iklan

Mengapa Setan Dan Jin Berkeliaran Menjelang Malam.?

DALAM sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menganjurkan lima hal ketika sore hari menjelang malam tiba.

1. menyuruh masuk dan membisu anak-anak,

2. menutup pintu, alasannya ialah dengan demikian, setan tidak akan mengganggu anak tersebut juga setan tidak akan sanggup masuk ke dalam rumah yang sudah terkunci dengan menyebut nama Allah sebelumnya.

3. mengikat (menutup) kawasan air.

4. menutup baskom dan wadah-wadah, alasannya ialah setan juga tidak akan sanggup membuka kawasan air dan bijana yang disebutkan nama Allah sebelumnya, dan matikanlah lampu apabila menjelang tidur.

5. matikan lampu sebelum tidur alasannya ialah dengan demikian, kita akan terhindar dari ancaman kebakaran yang seringkali dilakukan setan. Setan seringkali bermaksud untuk membakar rumah dan penghuninya dengan jalan ibarat seekor tikus kemudian menubruk kawasan lampu tersebut sehingga api sanggup menjalar. Untuk itu Rasulullah menganjurkan semoga lampu dimatikan sebelum tidur. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut:

“Ibnu Abbas berkata: “Suatu hari seekor tikus tiba menyeret kain yang dipintal kemudian dilemparkan ke hadapan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang sedang duduk di atas tikar. Kemudian kain dipintal yang dibawa tikus tadi terbakar persis sebesar uang dirham. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Kemudian bersabda: “Apabila kalian tidur, matikanlah lampunya, alasannya ialah syaithan seringkali berwujud seekor tikus yang membawa sesuatu (yang gampang dibakar) yang ditujukkan ke lampu tersebut sehingga sanggup membakar kalian,” (HR. Abu Dawud dengan sanad shahih).


Dalam hadits lain juga dikatakan:

“Dari Jabir, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Janganlah kalian melepaskan hewan peliharaan dan belum dewasa kalian ketika matahari terbenam sehingga hitam legammnya sore hari (sunda=layung) betul- betul hilang, alasannya ialah setan-setan berkeliaran ketika matahari terbenam hingga dikala dimana hitam legamnya sore hilang (sampai waktu malam tiba)” (HR. Muslim).

Mengapa setan berkeliaran pada waktu menjelang malam? Menurut Ibn al-Jauzi, alasannya ialah gerak gerik setan pada waktu malam jauh lebih gesit dan berpengaruh dari pada waktu siang. Karena waktu gelap bagi setan ialah waktu yang lebih fresh dan lebih menguatkannya, di samping memang kegelapan dan warna hitam ialah kesukaan setan. Karena itulah, dalam salah satu hadits Rasulullah Saw mengatakan: “Anjing hitam itu ialah setan”.

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila sore hari menjelang malam tiba, tahanlah (di dalam rumah) belum dewasa kecil kalian, alasannya ialah pada dikala itu setan berkeliaran. Apabila permulaan malam sudah tiba, diamkanlah belum dewasa kalian di dalam rumah, tutuplah pintu-pintu (termasuk jendela) kalian dengan terlebih dahulu menyebut nama Allah alasannya ialah setan tidak akan sanggup membuka pintu yang terkunci dengan menyebut nama Allah sebelumnya, dan ikatlah kendi-kendi air kalian (qirab ialah jama dari qurbah yakni kawasan air yang terbuat dari kulit dan di ujungnya biasa diikat dengan tali untuk menghalangi kotoran masuk) sambil menyebut nama Allah, tutuplah bejana-bejana atau wadah-wadah kalian sambil menyebut nama Allah meskipun hanya ditutup dengan sesuatu alakadarnya dan matikanlah lampu-lampu kalian (kalau mau tidur),” (HR. Bukhari Muslim).
(lihat juga dalam Fathul Bari, VI/342).

Dikutip dari Islam Pos
Sumber http://sabenggo1.blogspot.com/

0 Response to "Mengapa Setan Dan Jin Berkeliaran Menjelang Malam.?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel