iklan

Cara Merubah Format Npwp Menjadi Format Number Di

Merubah Format NPWP Menjadi Format Number – NPWP merupakan kependekan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan kartu yang harus dimiliki oleh penduduk di Indonesia yang mempunyai penghasilan.

NPWP berupa kartu jenisnya ibarat kartu ATM, kartu ini berkhasiat sebagai identitas pengenal diri sebagai wajib pajak dalam melakukan hak dan kewajibannya dan sebagai sarana manajemen perpajakan.

Dalam pengetikan nomor NPWP ada lima belas digit angka yang dipisahkan oleh banyak sekali tanda baca. Setiap digit yang ada pada nomor NPWP tersebut mengandung instruksi tertentu dan mempunyai arti serta maksud tersendiri. 

Contoh format nomor NPWP ialah X X . X X X . X X X . X – X X X . X X X dan pola nomor NPWP ialah 09.254.294.3-407.000

Dari nomor NPWP tersebut sanggup diketahui dua digit pertama merupakan identitas wajib pajak. 

Enam digit kedua dari nomor NPWP ialah nomor urut registrasi yang diberikan kantor sentra DJP kepada KPP. Sati digit berikutnya dipakai KPP sebagai pengaman semoga tidak ada pemalsuan. 

Tiga digit keempat memberikan angka instruksi KPP. Sedangkan tiga digit terakhir ialah menjukkan status wajib pajak.

Namun di sini, saya tidak akan membahas apa itu pajak, bagaimana itu pajak dan hal lain wacana pajak, tetapi di sini saya akan memberikan gosip wacana bagaimana cara merubah format penulisan NPWP menjadi format number atau format angka pada ms. . 

Untuk merubah angka yang mempunyai format NPWP menjadi format Angka atau Number maka anda perlu menerapkan banyak rumus excel, yang terdiri dari kombinasi Fungsi left, Fungsi Mid, dan Fungsi Right
.
Merubah Format NPWP Menjadi Format Number  Cara Merubah Format Npwp Menjadi Format Number Di

Rumus Left dalam ms excel berkhasiat untuk mengambil beberapa karakter text yang di cell ms excel beberapa karakter dan dimulai dari kiri.

Fungsi MID berkhasiat untuk megambil beberapa karakter text dalam cell excel yang dimulai dari tengah dengan jumlah karakter tertentu.

Sedangkan rumus Right berkhasiat untuk mengambil beberapa karakter dalam cell excel yang dimulai dari karakter paling kanan.

Nah, dalam penulisan angka atau nomor NPWP selain ada angka terdapat pula karakter lain ibarat titik (.) dan tanda strip atau tanda penghubung (-). 

Nah untuk merubah format NPWP menjadi format angka atau number maka anda perlu menghilangkan karakter lain selain karakter angka, dalam artian menghilangkan tanda titik dan tanda stirp.

Karena excel hanya akan membaca cell tersebut sebagai format number jikalau karakter yang ada pada cell tersebut berupa angka saja, jikalau selain angka ada karakter lain ibarat huruf, spasi, titik, strip atau karakter lain selain angka, maka ms. akan membaca cell tersebut sebagai huruf.

Nah, eksklusif saja saya bagikan rumus untuk merubah format NPWP ke dalam format number rumusnya ialah sebagai berikut (untuk tanda koma, tidak semua computer memakai tanda koma, ada juga computer yang memakai tanda titik dua : atau ;  jadi sesuaikan dengan computer kau ya rumusnya).

=LEFT(A1,2)&MID(A1,4,3)&MID(A1,8,3)&MID(A1,12,1)&MID(A1,14,3)&RIGHT(A1,3)

Dan Jika anda petugas yang mengentri nomor NPWP anda perlu memasukkan format berikut ini pada kolom anda, supaya waktu anda mengetik tidak kelamaan dan tidak menghabiskan waktu anda untuk mengusut tanda titik atau strip sudah benar atau tidak. 

Dengan format ini sudah otomatis angka yang anda masukkan akan menyesuaikan.

00″.”000″.”000″.”0″-“000”.”000
Itu tadi yang sanggup saya sampaikan, semoga sanggup bermanfaat buat anda semua, terima kasih.

Sumber http://excelbelajar.blogspot.com

0 Response to "Cara Merubah Format Npwp Menjadi Format Number Di"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel