sistem operasi diinstall ke dalam cuilan tertentu dari harddisk. Lokasi tertentu ini biasa dikenal dengan istilah partisi disk. Terdapat sejumlah metode yang sanggup dipakai untuk menginstall sistem operasi. Penentuan metode ini sanggup didasarkan pada kondisi hardware, persyaratan sistem operasinya sendiri dan kebutuhan user.
Sebelum melaksanakan instalasi sistem operasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:
  • Struktur partisi yang akan dipakai Salah satu teknik yang dipakai untuk mengamankan data yang ada di komputer yaitu dengan menciptakan partisi yang berbeda untuk sistem dan data. Dengan adanya pemisahan ini akan memungkinkan nantinya sistem tersebut di-upgrade tanpa menghipnotis datanya. Pembagian ini juga sanggup membantu dalam proses backup dan restore.
  • Penentuan jenis sistem file Sistem file merupakan sistem administrasi file yang diterapkan sistem operasi untuk mengelola file-file yang tersimpan di harddisk. Ada banyak sistem file yang telah dikembangkan dikala ini. Beberapa yang sering dipakai yaitu FAT16/32, NTFS, HPFS, ext2, ext3, ext4. Setiap sistem operasi sanggup mempunyai lebih dari satu sistem file. Seperti Linux Ubuntu yang sanggup mengelola hampir semua sistem file yang ada dikala ini. Setiap sistem file yang dipilih mempunyai kekurangan dan kelebihannya masingmasing.
Berikut ini merupakan empat pilihan jenis instalasi sistem operasi:
  1. Instalasi Baru, Opsi ini sanggup dipakai apabila jaringan yang akan dibangun yaitu jaringan baru, ataupun adanya penambahan perangkat server gres yang tidak mendukung sistem operasi jaringan yang ada dikala ini. Jika menentukan opsi ini maka semua data pada partisi terpilih akan dihapus. Apabila ada aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya pada sistem operasi lama, maka nanti perlu diinstal kembali. 
    Sistem operasi diinstall ke dalam cuilan tertentu dari harddisk Cara Instalasi Sistem Operasi
  2. Upgrade, Opsi ini banyak dipakai pada sistem-sistem jaringan yang sudah berjalan. Opsi ini dilakukan biasanya sebab adanya perbaikan fitur yang ada pada sistem operasi yang digunakan, termasuk juga sebab fitur gres yang memang diperlukan. Dengan menentukan opsi ini aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya kemungkinan akan tetap sanggup dipakai sesudah upgrade. Opsi upgrade ini hanya akan mengganti file-file sistem operasi sebelumnya dengan yang baru.
    Sistem operasi diinstall ke dalam cuilan tertentu dari harddisk Cara Instalasi Sistem Operasi
  3.  Multi-boot, Apabila disyaratkan untuk ada lebih dari satu sistem operasi dalam satu komputer, maka opsi ini sanggup dipilih untuk memungkinkan penggunaan lebih dari satu sistem operasi. Nantinya, setiap sistem operasi akan ditempatkan pada partisinya masingmasing. Oleh sebab itu, perlu ada persiapan partisi sebelum melaksanakan instalasi multi-boot ini.
    Sistem operasi diinstall ke dalam cuilan tertentu dari harddisk Cara Instalasi Sistem Operasi
  4. Virtualisasi, Virtualisasi ini merupakan teknik yang memungkinkan instalasi sistem operasi dilakukan diatas sistem operasi yang ada dikala ini. Tidak dalam partisi tertentu namun dalam suatu file tertentu. File ini merupakan perwakilan dari suatu sistem komputer virtual. Satu komputer sanggup mempunyai lebih dari satu komputer virtual. Oleh sebab itu, instalasi lebih dari satu sistem operasi juga dimungkinkan dengan teknik ini. Beberapa aplikasi yang memungkinkan untuk menciptakan sistem virtual ini yaitu VirtualBox, VMWare, dan Virtual PC.
    Sistem operasi diinstall ke dalam cuilan tertentu dari harddisk Cara Instalasi Sistem Operasi

Sumber http://mmustanger.blogspot.com

0 Response to "Cara Instalasi Sistem Operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel