iklan

Cara Budidaya Ikan Gurame? Lengkap, Baca Disini !!

Ternak ikan gurame belakangan menjadi primadona bagi kalangan pengusaha kecil dan menengah Cara Budidaya Ikan Gurame? Lengkap, Baca Disini !!
gambar cara budidaya ikan gurame

Ternak ikan gurame belakangan menjadi primadona bagi kalangan pengusaha kecil dan menengah, alasannya yakni perawatannya yang mudah, namun hasil yang didapatkan begitu menggiurkan. Ikan gurame kaya akan bermacam-macam protein dan mineral tinggi, dengan rasanya yang gurih memang telanjur mendapat hati bagi para pecinta kuliner.


Cara budidaya ikan gurame sanggup Anda lakukan dengan cara menciptakan bak di tanah, maupun memakai media bak terpal yang sudah kami bahas sebelumnya, “Cara budidaya ikan gurame media terpal“.


Bagi Anda yang hendak memelihara ikan gurame baik untuk konsumsi pribadi maupun sebagai pemasok kebutuhan pasar, alangkah lebih baiknya bila berguru cara budidaya ikan gurame kepada para peternak eksklusif yang ada di sekitar rumah Anda.


Namun bila disekitar rumah Anda tidak ada peternak ikan gurame, dan Anda tidak ada waktu untuk mengunjungi pusat budidaya ikan gurame yang jaraknya jauh dari rumah Anda, Kami dengan bahagia hati akan menunjukkan cara budidaya ikan gurame yang baik dan benar biar kesudahannya memuaskan.


Tahap Cara Budidaya Ikan Gurame 


1. Menentukan Bibit


Memilih benih ikan gurame yang baik yakni hal terpenting dalam cara budidaya ikan gurame. Benih ikan gurame unggulan akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen yang baik pula.


Jika Anda tergolong pemula dalam dunia perikanan, ada baiknya untuk mendapat benih ikan gurame di pusat budidaya ikan gurame yang menjual benih ikan gurame unggulan. Harga bibit ikan gurame tentunya berbeda beda tergantung usia benih, bobot, varietas, dan kualitas benih ikan gurame tersebut.


2. Persiapan Kolam


Setelah benih ikan gurame unggulan Anda dapatkan, langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan gurame yakni mempersiapkan bak sebagi media pembesaran bibit ikan gurame Anda.


Cara budidaya ikan gurame sanggup Anda lakukan didalam bak yang Anda buat dengan cara mengaduk tanah maupun dengan memakai media terpal untuk menciptakan kolam.


Keuntungan dari bak tanah yakni tumbuhnya plangton – plangton alami yang sanggup dijadikan kuliner alami bagi bibit ikan gurame Anda. Sedangkan laba dari bak yang terbuat dari terpal yakni dalam segi kefisienan pengeluaran dalam kaitannya menciptakan bak ikan gurame.


Cara budidaya ikan gurame dengan media bak tanah sanggup Anda lakukan dengan cara menggali tanah dengan kedalaman kurang lebih 1 meter kemudian diamkan galian selama 1 ahad untuk mengurangi kadar racun tanah yang ada. Setelah itu isilah bak tanah dengan air dan biarkan tergenang selama 1 ahad biar plangton mulai berkembangbiak sebelum bibit ikan gurame dimasukkan.


Menggunakan media terpal yakni cara budidaya ikan gurame yang lain. Rakitlah terpal membentuk bak segi empat dengan penopang rangka kayu maupun bambu. Setelah terpal dirakit mirip kolam, isilah dengan air dan diamkan selama 1 ahad untuk menetralkan terpal dari materi kimia dan merangsang pertumbuhan plankton sebagai kuliner pertama bibit ikan gurame.


Cara budidaya ikan gurame memakai media terpal membantu memudahkan Anda dalam melaksanakan penggantian air dan membersihkan bak tersebut. Air bak yang tercampur kotoran ikan gurame juga harus rutin diganti untuk menjaga kebersihan bak dan kesehatan ikan gurame itu sendiri. Selengkapnya


3. Cara Penebaran Benih


Tahap selanjutnya dalam cara budidaya ikan gurame sehabis bak siap yakni menebarkan bibit ikan gurame unggulan kedalam kolam. Namun sebelum ikan gurame dimasukkan kedalam habibat baru, perlu dilakukan pembiasaan biar ikan gurame tidak stes yang sanggup berdampak final hidup pada ikan gurame.


Adapun cara mengadaptasi ikan gurame yakni dengan memasukkan bibit ikan gurame yang masih di dalam plastik yang tertutup rapat kedalam bak yang sudah terisi air. Biarkan sejenak hingga terlihat embun pada dinding plastik yang berarti suhu air di dalam plastik sudah sama dengan suhu air kolam.


Setelah itu barulah dibuka perlahan plastik tersebut dan biarkan bibit ikan gurame keluar dengan sendirinya. Lakukan hal tersebut pada semua bibit ikan gurame Anda.


4. Pemberian Pakan


Langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan gurame yakni pemberian makan. Saat ikan gurame berupa bibit yakni kuliner hewani diantaranya kutu air, cacing sutra dan zoopangton kuliner sejenis mikrobia.


Barulah sehabis ikan gurame menginjak usia dewasa, mereka bersifat herbivora yaitu pemakan tumbuhan. Pakan yang diberikan tentunya berbeda pada ketika ikan gurame masih berupa bibit. Berikan pellet yang banyak tersedia di toko ikan hias maupun toko benih ikan di sekitar rumah Anda.


Namun untuk meminimalisir pengeluaran dengan harga pellet yang mahal, maka cara budidaya ikan gurame yang paling mudah, dengan menunjukkan pakan ikan gurame berupa daun daunan mirip daun talas, daun kangkung, daun papaya, daun singkong, labu, tauge, jagung rebus, ampas tahu, dedak ataupun bungkil kacang. Pilihlah beberapa pakan tersebut yang paling gampang Anda dapatkan disekitar kolam.


5. Pemeliharaan Kolam


Cara budidaya ikan gurame biar berhasil tidak lepas dari kebersihan kolam. Air bak yang bercampur dengan kotoran dari ribuan ikan gurame tentunya tidak sehat bagi perkembangan ikan bila dibiarkan tidak diganti.


Lakukan pencucian dan penggantian air bak rutin setiap satu ahad sekali. Sedot air dengan selang hingga kurang lebih 50% dari debit air kolam. Setelah itu gantilah air bak dengan air higienis hingga ketinggian mirip semula. Cara budidaya ikan gurame ini supayu kesehatan ikan tetap terjaga. Mengingat sanitasi yang baik sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan.


6. Panen


Tahapan terakhir cara budidaya ikan gurame yaitu pemanenan. Biasanya ikan gurame sudah sanggup Anda panen kurang lebih 4 hingga 6 bulan semenjak benih ikan gurame dimasukkan kedalam kolam. Namun hal itu bergantung dari kebutuhan pasar. Jika seruan pasar lebih menyukai ikan gurame muda dan tidak terlalu besar, tentunya dalam waktu 4 bulan saja Anda sudah sanggup memanen ikan gurame tersebut.


Ternak ikan gurame belakangan menjadi primadona bagi kalangan pengusaha kecil dan menengah Cara Budidaya Ikan Gurame? Lengkap, Baca Disini !!
gambar cara budidaya ikan gurame

Demikianlah isu mengenai cara budidaya ikan gurame yang sanggup kami sampaikan. Hal lainnya yang perlu Anda pahami wacana cara budidaya ikan gurame yaitu, awali perjuangan Anda dengan mencintainya, jangan berharap hasil namun proses yang akan mengantarkan kesuksesan. Terima Kasih




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Gurame? Lengkap, Baca Disini !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel