iklan

Pengertian, Macam-Macam,Dan Imbas Gaya Beserta Contoh

Gaya yaitu sesuatu benda yang ditarik atau didorong. Gaya tidak sanggup dilihat tetapi sanggup dirasakan. Hampir setiap hari kita melaksanakan gaya. Gaya sebenar nya ada banyak sekali macam jenis tapi gaya yang biasanya kita lakukan yaitu gaya dorongan dan gaya tarik. Contoh gaya dorongan yaitu mendorong meja, membuka pintu, dan mendorong gerobak. Contoh gaya tarik yaitu menarik air di sumur, menutup pintu, mengibarkan bendera.
Gaya sanggup memindah sesuatu benda menyerupai saata kita mendorong meja yang tadinya didalam kita dorong menjadi diluar dan pada dikala kita menendang bola yang tadinya di tengah kita tendang menjadi di pinggir.

Macam-Macam Gaya

Yang tadi kita bicarakan diatas gaya memiliki banyak sekali macam jenis. Nah kini kita akan mengenal macam-macam gaya.

Gaya Otot

Gaya otot yaitu gaya yang memakai tenaga otot atau dihasilkan oleh gaya tarikan dan dorongan. Contoh gaya otot yaitu mengangkat meja.

Gaya Gesek

Gaya gesek yaitu gaya yang terjadi dua benda bergesekan antara dua permukaan datar. Gaya gesek memperlambat gerak benda. Kenapa sih kok memperlambat gerak benda? Karena dua permukaan datar yang bergesekan. Gaya gesek juga sanggup mengakibatkan suara. Contoh gaya gesek pada dikala kita mengerem mobil, kendaraan beroda empat itu akan berhenti.

Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi yaitu gaya yang terjadi alasannya gravitasi bumi. Gaya gravitasi menyebab kan semua benda mengapung. Contoh gaya gravitasi yaitu buah kelapa yang jatuh dari pohonya.

Gaya Pegas

Gaya pegas yaitu gaya yang dihasilkan oleh sebuah pegas. Contoh gaya pegas pada dikala kita bermain ketapel.

Gaya Magnet

Gaya magnet yaitu gaya yang ditimbulkan oleh dorangan dan tarikan dari magnet. Contoh gaya magnet yaitu pada dikala kita mendekatkan magnet dengan besi magnet akan di dorong sehingga melekat dibesi itu. Benda yang tidak sanggup melekat pada magnet misalnya almunium, kayu, plastik,dll

Gaya Listrik

Gaya listrik yaitu gaya yang dihasilkan oleh listrik teladan gaya listrik yaitu pada dikala kita menyalakan kipas angin, menyalakan lampu, menyalakan komputer,dll

Pengaruh Gaya

Benda sanggup bergerak karna ada gaya yang timbul. Jika gaya tidak timbul maka benda mustahil bergerak atau berubah kedudukkannya.

Gaya Mempengaruhi Gerak Benda

Gaya yang diberikan ke sebuah benda menjadikan membuatkan perubahan misalnya diuraikan menjadi berikut
Benda membisu menjadi bergerak alasannya ada gaya, misalnya bola yang berhenti kita tendang menjadi bergerak.
Benda bergerak menjadi membisu misalnya pada dikala kita menggayuh pedal sepeda yang sepeda tadi bergerak di rem menjadi berhenti.
Benda bergerak menjadi berubah arah misalnya pada dikala kita menaiki motor yang tadinya bergerak kita belokan menjadi berubah arah.

Gaya Dapat Mengubah Bentuk Benda

Gaya yang kita lakukan juga mengubah bentuk benda. Contohnya
Almunium yang dibakar dan dipipihkan
Besi yang dibakar menjadi dipipihkan
Plastisin yang kita tekan akan berubah


Sumber http://calya-chesta.blogspot.com/

0 Response to "Pengertian, Macam-Macam,Dan Imbas Gaya Beserta Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel