iklan

Freebsd : Trik Untuk Mengupgrade Aplikasi Ports Yang Sudah Diinstall

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya suatu aplikasi, adakalanya tiba kebutuhan untuk mengupgrade aplikasi tersebut. Kebutuhan tadi sanggup jadi merupakan kebutuhan yang mendesak, contohnya alasannya ada problem pada keamanan di aplikasi tersebut atau alasannya adanya fitur gres yang dibutuhkan oleh sistem, atau mungkin alasannya hanya iseng ingin mengupgrade saja. Untuk alasan yang terakhir saya tidak menyarankan, alasannya sesuai dengan jargon sysadmin : If its not broken, don’t fix it!. Apalagi untuk server produksi, kalau tidak bermasalah jangan diganggu.


Nah, kalau tiba kebutuhan untuk mengupgrade suatu aplikasi dan aplikasi tersebut diinstall melalui sistem ports di FreeBSD, maka setidaknya ada tiga cara untuk melaksanakan upgrade aplikasi tersebut :


Pertama : Menggunakan portupgrade

Sebelum sanggup memakai utilitas portupgrade, maka terlebih dahulu kita harus menginstall aplikasi portupgrade ini. Aplikasi portupgrade ada pada direktori /usr/ports/port-mgmt/portupgrade. Sebagai superuser lakukan perintah berikut untuk menginstall portupgrade :


#cd /usr/ports/port-mgmt/portupgrade
#make install clean

Untuk menguprade port dengan portupgrade sangat mudah, yakni cukup dengan menjalankan perintah :


portupgrade -a

Untuk mengupgrade semua ports yang sudah ketinggalan jaman, perhiasan option i sanggup dipakai semoga setiap proses upgrade memperlihatkan konfirmasi. Kemudian kalau hanya ingin mengupgrade aplikasi tertentu, maka gunakan option -R, contohnya :


portupgrade -R nano

Untuk mengupgrade aplikasi nano saja, sedangkan untuk mengupgrade aplikasi melalui paket (bukan melalui ports) sanggup memakai option PP


portupgrade -PP kde

Kedua : Menggunakan Portmanager

Untuk sanggup melaksanakan proses upgrade aplikasi memakai portmanager, terlebih dahulu perlu diinstall aplikasi portmanagernya. Untuk menginstall aplikasi portmanager lakukan perintah berikut sebagai superuser :


#cd /usr/ports/ports-mgmt/portmanager
#make install clean

Setelah proses instalasi berhasil, sanggup memakai perintah berikut untuk mengupgrade semua ports yang sudah ketinggalan jaman :


portmanage -u

Dengan perhiasan option -i maka proses instalasi akan memperlihatkan konfirmasi untuk setiap aplikasi yang akan di upgrade. Portmanager juga sanggup dipakai untuk menginstall aplikasi baru, berbeda dengan proses instalasi biasa memakai “make install clean” proses instalasi memakai portmanager akan sekaligus mengupgrade aplikasi tersebut dengan versi paling gres termasuk semua file dependency-nya. WOW.


Apabila terdapat port dengan dependency yang bermasalah, portmanager sanggup dipakai untuk membangun ulang semua file dependencynya yang berafiliasi dengan port tersebut hingga tuntas. Gunakan option f untuk keperluan tersebut


portmanager graphics/gimp -f

Ketiga : Menggunakan Portmaster


Cara terakhir untuk melaksanakan upgrading port yang sudah terinstall memakai port di FreeBSD yaitu memakai aplikasi portmaster. Untuk menginstall portmaster, jalankan perintah berikut sebagai root :Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya suatu aplikasi FreeBSD : Trik Untuk Mengupgrade Aplikasi Ports yang sudah diinstall


#cd /usr/ports/ports-mgmt/portmaster
#make install clean

Portmaster membagi ports menjadi empat bab yakni :


1. Root ports (no dependencies, no depended on) yakni aplikasi ports berdikari yang tidak tergantung dengan aplikasi lain dan tidak menjadi gantungan aplikasi lain.


2. Trunk ports (no dependencies, are depended on) yakni aplikasi ports yang tidak tergantung dengan aplikasi lain akan tetapi menjadi gantungan bagi aplikasi lain/aplikasi lain memerlukannya untuk sanggup jalan.


3. Branch ports (have dependencies, are depended on) yakni aplikasi ports yang tergantung pada aplikasi lain dan menjadi gantungan/diperlukan bagi aplikasi lain untuk jalan.


4. Leaf ports (have dependencies, no depended on) yakni aplikasi ports yang tergantung pada aplikasi lain akan tetapi tidak menjadi gantungan/tidak dibutuhkan oleh aplikasi lain untuk jalan.


Untuk melist aplikasi yang terinstall dan memerlukan update sanggup memakai opsi -L :


portmaster -L

Untuk mengupgrade semua yang aplikasi sanggup memakai opsi -a :


portmaster -a

Secara default portmaster akan melaksanakan backup terhadap aplikasi yang di upgrade sebelum diganti/dihapus dengan aplikasi baru. Jika proses upgrade berhasil, maka aplikasi usang akan dihapus. Dengan opsi -b akan mencegah portmaster menghapus secara otomatis. Jika ada problem pada ketika proses upgrade gunakan opsi -f yang akan mengupgrade/rebuild semua port yang ada. Portmaster, menyerupai juga portmanager  bisa dipakai untuk menginstall aplikasi baru. Instalasi memakai portmaster akan mengupgrade semua dependencynya terlebih dahulu sebelum menginstall aplikasi gres tersebut.


Demikian tips dan trik instalasi aplikasi melalu ports FreeBSD kali ini, semoga bermanfaat



Sumber http://jasait.com

0 Response to "Freebsd : Trik Untuk Mengupgrade Aplikasi Ports Yang Sudah Diinstall"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel