iklan

Pemanfaatan Binatang Dan Tumbuhan Bagi Manusia

Manusia di bumi niscaya membutuhkan binatang dan flora untuk kebutuhan sehari-hari. Bayangkan tidak ada binatang dan tumbuhan? Kita niscaya kelaparan. Makara binatang dan flora itu sangat penting bagi manusia.
1. Bagian badan binatang yang dimanfaatkan oleh insan dan cara mengatasinya
Tanduk, kulit, rambut, bulu, sirip, cula, gading, hati yakni salah satu kepingan binatang yang dimanfaatkan oleh manusia.
a. Tanduk
Tanduk dipakai insan sebagai hiasan. Contoh binatang yang dimafaatkan tanduknya sebagai hiasan yakni rusa. Cara mengatasinyaadalah menciptakan replica tanduk.
b. Kulit
Kulit dimanfaatkan insan untuk menciptakan jaket, sepatu, sabuk, dll. Contoh binatang yang dimanfaatkan kulitnyqa yakni ular, harimau, baya, rusa, dll. Cara mengatasinya yakni mengatasinya yakni menciptakan materi sintetis sebagai pengganti kulit.
c. Rambut
Rambut dimanfaatkan insan untuk menciptakan jaket. Contoh binatang yang diambil rambutnya untuk menciptakan jaket yakni domba. Cara mengatasinya yakni mengunakan materi sintetis.
d. Bulu
Bulu sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan topi, hiasan, aplikasi baju, kemoceng, dll. Contoh binatang yang dimanfaatkan bulunya yakni bulu ayam, bulu cendrawasih, dan bulu merak. Cara mengatasinya yakni dengan memakai bulu sintetis.
e. Sirip
Sirip dimanfaatkan untuk menciptakan makanan. Contoh binatang yang di ambil siripnya sebagai materi masakan yakni sirip hiu dan sirip ikan kecil. Cara mengatasinya yakni mengganti sirip dengan memakan masakan lain.
f. Cula
Cula dimanfaatkan untuk menciptakan obat (walaupun belum teruji kebenaranya). Contoh binatang yang diambil culanya yakni badak. Cara mengatasinya yakni mengganti cula dengan materi flora atau materi kimia.
g. Gading
Gading sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan hiasan rumah. Contoh binatang yang mempunyai gading yakni gajah. Cara mengatasinya yakni menciptakan replica gading.
h. Hati
Hati dimanfaatkan untuk menciptakan minyak. Contoh binatang yang sanggup diambil hatinya yakni ikan paus dan rusa. Cara mengatasinya yakni mengganti hati dengan flora kayu putih.

2. Bagan flora yang dimanfaatkaan oleh manusia
Bagian flora yang sering dimanfaatkan oleh insan yakni kayu, daun, buah, biji,bunga, dan akar. Tumbuhan yang sering diambil manfaatnya, maka flora tersebut akan di tebangi terus-menerus, dan akan menimbulkan kepunahan tumbuhan. Jika flora punah habitat hewanpun ikut punah, maka hewan-hewan yang tadinya berada di pohon maka akan berpindah ke permukiman penduduk. Berikut ini flora yang diambul manfaatnya:
a. Kayu
Kayu dimanfaat kan untuk materi bangunan. Contoh flora yang dimanfaatkan kayunya untuk menciptakan materi bangunan yakni flora jati, mahoni, kelapa, dll.
b. Daun
Daun sanggup untuk menciptakan atap rumah, pembungkus makanan, materi makanan, dll. Contoh flora yang dimanfaatkan daunya yakni daun singkong, bayam, pisang, kelapa, dll.
c. Buah
Buah dimanfaatkan untuk materi masakan dan obat-obatan. Contoh flora yang dimnfaatkan daunya yakni mentimun, jambu, durian, dll.
d. Biji
Biji sanggup untuk dijadikan materi makanan. Contoh flora yang diambil bijinya untuk materi masakan yakni jagung, kacang tanah, padi, kedelai, dll.
e. Bunga
Bunga dimanfaatkan untuk dijadikan materi masakan dan obat-obatan. Comtoh bunga yang sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan materi masakan dan obat-obatan yakni melati, kubis, turi, dll.
f. Akar
Akar dimanfaatka insan untuk obat-obatan dan pewarna alami. Contohnya, akar alang-alang dan akar tinggal.




Sumber http://calya-chesta.blogspot.com/

0 Response to "Pemanfaatan Binatang Dan Tumbuhan Bagi Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel