iklan

Cara Menanam Alpukat, Dengan Teknik Okulasi

Alpukat ialah salah satu buah yang mempunyai rasa nikmat dan mengandung banyak vitamin  bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh. Beragam manfaat buah alpukat sanggup Anda baca Selengkapnya. Lalu bagaimanakah cara menanam alpukat ? mari simak bersama ulasan teknik cara menanam alpukat.


Alpukat ialah salah satu buah yang mempunyai rasa nikmat dan mengandung banyak vitamin  ba Cara Menanam Alpukat, dengan Teknik Okulasi
pohon alpukat berbuah maksimal

Cara menanam alpukat harus memperhatikan beberapa faktor penentu, supaya pertumbuhan tanaman alpukat sanggup tumbuh dengan baik yang menghasilkan panen yang optimal. Faktor tersebut antara lain ialah faktor tanah, disamping beberapa faktor penentu lainnya dalam cara menanam alpukat menyerupai pembenihan, pengolahan lahan, penanaman, serta perawatan tumbuhan alpukat.


Tanah Yang Tepat Untuk Cara Menanam Alpukat


Budidaya alpukat akan kurang maksimal kalau Anda menanamnya di lahan yang mempunyai struktur tanah padat alasannya kekurangan pasokan air tanah, maupun tanah yang terlalu gembur jawaban sering tergenang air.


Sebaliknya, cara menanam alpukat sebaiknya di lakukan pada lahan berstruktur remah, lempung berpasir, serta banyak mengandung unsure hara yang diharapkan tanaman. Perhatikan system drainase lahan biar jangan hingga terdapat air tergenang di area tumbuhan yang sanggup mengakibatkan penyakit menyerupai anyir akar.


Setelah menemukan lahan yang cocok, sebelum memulai cara menanam alpukat, persiapkan dahulu lahan tersebut dengan melaksanakan beberapa hal menyerupai pembajakan biar tanah menjadi gembur, sumbangan pupuk sangkar untuk menambah nutrisi tanah yang diharapkan tumbuhan alpukat, serta pencucian lahan dari gulma maupun rumput pengganggu.


Cara Menanam Alpukat Dengan Biji


Cara menanam alpukat sanggup Anda lakukan memakai biji buah alpukat. Hanya saja memang cara menanam alpukat dari biji membutuhkan waktu yang cukup usang kalau dibandingkan dengan memakai benih tumbuhan alpukat dari hasil okulasi.


Alpukat ialah salah satu buah yang mempunyai rasa nikmat dan mengandung banyak vitamin  ba Cara Menanam Alpukat, dengan Teknik Okulasi
gambar penyemain alpukat dari biji

Untuk memulai cara menanam alpukat dari biji, Anda sanggup lakukan penyemain pribadi pada lahan. Pertama buatlah lubang pada lahan, untuk menanam biji. Jika Anda hendak menanam alpukat dalam jumlah yang banyak, maka pastikan jarak antar tumbuhan alpukat cukup rengggang alasannya percabangan tumbuhan alpukat yang sudah cukup umur cukup panjang dan besar. Berikan jarak tanam antara 10 hingga 15 meter untuk hasil terbaik cara menanam alpukat. Namun kalau lahan Anda terbatas, jarak yang diberikan sanggup diperpendek cukup hanya 5 meter saja.


Jangan lupa untuk menambahkan pupuk sangkar ataupun pupuk kompos yang sudah difermentasikan pada lubang tanam tersebut kemudian diamkan selama satu ahad biar pupuk sanggup terurai dengan baik sebelum ditanami. Lalu tancapkan ajir yang terbuat dari sebilah bambu untuk menandai keberadaan lubang tanam tersebut.


Biji alpukat yang akan ditanam harus sudah higienis dari kulit ari yang menyelimutinya. Cara menanam alpukat dengan biji tinggal memasukkan biji alpukat kedalam lubang tanam sedalam 5 cm dengan posisi kepingan biji yang lebih mengecurut menghadap ke atas. Setelah ditanam, tutup kembali biji alpukat dengan tanah maupun bubuk gosok dengan tanpa dipadatkan.


Setelah dikubur dengan tanah, maka tutup lubang tanam tersebut dengan dedaunan yang berukuran lebar yang berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah serta menghindari tanah menjadi padat dan kering jawaban terkena terpaan sinar matahari.


Cara Menanam Alpukat Dengan Okulasi


Sistem okulasi dilakukan kalau Anda hendak melaksanakan budidaya alpukat dengan jumlah yang banyak. Cara menanam alpukat dengan metode okulasi juga lebih menjamin tumbuhan alpukat yang tumbuh mempunyai karakteristik sifat yang hampir sama dengan induk tumbuhan sehingga tumbuhan alpukat akan tumbuh seragam dengan hasil panen yang optimal.


Pastikan bibit alpukat untuk okulasi berasal dari induk yang berkualitas yang ditandai dengan produktivitas buah tinggi, kualitas buah sempurna, serta terbebas dari aneka macam gangguan hama dan penyakit tanaman.


Alpukat ialah salah satu buah yang mempunyai rasa nikmat dan mengandung banyak vitamin  ba Cara Menanam Alpukat, dengan Teknik Okulasi
gambar cara menanam alpukat dengan sitem okulasi

Alpukat ialah salah satu buah yang mempunyai rasa nikmat dan mengandung banyak vitamin  ba Cara Menanam Alpukat, dengan Teknik Okulasi
gambar cara menanam alpukat dengan sitem okulasi

Alpukat ialah salah satu buah yang mempunyai rasa nikmat dan mengandung banyak vitamin  ba Cara Menanam Alpukat, dengan Teknik Okulasi
gambar bibit alpukat siap tanam

Langkah – langkah Okulasi dalam Cara Menanam Alpukat :



  • Sayatlah kulit pokok pohon alpukat dengan pisau tajam

  • Buatlah sayatan sepanjang 10 cm dan tarik kulit kayu pohon alpukat tersebut ke bawah hingga menjuntai menyerupai lidah

  • Selanjutnya potonglah kulit kayu tersebut hingga tersisa 5 cm

  • Sayat mata tunas pohon alpukat beserta sedikit kayunya dari cabang mata

  • Lepas kayu tersebut pelan – pelan tanpa merusak mata tunas

  • Masukkan kulit bermata tunas diantara kayu dan kulit batang kemudian tutup kembali menyerupai semula

  • Balut dengan plastik pita ataupun sabut kelapa dan usahakan biar mata tunas tidak tertutup.


Nah itulah tadi beberapa cara menanam alpukat dengan metode penanaman memakai biji buah maupun dengan tehnik okulasi. Setelah tumbuhan alpukat berhasil ditanam, tahap selanjutnya ialah perawatan tumbuhan alpukat menyerupai penyiraman, penyiangan, serta sumbangan pupuk susulan biar nutrisi yang diharapkan oleh tumbuhan alpukat tercukupi dengan baik.


Selamat menanam buah alpukat yang berkhasiat, ingin tahu lebih terang manfaat Buah alpokat

Baca : 7 Manfaat & Khasiat Penting Buah Alpukat  & Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Kulit




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Alpukat, Dengan Teknik Okulasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel