iklan

Pengertian Konsep Berdasarkan Para Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsep berarti; pengertian, citra mental dari objek, proses, pendapat (paham), rancangan (cita-cita) yang telah dipikirkan. 

Agar segala acara berjalan dengan sistematis dan lancar, diharapkan suatu perencanaan yang gampang dipahami dan dimengerti. Perencanaan yang matang menambah kualitas dari acara tersebut. Di dalam perencanaan acara yang matang tersebut terdapat suatu gagasan atau pandangan gres yang akan dilaksanakan atau dilakukan oleh kelompok maupun individu tertentu, perencanaan tadi sanggup berbentuk ke dalam sebuah peta konsep.

Pada dasarnya konsep merupakan abstraksi dari suatu citra ide, atau berdasarkan Kant yang dikutip oleh Harifudin Cawidu yaitu citra yang bersifat umum atau abnormal wacana sesuatu. 

Fungsi dari konsep sangat beragam, akan tetapi pada umumnya konsep mempunyai fungsi yaitu mempermudah seseorang dalam memahami suatu hal. Karena sifat konsep sendiri ialah gampang dimengerti, serta gampang dipahami.


Adapun pengertian konsep berdasarkan para ahli:
  1. Soedjadi, mengartikan konsep ke dalam bentuk atau suatu yang abnormal untuk melaksanakan penggolongan yang nantinya akan dinyatakan kedalam suatu istilah tertentu.
  2. Bahri, konsep ialah suatu perwakilan dari banyak objek yang mempunyai ciri-ciri sama serta mempunyai citra yang abstrak.
  3. Singarimbun dan Efendi, konsep ialah suatu generalisasi dari beberapa kelompok yang mempunyai fenomena tertentu sehingga sanggup dipakai untuk penggambaran fenomena lain dalam hal yang sama.

Menurut pendapat para jago diatas sanggup disimpulkan bahwa konsep yang dimaksud adalah citra umum atau abnormal wacana perencanaan yang terungkap di dalam al-Qur’an.

Sumber: 
  1. Pusat Pembinaan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakrta: Balai Pustaka, 1994), h. 520.
  2. Harifudin Cawidu, Konsep Kufr Dalam al-Qur'an, Suatu Kajian Teologis Dengan Pendekatan Tematik (Jakarta: Bulan Bintang, 1991), h. 13.

Sekian uraian wacana Pengertian Konsep Menurut Para Ahli, supaya bermanfaat. 

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Konsep Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel