iklan

Contoh Teks Jawaban Kritis Beserta Strukturnya

2 Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Dalam kehidupan sehari-hari, insan selalu melaksanakan interaksi dengan orang lain. Interaksi tersebut pastinya akan menjadikan pandangan bermacam-macam sehingga perbedaan pendapat kerap di temukan. Lalu, bagaimana cara memberikan pendapat yang tepat?

Kita perlu mencar ilmu wacana teks jawaban kritis agar pendapat yang diutarakan tidak menyinggung perasaan orang lain. Teks jawaban kritis adalah suatu bacaan yang berisi mengenai gagasan yang di sampaikan oleh seseorang wacana duduk kasus yang sedang terjadi. Dan biasanya, teks jawaban kritis ini sering di gunakan dalam perdebatan atau diskusi dalam organisasi untuk membahas isu terkini.

Teks jawaban kritis mempunyai 3 struktur penyusunan dengan ciri-ciri :

  • Evaluasi, yang berisi pernyataan umum mengenai suatu yang akan di sampaikan
  • Deskripsi teks, berisi mengenai jawaban kritis yang memuat informasi wacana data, pendapat yang mendukung atau melemahkan pernyataan.
  • Penegasan ulang, penggalan terakhir teks yang berisi penegasan ulang mengenai suatu yang sudah di lakukan maupun diputuskan.
  1. Judul : Pergaulan Bebas

Evaluasi

Di zaman sekarang, banyak di jumpai dewasa yang terjebak dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas merupakan bentuk sikap menyimpang yang sanggup di katakan melewati batasan lantaran sudah melanggar norma hidup.

Deskripsi Teks

Pergaulan bebas mempunyai pengaruh negative salah satunya yaitu melanggar aturan (mabuk).

Tak hanya pengaruh negative, pergaulan bebas menunjukkan pengaruh positif antara lain mempunyai banyak teman, mengendalikan diri di tengah masyarakat dan cara berkomunikasi.

Remaja Indonesia kerap menjiplak hal-hal kurang baik menyerupai orang barat menyerupai berciuman yang di anggap hal wajar.

Pergaulan bebas timbul lantaran rasa gengsi, broken home, faktor keluarga hinga kurangnya lain. Selain itu, faktor teknologi juga kuat terhadap pergaulan bebas contohnya terusan internet dan televisi yang sering memicu dewasa melaksanakan hal yang kurang tidak baik.

Penegasan ulang

Ketika sudah mengetahui penyebab pergaulan bebas, sebaiknya orang bau tanah harus sanggup lebih mengawasi dan mendidik anak supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Caranya, dengan menentukan tontonan yang baik dan juga pemanfaatan internet sebaik mungkin.

  1. Judul : Sekolah Menengan Atas atau SMK?

Evaluasi

Bagi anda yang sudah menuntaskan pendidikan SMP, mungkin akan merasa galau untuk melanjutkan sekolah antara Sekolah Menengan Atas atau SMK. Menentukan pilihan antara Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan tentu harus berdasarkan pada beberapa faktor.

Deskripsi

Apabila anda menentukan SMA, akan memudahkan nantinya dalam memasuki dingklik perkuliahan. Misalnya, untuk jurusan IPS maka pilihan perguruan tinggi tinggi berkaitan dengan ilmu social.

Jika dilihat dari segi praktek lapangan, Sekolah Menengan Atas lebih menekankan teori dibandingkan lapangan.

Sedangkan SMK, pelajaran yang di berikan focus pada kegiatan praktik di bandingkan dengan teori.

Sebenarnya, Sekolah Menengah kejuruan juga sanggup melanjutkan di perguruan tinggi tinggi, namun terbatas pada beberapa jurusan saja, sedangkan Sekolah Menengan Atas sanggup menentukan sesuai dengan jurusan manapun yang sesuai.

Dalam dunia pekerjaan, dalam mencari pekerjaan akan lebih gampang alasannya yaitu pada Sekolah Menengah kejuruan sudah mempunyai keahlian tertentu.

Penegasan Ulang

Melihat beberapa pertimbangan diatas, Sekolah Menengah kejuruan sanggup pribadi bekerja juga sanggup melanjutkan kuliah. Hanya saja, dalam menentukan kegiatan studi di perguruan tinggi tinggi terbatas. Sedangkan SMA, sanggup menentukan kuliah apapun yang di inginkan asalkan sesuai dengan jurusan sewaktu di SMA.

Sekian ulasan tentang Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya semoga artikel dari ayoksinau.com sanggup bermanfaat untuk teman-teman.

Baca juga artikel kami lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Contoh Teks Jawaban Kritis Beserta Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel