iklan

Ini Ia 2 Cara Simpel Menciptakan Pupuk Cair Organik

Di kurun pertanian modern menyerupai kini Ini Dia 2 Cara Mudah Membuat Pupuk Cair Organik
pupuk cair organik

Di kurun pertanian modern menyerupai sekarang, pemanfaatan limbah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat semakin gencar dilakukan oleh para petani untuk mengoptimalkan budidaya pertaniannya. Salah satunya yaitu pembuatan pupuk cair organik yang sanggup dibentuk dengan memakai materi limbah di sekitar Anda.


Bagi para petani tentunya sudah mencicipi betapa harga pupuk di Indonesia semakin tak terjangkau, sementara pemerintah Indonesia pun seolah-olah tidak sanggup melaksanakan hal yang nyata, untuk membantu kebutuhan pupuk. Harganya terus melambung tinggi.


Untuk itulah pembuatan pupuk cair organik dari materi limbah merupakan salah satu solusi kasatmata bagi kebutuhan pupuk para petani di Indonesia.


Pembuatan pupuk cair organik selain sanggup memangkas biaya pembelian pupuk, juga mempunyai nilai tambah tersendiri. Semakin gencarnanya agresi kampanye go green yang secara pribadi berdampak positif, pada ekspresi dominan konsumen untuk lebih menentukan hasil pertanian organik tanpa adonan pupuk kimia maupun pestisida tanaman.


Secara umum, jikalau dibagi menurut bentuk dasarnya, maka pupuk organik dibagi menjadi dua jenis yaitu :



  1. Pupuk cair organik

  2. pupuk padat organik atau lebih dikenal masyarakat sebagai pupuk kompos.


 Sedangkan jikalau dibagi menurut fungsinya, maka pupuk organik dibagi menjadi tiga jenis yaitu:



  1. Pupuk organik perangsang akar

  2. Pupuk organik perangsang buah ; Cara pembuatanya Baca selengkapnya

  3. Pupuk organik perangsang daun ; Cara pembuatanya Baca selengkapnya


Pupuk Cair Organik Perangsang Akar


Apa itu perangsang akar? perangsang akar yaitu zat aktif yang bisa secara signifikan mempercepat tumbuhnya akar tanaman. perangsang akar banyak dipakai pada biji tumbuhan biar cepat tumbuh akar sebelum ditanam, pada ketika menyemaikan stek batang, maupun sehabis tumbuhan sudah ditanam di lahan.


Perangsang akar umumnya berbentuk cair, alasannya yaitu materi cair akan lebih memudahkan fungsi perangsang akar biar lebih optimal. Stek batang maupun biji yang akan disemai tinggal direndam di dalam pupuk cair perangsang akar. Nah, bayangkan jikalau pupuk organik perangsang akar berbentuk padat maka penggunaannya akan sedikit lebih susah.


Cara Membuat Pupuk Organik Cair untuk Perangsang Akar


Untuk menciptakan pupuk organik cair sendiri, Anda sanggup memakai banyak sekali produk limbah yang banyak terdapat di sekitar Anda. Berikut akan Kami berikan beberapa pola cara menciptakan pupuk cair organik dari materi limbah, menyerupai air kencing dan bawang merah yang tidak lolos sortir untuk dijual.


Pupuk Cair Organik dari Air Kencing


Persiapam Bahan:



  • Kaleng bekas berbahan plastik yang bebas kandungan materi kimia berbahaya

  • 250 cc air kencing ternak betina ( kerbau, sapi, kambing, kelinci, domba )

  • 9 gelas air sumur atau air sungai yang bersih

  • Ember plastik


Cara Membuat Pupuk Cair Organik :



  • Campurkan air kencing ternak betina dengan 9 gelas air sumur tersebut kedalam baskom yang telah disediakan.

  • Aduk sampai merata dan pupuk cair organik telah siap untuk digunakan

  • Sebisa mungkin tidak memakai air yang mengandung kaporit menyerupai air sanyo, gunakan air alami tanpa adonan zat kimia menyerupai air sumur ataupun air sungai alami.


Cara Penggunaan Pupuk Cair Organik untuk Merangsang Akar



  • Untuk stek batang , pindahkan pupuk cair organik secukupnya kedalam kaleng plastik yang telah disediakan, kemudian rendam batang stek di dalam kaleng plastic tersebut selama 5 menit

  • Untuk Cangkok batang, usapkan pupuk cair organic perangsang akar ini pada kulit batang yang dikelupas sebelum dibungkus ketika proses pencangkokan

  • Untuk menyemai biji, rendamlah biji tumbuhan selama 12 jam di dalam baskom yang berisi pupuk cair organic dari materi air kencing ini untuk mempercepat tumbuhnya akar.


Pupuk Cair Organik dari Bawang Merah


Persiapan bahan



  • 1 ons bawang merah yang tidak lolos sortir untuk dijual, yaitu bawang merah yang berukuran kecil ataupun yang sudah membusuk

  • Ember plastik bekas

  • Saringan

  • 500 cc air higienis dari sumur atau sungai


Cara Membuat Pupuk Cair Organik :



  • Tumbuklah bawang merah tersebut sampai pecah namun tidak perlu terlalu lembut

  • Masukkan kedalam baskom plastik

  • Tambahkan 500 cc air higienis dari sumur atau sungai

  • Setelah menunggu selama 1 jam, saringlah air tersebut biar ampas bawang merah tidak tercampur kedalam pupuk cair organk tersebut


Penggunaan Pupuk Cair Organik dari Bawang Merah:



  • Untuk tumbuhan padi atau sayuran, campurkan 1 liter pupuk cair organic tersebut dengan 20 liter air sumur, kemudian siramkan diatas lahan lokasi tumbuhan Anda

  • Untuk cangkok batang, oleskan batang yang sudah dikelupas dengan pupuk cair organik, serta rendam sabut kelapa yang akan dipakai untuk membungkus pencangkokan dengan pupuk cair organic selama 10 menit.


Demikianlah beberapa tips cara menciptakan pupuk cair organik yang sanggup dibentuk dari materi limbah di sekitar Anda. Selanjutnya Baca : Cara menciptakan pupuk kompos mudah & mudah.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Ia 2 Cara Simpel Menciptakan Pupuk Cair Organik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel