iklan

Bagian-Bagian Bungan Lengkap Beserta Fungsinya | Ayoksinau.Com

Bagian bab Bunga – Pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama membahas wacana bab kepingan yang ada pada bunga. Sudahkah kalian tahu bagian-bagian yang ada pada bunga? Lalu bunga apa yang paling sering kalian jumpai disekitar kalian? Bunga sangatlah bermacam-macam, ada yang mempunyai komponen yang lengkap ada juga jenis bunga yang hanya mempunyai beberapa komponen saja. Dan untuk lebih jelasnya kita akan membahas bagian-bagian pada bunga serta variasi macam bunga.

Bagian Bagian Bunga

 Pada pembahasan kali ini kita akan sama Bagian-Bagian Bungan Lengkap Beserta Fungsinya | Ayoksinau.com

Bagian-bagian pada bunga mencakup meliputi pelengkap dan alat kelamin pada bunga.

1. Perhiasan Bunga

Perhiasan bunga merupakan bab dari bunga yang berbentuk lembaran menyerupai daun. Pada umumnya pelengkap bunga mencakup mahkota bunga dan kelopak bunga. Mahkota bunga terletak pada bulat dalam, biasanya berwarna-warni. Mahkota bunga yang mempunyai warna-warni berfungsi untuk menarik serangga penyerbuk. Selain dari itu mahkota bunga berkhasiat sebagai pelindung benang sari dan putik dan sebagai daerah hinggap serangga yang akan menghisap madu.

Tetapi terkadang mahkota bunga dengan kelopak bunga tidak sanggup dibedakan. Adanya pelengkap yang dimekian disebut dengan tenda bunga.

Beberapa teladan bunga yang mempunyai tenda bunga yaitu bunga pisang, bunga cempaka gading dan bunga kembang sungsang.

Pada pelengkap bunga sendiri ada yang terdiri dari bab yang dipisah-pisah yang berupa helaian yang lepas-lepas. Ada juga yang pada pangkalnya atau keseluruhan bagiannya bersatu.

2. Alat Kelamin Bunga (Alat Perkembangbiakan)

Bagian kelamin bunga terdiri dari alat pembiakan jantan yang disebut dengan benang sari dan alat pembiakan betina yang disebut dengan putik. Bagian dari benang sari biasanya akan terletak pada bulat sebelah luar putik.

A. Benang Sari

Bagian-bagian pada benang sari terdiri dari kepala sari dan tangkai sari. Didalam kepala sari terjadilah pembentukan yang disebut dengan serbuk sari.

Benang sari pada beberapa bunga tidaklah sama panjang. Misalnya pada bunga buncis, turi dan pada kacang tanah yang mempunyai benang sari berjumlah sepuluh yang terpisah menjadi 2.

Satu benang sari terpisah sedangkan sembilan lainnya bersatu.

Pada bunga sepatu, seluruh tangkai benang sari berlekatan dengan membentuk tabung tangkai sari yang mengelilingi. Pada bab tangkai sari yang tidak berlekatan sangat pendek yang letaknya diujung dan mendukung tangkai sari.

Baca juga :

B. Putik

Putik pada umumnya terletak pada bab tengah bunga dan dikelilingi oleh banyak benang sari.

Bagian-bagian pada putik yaitu kepala putik, tangkai putik dan bakal buah.

Pada bakal buah terletak paling bersahabat dengan dasar bunga. Bakal buah mempunyai bentuk yang bervariasi.

Pada dasarnya bakal buah mempunyai bentuk yang erat dengan buah yang akan terbentuk.

Bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji. Yang didalam bakal biji terkandung forum yang terdiri dari beberapa sel.

Variasi Macam Bunga

pada bunga akan sanggup dikelompokkan menurut kelengkapan bagian-bagian bunga dan menurut kelengkapan aalat kelamin pada bunga.

1. Kelengkapan Berdasarkan Bagian Bunga

Berdasarkan kelengkapan bab bunga, maka sanggup dikelompokkan menjadi beberapa diantaranya yaitu pelengkap bunga dan alat kelaminnya yang kemudian dikelompokkan lagi menjadi bunga lengkap dan bunga tak lengkap.

A. Bunga Lengkap

Bunga sanggup dikatakan sebagai bunga lengkap apabila terdapat kelopak, mahkota, benang sari dan putik.

Contoh bunga lengkap diantaranya yaitu bunga tembakau, bunga sepatu, bunga mawar, bunga melati.

Pada bunga lengkap niscaya mempunyai dua alat kelamin, maka dari itu disebut dengan bunga berkelamin ganda (hermafrodit). Tetapi bunga yang berkelamin ganda atau berkelamin lengkap belum tentu sanggup dikategorikan sebagai bunga lengkap.

B. Bunga Tak Lengkap

Bunga sanggup dikatakan sebagai bunga tak lengkap apabila tidak mempunyai salah satu atau beberapa bab pada bunga, baik itu pelengkap bunga atau kelamin bunga. Bunga yang tak lengkap sanggup dikelompokkan menjadi dua yaitu.

  • Perhiasan bunga tak lengkap, dikarenakan tidak mempunyai kelopak atau mahkota. Bunga yang tidak mempunyai pelengkap bunga sanggup dikatakan sebagai bunga telanjang.
  • Alat kelamin yang tak lengkap. Apabila bunga hanya mempunyai satu alat kelamin, maka dikatakan dengan bunga berkelamin tunggal, yang terdiri dari bunga jantan dan bunga betina. Contohnya yaitu bunga mentimun dan bunga salah. Dan apabila bunga tidak mempunyai alat kelamin disebut dengan bunga mandul, menyerupai bunga pita pada bunga matahari.

2. Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin

Jika ditinjau dari alat kelamminnya, bunga sanggup dibedakan menjadi bunga tepat dan bunga tidak sempurna.

A. Bunga Sempurna

Buka akan dikatakan sebagai bunga tepat apannila mempunyai dua alat kelamin, yaitu putik dan benang sari. Perhiasan bunga yang berupa kelopak dan mahkota tidak selalu harus ada pada bunga sempurna.

B. Bunga Tidak Sempurna

Bunga akan dikatakan sebagai bunga tidak tepat apabila mempunyai salah satu macam alat kelamin, benang sari saja atau  putik saja.

Pada tumbuh-tumbuhan dengan bunga berjenis kelamin tunggal, bunga jantan ataupun bunga betina yang terdapat pada satu flora dan ada juga yang terdapat pada dua tumbuhan.

Apabila bunga jantan dan bunga betina terdapat pada satu flora maka disebut dengan flora berumah satu atau (monoesis). Contohnya yaitu bunga jagung dan bunga pada mentimun.

Selain bagian-bagian bunga yang telah dijelaskan diatas, masih terdapat juga bab bunga yaitu brakte atau pelindung. Brakte letaknya pada bab luar bunga. Brakte akan melindungi bunga pada waktu masih muda.  Ada juga brakte yang dilindungi oleh kumpulan brakte menyerupai misalnya golongan bunga aster.

Itulah ulasan mengenai bagian-bagian pada bunga supaya sanggup menambah wawasan dan sanggup bermanfaat untuk anda. kunjungi terus ayoksinau.com

Baca juga artikel di bawah ini :


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Bagian-Bagian Bungan Lengkap Beserta Fungsinya | Ayoksinau.Com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel