iklan

Pengertian Dan 5 Fungsi Sistem Isu Akuntansi Lengkap

Pengertian Dan FungsiSistem Informasi Akuntansi Lengkap – biasanya sering dikaitkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi. Secara bahasa, sistem merupakan rangkaian unsur-unsur yang membentuk satu kesatuan untuk menjalankan sebuah proses untuk mendapat hasil atau mencapai tujuan tertentu.

Sistem akuntansi juga ternyata erat kaitannya dengan teknologi sebagai rangkaian penyajian warta yang terstruktur perihal laporan akuntansi.

Akuntansilengkap.com pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian komponen pendukung dan fungsi sistem warta akuntansi.

Pengertian Dan FungsiSistem Informasi Akuntansi Lengkap Pengertian Dan 5 Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Lengkap

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi


Menurut Mulyadi sistem warta akuntansi yakni organisasi formulir, catatan dan laporan yang diatur dan dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan warta keuangan yang diperlukan oleh administrasi yang akan memudahkan pengelolaan perusahaan.

Menurut Nugroho (2001) menyatakan bahwa Sistem warta akuntansi yakni susunan formulir, catatan, peralatan termasuk komputer dan perlengkapannya serta alat komunikasi, tenaga pelaksanaannya dan laporan yang terkoordinasi secara bersahabat yang didesain untuk mengolah data keuangan menjadi warta yang diperlukan manajemen.

Baca juga: Tujuan Sistem Informasi Akuntansi Lengkap Menurut Para Ahli

Komponen Sistem Informasi Akuntansi


1. Orang yang mengoperasikan sistem dan melakukan aneka macam fungsi.

2. Prosedur, baik manual maupun yang sudah terotomatisasi yang dilibatkan dalam proses pengumpulan, pengolahan, penyimpanan data perihal acara bisnis organisasi.

3. Data perihal proses bisnis organisasi.

4. Software (aplikasi) yang dipakai untuk memproses data organisasi.

5. Fasilitas dan Infrastruktur teknologi informasi.

Baca juga: Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan

 Fungsi Sistem Informasi Akuntansi


Dari komponen diatas maka dalam suatu organisasi atau perusahaan SIA sanggup memenuhi fungsi pentingnya diantaranya:

1. Menghimpun dan merecord (merekam) semua data kegiatan bisnis organisasi secara efisien dan efektif , serta sumber daya yang besar lengan berkuasa dan pihak-pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

2. Menangkap data transaksi pada dokumen-dokumen sumber.

3. Membuat dan Mencatat data transaksi kedalam jurnal-jurnal secara kronologis sesuai dengan yang terjadi. Tujuannya biar pihak manajemen, karyawan dan pihak eksternal perusahaan sanggup meninjau (review) kembali hal-hal yang terjadi.

4. Mengubah rangkaian data menjadi warta (dalam sistem yang manual, warta ini disediakan dalam bentuk dua kategori laporan utama yaitu Laporan keuangan Laporan manajerial). Hal Ini merupakan fungsi utama SIA alasannya warta (data) ini lah yang diperlukan baik internal maupun eksternal peusahaan.

5. SIA berfungsi sebagai penyedia warta untuk pengendalian. Perusahaan seringkali rentan dengan terjadinya kecurangan. Informasi sistem SIA yang yang handal dan sanggup mengemban amanah sanggup membantu memastikan bahwa sejumlah acara bisnis yang dilakukan efisien dan sesuai dengan tujuan   manajemen dan sanggup mengamankan (menjaga) kekayaan organisasi/perusahaan, termasuk untuk memastikan data tersebut tersedia apabila dibutuhkan.

Penerapan SIA yang efektif akan mendukung keberhasilan jangka panjang sebuah organisasi/perusahaan manapun.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang (4 Langkah Mudah)
  2. Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Dengan “5 Transaksi”
  3. Contoh Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa Dengan 4 Jenis Transaksi
  4. Contoh Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan Jasa Dengan 8 Transaksi
  5. Cara Membuat Neraca Lajur (Worksheet) Perusahaan

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

0 Response to "Pengertian Dan 5 Fungsi Sistem Isu Akuntansi Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel