iklan

Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode Dan Objek

AkuntansiLengkap.com – Hal yang penting dilakukan ketika ingin memasarkan produk yaitu mencari tahu sasaran pasarnya. Untuk melihat apakah suatu produk sanggup di terima di pasar dan konsumen,atau tidak, kita harus melaksanakan yang disebut riset pemasaran.

 Hal yang penting dilakukan ketika ingin memasarkan produk yaitu mencari tahu sasaran pasa Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek

Pengertian Riset Pemasaran


Riset pemasaran (research marketing) sanggup dikatakan sebagai penelitian sistematis dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan warta dan data, pengelolaan data dan interpretasi hasil penelitian. Riset pemasaran ini kebanyakan di urus oleh bidang marketing, sebab termasuk salah satu tugas – kiprah marketing.

Tujuan Riset Pemasaran


Adapun tujuan dari riset pemasaran yaitu untuk mengetahui dan menganalisa hal-hal yang diharapkan atau di perlukan pasar atau masyarakat dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis. Dalam melaksanakan riset pemasaran kita sanggup menerapkan sistem 5W + 1 H.

Dengan melaksanakan riset pemasaran akan diketahui produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut di butuhkan,dan kualitas produk ibarat apa yang diharapkan para konsumen. Dan sanggup juga untuk mengetahui seberapa besar pemintaan dan potensi permintaan, kapan seruan tersebut memuncak dan kapan seruan tersbut menurun.

Riset pemasaran sanggup menjamin perusahaan akan gampang ketika merencanakan seni administrasi bisnis biar sanggup menghasilkan laba yang optimal.

Jenis-Jenis Riset pemasaran


Dari hasil riset pemasaran tersebut kita sanggup menggunakannya untuk membuat sebuah perjuangan dan juga seni administrasi pemasaran (mengukur keberhasilan planning bisnis). Perlu diketahui jenis-jenis riset pemasaran, diantaranya sebagai berikut:

  1. Riset primer

Riset primer yaitu riset yang dilakukan dengan cara mengumpulkan warta atau data yang berasal dari hasil penjualan terkini dan efektif yang sedang dijalankan sekarang.

Cara dalam melaksanakan riset ini yaitu :

  • Dengan interview atau wawancara baik pribadi (bertatap muka) atau tidak pribadi (melalui telepon).
  • Dengan survey ke lokasi untuk melihat secara langsung.
  • Kuesioner (online/surat). Dengan menyebar kuesioner (angket) wacana pendapat masyarakat.
  • Diskusi kelompok untuk mengumpulkan sampel konsumen atau pelanggan potensial dan mendapat umpan balik yang dari mereka.
  1. Riset sekunder

Riset sekunder yaitu riset yang berfungsi menganalisis data yang sudah diterbitkan. Alhasil kita sanggup menemukan pesaing dan sanggup membangun tolak ukur kemudian mengidentifikasi sasaran.

Metode Riset Pemasaran


Pada umumnya ada 3 metode yang menjadi pilihan  pelaku bisnis dalam membuat riset pemasaran diantaranya:

1. Kuisioner

Metode ini dilakukan dengan memperlihatkan daftar pertanyaan wacana data yang kita perlukan untuk jenis perjuangan yang kita pilih. Syaratnya kita perlu menyiapkan calon responden yang berasal dari pelanggan potensial yang akan menjawab kuisoner. Yakinkan responden biar sanggup di ajak kerjasama untuk mengisi jawabannya dengan jujur dan benar. Bila perlu beri bingkisan yang menarik.

2. Riset Grup

Metode ini dilakukan dengan membentuk skelompok orang dari populasi utama pasar potensial kita. Tugas mereka yaitu memberikan apa saja yang mereka butuhkan, mencicipi produk atau jasa yang kita siapkan dan mereka diperkenankan memperlihatkan pendapat wacana kekurangan  wacana produk kita.

 3. Survey

Metode ini dengan cara yang cukup popular yaitu dengan membuat survey dengan mengajukan pertanyaan yang sederhana mengenai produk atau jasa yang akan kita riset. Pada umumnya survey ini bersifat acak dan seringkali dengan sukarela, jadi usahakan pertanyaanya tidak mengganggu. Namun belakangan ini sebutan survey juga merupakan nama lain dari kuisoner.

Objek Riset Pemasaran


Yang seringkali menjadi objek riset pemasaran yaitu sebagai berikut:

1. Produk : produk termasuk hal yang paling pokok dalam sebuah pemasaran, jikalau tidak ada produk/jasanya, kemudian apa yang harus di pasarkan?

2. Harga : Harga juga termasuk hal penting untuk di riset, tujuannya tentu untuk melihat kesesuaian antara harga dengan produknya.

3. Promosi : Riset promosi dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi terhadap pemasaran produk.

4. Distribusi : Distribusi juga tidak kalah penting dilakukan penelitian guna melihat apakah perjalanan distribusi berjalan dengan baik atau tidak

Riset pemasaran sudah selayaknya dilakukan baik perusahaan maupun individu yang gres ingin memulai atau yang sudah menjalankan usaha. Pengorbanan yang dikeluarkan ketika riset mungkin menjadi pertimbangan ketika melaksanakan riset, namun dampak yang dihasilkan apabila berhasil dilakukan tentu lebih banyak laba yang di dapat.

Terimakasih sudah membaca artikel ini , semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

0 Response to "Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode Dan Objek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel