iklan

Digital Forensik : Free Tools Digital Forensik

Dua hari ini aku sedang tertarik membaca sebuah buku security berjudul “Insident Response, Computer Forensic Toolskits” yang ditulis oleh Douglas Schweitzer. Yang menarik dari judul diatas yakni apa yang aku tebalkan : Forensic Toolkit. Iseng-iseng lalu aku search, dan mampir ke wikipedia.


Di Wikipedia, digital forensic toolkit dibagi menjadi tiga tipe/macam, yakni :


1. Komputer forensic tools -> yakni tools yang dipakai untuk menemukan bukti aturan yang ditemukan dalam sebuah komputer atau media penyimpanan. Tujuan dari tools ini yakni untuk mengusut media digital secara forensik untuk mengidentifikasi, melestarikan, memulihkan, menganalisis dan menyajikan fakta dan pendapat mengenai suatu warta yang ditemukan dalam media tersebut. Tool gratis yang sanggup dipakai untuk kepentingan ini yakni : Dua hari ini aku sedang tertarik membaca sebuah buku security berjudul  Digital Forensik : Free Tools digital Forensik


-SANS Investigative Forensics Toolkit – SIFT

-Digital Forensics Framework

-PTK Forensics

-The Sleuth Kit

-Categoriser 4 Pictures

-Open Computer Forensics Architecture

-OSForensics


2. Memory forensic tools -> Tools ini dipakai untuk memeriksa/menganalisa Volatile Memori Komputer (RAM) Tools ini dipakai untuk merespon suatu tragedi yang terjadi pada memori komputer (RAM) yang datanya akan segera hilang saat komputer di shutdown, dengan cepat akan mengusut malware yang tersembunyi, mengusut sistem operasi dan proses lain yang sedang berjalan di memori. Tools yang sanggup dipakai diantaranya yakni :


CMAT

Volafox

Volatily


3. Mobile forensic tools -> (bersambung)



Sumber http://jasait.com

0 Response to "Digital Forensik : Free Tools Digital Forensik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel