iklan

Pengertian Poster, Ciri-Ciri Poster, Syarat-Syarat Poster Yang Baik Dan Jenis-Jenis Poster Beserta Gambarnya

Pengertian Poster – Pada kesempatan kali ini, Ayoksinau.com akan membagikan materi ihwal Poster mencakup pengertian poster, ciri-ciri poster, syarat-syarat poster yang baik dan jenis-jenis poster beserta gambarnya. Untuk lebi lengkapnya mari kita simak bersama.

Pengertian Poster

Poster merupakan media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar maupun kombinasi antar keduanya yang mempunyai tujuan untuk mengatakan isu kepada khalayak ramai. Poster juga sanggup diartikan sebagai suatu karya seni grafis yang dibentuk memakai aneka macam perpaduan abjad dengan angka di atas kertas yang ukurannya besar. Biasanya poster dipasang di daerah umum dan ramai yang dinilai strategis ibarat sekolah, sentra perbelanjaan, terminal dan tempat-tempat umum lainnya biar isu dan pesan yang ada di dalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada khalayak ramai. Informasi yang ada pada poster sifatnya mengajak.

Ciri-Ciri Poster

Poster mempunyai ciri-ciri umum sebagai berikut:

Desain grafis dari poster harusmemiliki komposisi yang terdiri atas abjad dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.

Cara pengaplikasiannya sanggup dilakukan dengan cara menempelkan poster pada dinding, daerah umum ataupun pada permukaan datar yang lainnya

Poster dibentuk dengan perpaduan warna yang besar lengan berkuasa dan kontras.

Bahasa yang dipakai dalam poster merupakan Bahasa yang singkat, terang dan tidak rancu sehingga gampang dipahami.

Pesan yang disampaikan dalam poster biasanya disampaikan melalui gambar.

Syarat-Syarat Poster Yang Baik

Setelah membahas ihwal ciri-ciri poster di atas, maka perlu diketahui juga ihwal syarat sebuah poster sanggup dikatakan sebagai poster yang baik. Adapun syarat-syarat poster yang baik yaitu sebagai berikut:

  • Poster wajib memakai bahasa yang gampang dipahami.
  • Poster harus tersusun dari kalimat yang singkat, terang serta bermakna.
  • Poster yang baik harus dikombinasikan dengan kata-kata dan gambar.
  • Poster yang dibentuk harus bisa menarik minat publik.
  • Media poster yang dipakai harus mempunyai materi yang tidak gampang rusak ataupun sobek.
  • Ukuran poster diadaptasi dengan daerah dan lahan pemasangan serta sasaran pembaca.

Jenis-Jenis Poster

Poster dibentuk alasannya mempunyai maksud dan tujuan tersendiri atau tidak sembarangan. Secara umum jenis-jenis poster dibedakan menjadi beberapa kelompok berdasarkan jenis isinya sebagai berikut:

 akan membagikan materi ihwal Poster mencakup pengertian poster Pengertian Poster, Ciri-Ciri Poster, Syarat-Syarat Poster Yang Baik dan Jenis-Jenis Poster Beserta Gambarnya
Jenis-Jenis Poster

1) Poster Niaga

Poster Niaga ialah poster yang dibentuk sebagai media komunikasi dalam perniagaan untuk memperlihatkan suatu barang atau jasa.

2) Poster Kegiatan

Poster kegiatan ialah poster yang berisi ihwal suatu kegiatan atau acara, ibarat kegiatan lomba, jalan sehat, dan lain sebagainya.

3) Poster Pendidikan

Poster Pendidikan ialah poster yang sanggup dipakai untuk mendidik atau untuk kepentingan pendidikan.

4) Poster Layanan Masyarakat

Poster Layanan Masyarakat ialah poster yang berfungsi untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

Sedangkan jenis-jenis poster juga dibedakan berdasarkan tujuannya dibagi kedalam beberapa kelompok berikut ini:

1) Poster Propaganda

Poster ini merupakan salah satu jenis poster yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan semangat pembaca dalam melaksanakan hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan.

2) Poster Kampanye

Poster Kampanye ialah poster yang mempunyai tujuan untuk mencuri simpati masyarakat pada dikala kampanye pemilihan umum.

3) Poster “Dicari” atau “Wanted”

Poster “Dicari” atau “Wanted” ialah jenis poster yang bertujuan untuk memuat orang yang hilang atau suatu perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga pekerja.

4) Poster “Cheescake”

Poster “Cheescake” ialah jenis poster yang dipakai untuk menarik perhatian publik, ibarat bintang penyanyi, artis, konser dan lain sebagainya.

5) Poster Film

Poster Film ialah jenis poster yang dibentuk untuk mempopulerkan suatu film yang gres rilis.

6) Poster Komik

Poster Film iaalah jenis poster yang bertujuan untuk mempopulerkan buku-buku komik baru.

7) Poster Afirmasi

Poster Afirmasi ialah jenis poster yang dipakai untuk memotivasi para pembacanya, biasanya berisi ihwal kepemimpinan, dan lain sebagainya.

8) Poster Riset

Poster Riset ialah jenis poster yang bertujuan untuk mempromosikan suatu kegiatan riset atau penelitian sehingga khalayak ramai sanggup mengetahui penemuan tersebut

9) Poster Kelas

Poster Kelas ialah poster yang berada di dalam kalangan pelajar yang bertujuan untuk memotivasi para pelajar ibarat poster tata tertib kelas.

10) Poster Komersial

Poster Komersial ialah poster yang ibarat dengan Poster Niaga yaitu sama-sama mempunyai tujuan untuk mempromosikan sesuatu.

Nah, itulah klarifikasi ihwal pengertian poster, ciri-ciri poster, syarat-syarat poster yang baik dan jenis-jenis poster beserta gambarnya. Kunjungi terus Ayoksinau.com untuk menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya | Ayoksinau.com

Pengertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri Komik dan Jenis-Jenis Komik | Ayoksinau.com

Inilah Langkah & Membuat Puisi Dengan Baik Dan Sudah Tidak Diragukan lagi


Sumber https://www.ayoksinau.com

0 Response to "Pengertian Poster, Ciri-Ciri Poster, Syarat-Syarat Poster Yang Baik Dan Jenis-Jenis Poster Beserta Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel